ITB menawarkan Program Doktor Kemitraan bagi calon mahasiswa dari Institusi Mitra ITB yang telah memiliki kerja sama di bidang pendidikan dengan ITB, untuk melanjutkan pendidikan S3 di ITB. Program ini ditujukan bagi para peneliti atau para staf/eksekutif/karyawan pada seluruh tingkat manajemen, yang berasal dari Institusi Mitra ITB di luar lingkungan Perguruan Tinggi, dengan tujuan mengembangkan sumber daya manusia berbasis riset program doktor.

Program Doktor Kemitraan ITB memfokuskan pada riset berbasis isu, tantangan, dan permasalahan yang berasal dari institusi mitra. Lokasi pelaksanaan riset Program Doktor Kemitraan ITB sebagian besar dilaksanakan di tempat bekerja peserta, dengan memanfaatkan sumber daya di Institusi Mitra ITB.

Institusi asal calon mahasiswa Program Doktor Kemitraan ITB seyogyanya memiliki :

  • Perjanjian Kerja Sama dengan ITB atau dengan salah satu fakultas/sekolah di ITB
  • Memiliki orientasi dan potensi riset dan/atau pengembangan
  • Memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung penelitian dan pengembangan, seperti instrumentasi, laboratorium, basis data, sistem komputasi terkini, dll
  • Dapat menyediakan tenaga peneliti/ahli untuk menjadi salah satu anggota tim pembimbing sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan ITB

Pendaftaran calon mahasiswa baru Program Doktor Kemitraan ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2023, akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Februari 2023 di laman http://admission.itb.ac.id. Informasi mengenai yang harus dipenuhi persyaratan calon peserta Program Doktor Kemitraan ITB dapat diperoleh di bagian Persyaratan Peserta.

ITB membuka Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana Gelombang 1 (masa perkuliahan semester I tahun 2023/2024) tanggal 1 - 25 Februari 2023. Informasi mengenai pelaksanaan Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana Gelombang 1 dapat diperoleh di tautan ini.

 

Seleksi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB terdiri atas 3 tahapan, yaitu

  1. Seleksi Kelengkapan Dokumen Persyaratan, yang terdiri atas :
    1. Ijazah/bukti kelulusan dari tahapan pendidikan sebelumnya 
    2. Transkrip dari tahapan pendidikan sebelumnya
    3. Proposal Penelitian
    4. Bukti Kepemilikan Asuransi
    5. Rekomendasi dari 2 orang (dosen atau atasan)
    6. Rekomendasi dari calon pembimbing
    7. Surat Kesediaan Mengikuti Program Pascasarjana ITB
    8. Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Pascasarjana ITB
    9. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
  2. Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB 
  3. Seleksi Kemampuan Akademik, yang dilaksanakan di program studi tujuan.

Calon mahasiswa yang telah lulus seleksi kelengkapan dokumen persyaratan dan seleksi kemampuan akademik, diberikan kesempatan menyelesaikan seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan/atau nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB pada tanggal 5 Agustus 2023, pukul 23.59 WIB.

JIka calon mahasiswa gagal menyerahkan bukti nilai minimum TPA Bappenas dan/atau nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB pada waktu yang telah ditentukan, diberi kesempatan untuk mengajukan Permohonan Pengalihan Penerimaan ke semester berikutnya, hingga paling lambat tanggal 5 Agustus 2023.

 

Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi diharuskan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) dan Ujian Potensi Dasar Akademik/TPA yang diselenggarakan ITB. 

Calon mahasiswa Program Doktor Kemitraan ITB merupakan lulusan program Magister (S2) dan berasal dari Institusi Mitra ITB yang telah memiliki kerja sama di bidang pendidikan dengan ITB.

