Pengumuman Hasil Seleksi Program Profesi Apoteker
Semester II Tahun 2024/2025 (Gelombang 1)
HARAP DIBACA DENGAN CERMAT
A. JADWAL PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
-
- Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi Apoteker Semester II tahun 2024/2025 Gelombang 1 dilaksanakan tanggal 6 November 2024 pukul 17.00 WIB melalui laman Registrasi
-
- Pengumuman Hasil Seleksi dapat diakses dengan melakukan login menggunakan nomor seleksi dan password yang telah diperoleh sebelumnya.
B. PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU
-
- Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Program Profesi Apoteker akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 13 November 2024 melalui laman Registrasi
-
- Calon mahasiswa Program Profesi Apoteker DIWAJIBKAN untuk melaksanakan proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara ONLINE (DARING) pada tanggal tersebut.
C. ISIAN DATA DAN DOKUMEN
-
- Calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg yang dapat dibaca secara jelas.
-
- File dokumen yang harus dipersiapkan :
-
- Ijazah Program Sarjana Asli
-
- Ijazah Program Sarjana Asli dilengkapi sertifikat/keterangan resmi akreditasi Lamptkes dalam 1 file pdf.
-
- Bagi calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan SKL, Ijazah asli wajib diunggah paling lambat tanggal 13 November 2024
-
- File dokumen yang harus dipersiapkan :
-
- Transkrip Akademik Program Sarjana Asli
-
- Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Umum
-
- Surat Keterangan Sehat Mental dari Rumah Sakit
-
- Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
-
- ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
-
- Yang dimaksud dengan Asuransi Kesehatan adalah asuransi (swasta atau BPJS) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.
-
- Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa, baik yang ditanggung oleh instansi tempat bekerja atau BPJS Mandiri. ITB menerima semua kelas BPJS.
-
- Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan screenshot dari aplikasi JKN Online.
-
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan, wajib diunggah paling lambat tanggal 8 Agustus 2024.
-
- Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
D. BIAYA PENDIDIKAN atau BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (BPP)
-
- Calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan (BPP), tanggal 18 – 22 November 2024 untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
-
- Tata cara pembayaran BPP melalui nomor rekening virtual masing-masing calon mahasiswa dapat diperoleh di laman https://akademik.itb.ac.id pada bagian Keuangan dan Beasiswa.
-
- Informasi mengenai besaran BPP Program Profesi Apoteker dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/info/apoteker/, pada bagian Biaya Pendidikan
-
- Calon mahasiswa yang mengajukan beasiswa dari suatu Lembaga namun belum memperoleh keputusan penerimaan beasiswa, tetap diwajibkan melakukan pembayaran BPP pada tanggal 18 – 22 November 2024. Mahasiswa bisa mengajukan refund jika menerima beasiswa dari suatu lembaga dan dibayarkan langsung kepada ITB
-
- ITB tidak menyediakan fasilitas penundaan pembayaran BPP.
E. PENGAJUAN CICILAN BIAYA PENDIDIKAN
-
- ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru mengajukan pembayaran biaya pendidikan (BPP) melalui skema cicilan.
-
- Calon mahasiswa yang akan melakukan pelunasan BPP dengan cara cicilan, dapat mengajukan permohonan dengan cara memilih dan menyetujui pelaksanaan pelunasan BPP secara cicilan di laman Akademik pada bagian Keuangan dan Beasiswa, tanggal 18 – 22 November 2024.
-
- Calon mahasiswa dapat memilih pembayaran BPP melalui skema cicilan 2 (dua) kali atau 3 (tiga) kali.
-
- Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
-
- Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dilaksanakan pada tanggal 18 – 22 November 2024.
-
- Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
-
- Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
-
- Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
-
- Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dilaksanakan pada tanggal 18 – 22 November 2024.
-
- Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
-
- Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.
-
- Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
-
- Calon mahasiswa dapat memilih pembayaran BPP melalui skema cicilan 2 (dua) kali atau 3 (tiga) kali.
F. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA
-
- Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.
-
- Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data.
-
- Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.
G. RINGKASAN JADWAL PENTING
Jadwal | Kegiatan | Keterangan |
6 November 2024 (mulai 17.00 WIB) | Pengumuman Hasil Seleki Program Profesi Apoteker ITB (Gelombang 1) | Registrasi |
9 – 13 November 2024 | Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring | https://akademik.itb.ac.id/ |
9 – 13 November 2024 | Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring | https://akademik.itb.ac.id/ . |
18 – 22 November 2024 | Pembayaran Biaya Pendidikan | Kode dan tatacara bayar dapat diakses pada menu keuangan & beasiswa pada laman https://akademik.itb.ac.id/ |
7 Februari 2025 | Penyambutan Mahasiswa Baru ITB | Dapat dilihat pada laman Admission ITB |
Akan disampaikan kemudian | Perwalian | Akan diumumkan di https://akademik.itb.ac.id/ |
17 Februari 2025 | Hari Pertama Perkuliahan | Akan diumumkan di https://akademik.itb.ac.id/ |
H. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2024 dapat diperoleh di alamat :
Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB Lt 4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Whatsapp : +62 8112101920
Website : https://helpdesk.six.itb.ac.id
Website : https://admission.itb.ac.id/
Instagram : https://www.instagram.com/admission.itb/