Pelamar program Doktor Kemitraan ITB harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Lulusan program Magister dengan Indeks Prestasi (IP) program Magister minimum 3,00. Bila IP program Magister calon peserta kurang dari 3,00, perlu ada rekomendasi dari calon ketua tim pembimbing berdasarkan portofolio calon peserta yang bersangkutan.
  • Persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris, dalam bentuk :
    • TOEFL iBT (diakui oleh ETS.org) minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL ITP (diakui oleh ETS.org) minimum sebesar 475, atau
    • TOEIC (diakui oleh ETS.org) minimum sebesar 500, atau
    • IELTS (diakui oleh IELTS.org) minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77
  • Sertifikat TPA Bappenas asli atau Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB. Persyaratan nilai TPA Bappenas/UPDA ITB minimum sebesar 475.
    • ITB akan menyelenggarakan Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB pada tanggal 14 Desember 2022.
    • Calon peserta yang berminat untuk mengikuti Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, dapat mendaftarkan diri di laman https://linktr.ee/graduateschoolitb pada tanggal 16 - 30 November 2022, dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor seleksi program pascasarjana ITB
  • Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas/UPDA ITB dan TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.
  • Calon peserta yang tidak memiliki hasil TPA Bappenas, dapat mendaftar dengan menggunakan portofolio, yang mencakup hal-hal berikut :
    • Pengalaman kerja minimum 3 tahun yang relevan dengan bidang keilmuan yang akan ditempuh di ITB
    • Pengalaman penelitian/profesional yang relevan
    • Training/pelatihan yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri
    • Daftar publikasi pada jurnal internasional, jurnal nasional, seminar nasional, dan/atau seminar internasional yang dilengkapi dengan reputasi jurnal dan/atau seminar tersebut berupa keterangan indeks, seperti : Scopus, Thomson Reuters, dll.
    • Daftar hak paten yang dimiliki (bila ada)
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB. Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA Bappenas.
  • Sesuai dengan Peraturan Akademik ITB, pasal 18 ayat (3) :
    • Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana ITB dapat dibatalkan apabila yang bersangkutan:
      1. Terbukti melakukan kecurangan pada saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.
      2. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program Pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah dinyatakan drop out.
      3. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program Pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah mengajukan pengunduran diri (UNDRI) dari program studi tersebut, dikecualikan untuk mahasiswa Program Pascasarjana yang mengajukan pengunduran diri dengan alasan non-akademis yang dapat diterima oleh ITB. 

Persyaratan bagi institusi mitra asal calon mahasiswa Program Doktor Kemitraan ITB adalah :

  • Memiliki orientasi dan potensi riset dan/atau pengembangan
  • Memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung penelitian dan pengembangan, seperti instrumentasi, laboratorium, basis data, sistem komputasi terkini, serta pengembangan lebih lanjut kekayaan intelektiual yang ada di institusi mitra sesuai dengan program-program doktor yang ada di ITB.
  • Dapat menyediakan tenaga peneliti/ahli untuk menjadi salah satu anggota tim pembimbing sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan ITB

Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman Registrasi, dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Ijazah program Magister asli. Bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan, serta mencantumkan keterangan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan tingkat Magister dan lulus yudisium. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  • Transkrip program Magister asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Ijazah program Sarjana asli
  • Transkrip program Sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Sertifikat TPA Bappenas asli atau Hasil Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB. Persyaratan nilai TPA Bappenas/UPDA ITB minimum sebesar 475.
    • Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi diharuskan untuk mengikuti Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA)/TPA yang diselenggarakan ITB. 
    • Calon Peserta Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, dapat mendaftarkan diri di laman http://rupda.itb.ac.id/ dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor seleksi program pascasarjana ITB
  • Sertifikat kemampuan bahasa Inggris asli, dalam bentuk :
    • TOEFL iBT (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL ITP (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 475, atau
    • TOEIC (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 500, atau
    • IELTS (diakui oleh ielts.org) minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77
    • Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi diharuskan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) yang diselenggarakan ITB. 
    • Calon peserta Tes Kemampuan Bahasa Inggris dapat mendaftarkan diri di laman https://psdm.itb.ac.id/
  • Ketentuan mengenai persyaratan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah sebagai berikut:
    • Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi diharuskan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) dan Ujian Potensi Dasar Akademik/TPA yang diselenggarakan ITB. 
    • Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB dan/atau TPA Bappenas yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut. ITB hanya menerima sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB dan/atau TPA Bappenas yang dikirimkan langsung oleh lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL/IELTS/ELPT ITB dan/atau TPA Bappenas ke ITB.
    • Khusus bagi peserta tes IELTS, ITB dapat menerima dokumen hardcopy yang dikirimkan langsung oleh penyelenggara tes. Calon mahasiswa dapat meminta penyelenggara tes untuk mengirimkan sertifikat IELTS resmi ke alamat berikut :
      Direktorat Pendidikan ITB 
      u.p Kasubdit Administrasi Penerimaan Mahasiswa 
      Gedung CCAR ITB lantai 4 
      Jln. Tamansari no. 64 Bandung 40116 
      Jawa Barat
    • Dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes) pada 11 Agustus 2023.
    • Bagi calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri dan/atau berkewarganegaraan asing, berlaku ketentuan berikut:
      • Calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri yang mengikuti pendidikan dalam program berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris, dengan melampirkan bukti dari perguruan tinggi asalnya.
      • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang berasal dari negara berbahasa Inggris dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris
      • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang memiliki indeks prestasi (GPA) sekurang-kurangnya 3.25 (skala 4) atau setara di pendidikan strata sebelumnya, dibebaskan dari persyaratan dokumen potensi dasar akademik.
    • Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas dan TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.
  • Bila calon peserta memilih menggunakan Portofolio sebagai pengganti sertifikat nilai TPA Bappenas, mengisi dan mengunggah dokumen portofolio yang mencakup :
    • Pengalaman kerja minimum 3 tahun yang relevan dengan bidang keilmuan yang akan ditempuh di ITB
    • Pengalaman penelitian/profesional yang relevan
    • Training/pelatihan yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri
    • Daftar publikasi pada jurnal internasional, jurnal nasional, seminar nasional, dan/atau seminar internasional yang dilengkapi dengan reputasi jurnal dan/atau seminar tersebut berupa keterangan indeks, seperti : Scopus, Thomson Reuters, dll. Bila calon peserta bertindak sebagai presenter pada seminar nasional dan/atau seminar internasional, mohon agar dicantumkan kolom isian yang tersedia.
    • Daftar hak paten yang dimiliki (bila ada)
  • Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) antara instansi asal calon mahasiswa dan ITB terkait pelaksanaan Program Doktor Kemitraan ITB. Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) tersebut mencakup :
    • Nama calon mahasiswa yang bersangkutan
    • Nama calon anggota tim pembimbing dari instansi mitra
    • Rencana studi
    • Kesepakatan publikasi bersama
    • Operasional perkuliahan dan penelitian
    • Nama wakil institusi mitra dan wakil ITB yang bertanggung jawab
    • Mekanisme joint supervision jika memungkinkan
    • Mekanisme pemberdayaan fasilitas yang tersedia di institusi mitra
    • Mekanisme operasional kurikulum
    • Pembiayaan kegiatan, termasuk Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) serta pembiayaan lainnya, seperti Biaya Penelitian, Biaya Operasional Kerja Sama, Publikasi, Seminar Internasional, dll.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. 
    • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).
    • Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS.
    • Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah Kartu Peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan screenshot dari aplikasi JKN Online.
    • Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online
  • Rekomendasi dari calon ketua tim pembimbing kepada program studi yang dituju di ITB. Surat Rekomendasi tersebut diisi di laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi.
  • Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Surat Rekomendasi tersebut diisi di laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
  • Proposal Usulan Penelitian yang telah disetujui oleh calon ketua tim pembimbing, yang mencantumkan beberapa hal sebagai berikut :
    • Minat dan Tujuan mengikuti pendidikan program Doktor di ITB
    • Bidang kajian yang ingin dipelajari
    • Usulan Topik Penelitian
  • Pelunasan Biaya Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB. 
    • Besaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB 
      • Peminat SBM ITB : Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per pendaftaran
      • Peminat Fakultas/Sekolah selain SBM ITB : Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per pendaftaran
    • Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS. 
    • Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. 
    • Biaya Pelaksanaan Seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun
  • Surat Kesediaan Mengikuti Program Doktor ITB
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Doktor ITB
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Pendaftaran calon mahasiswa Program Doktor Kemitraan ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB, akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa Program Doktor Kemitraan ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

 

Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar program Doktor di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual (Virtual Account) yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Calon mahasiswa juga dapat melakukan pembayaran biaya seleksi dengan menggunakan Kartu KreditBiaya pelaksanaan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Biaya pendidikan yang dibebankan tergantung pada Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) antara ITB dan instansi mitra, yang mencakup komponen Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) serta biaya-biaya penyelenggaraan kerja sama lainnya.

Sebelum saudara melakukan pendaftaran online, maka saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online. Kemudian, silahkan melakukan proses pendaftaran di laman Registrasi Calon mahasiswa hanya dapat mendaftarkan diri pada gelombang dimana program studi tujuannya menerima calon mahasiswa.

Berikut adalah daftar program studi yang dibuka pada Penerimaan Mahasiswa Baru ITB:

Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester II tahun 2023/2024 adalah sebagai berikut :

Kegiatan Gelombang 1 Gelombang 2 Gelombang 3
Pendaftaran Peserta 29 September - 25 Oktober 2023(Pukul 15:00 WIB)  1 November - 29 November 2023 (Pukul 15:00 WIB)  6 - 27 Desember 2023 (Pukul 15:00 WIB) 
Seleksi di Prodi 27 Oktober -   6 Nopember 2023 1 Desember- 11 Desember 2023 2 - 8 Januari 2024
Jadwal Tes ELPT 10 Oktober 2023 ( pendaftaran  tgl 29 September s/d 6 Oktober 2023)

27 Oktober 2023 ( pendaftaran  tgl 7 - 25  Oktober 2023)

14 November 2023 (pendaftaran  tgl 1 s/d 10 November 2023)

4 Desember 2023 (pendaftaran  11 - 29 November 2023)

13 Desember 2023 (pendaftaran  6 - 10 Desember 2023)

3 Januari 2023 (pendaftaran  11 - 27 Desember 2023)

Jadwal Tes UPDA 20 September 2023 22 November 2023 20 Desember 2023
Pengumuman Hasil Seleksi 9  Nopember 2023 (Pukul 17.00 WIB) 14 Desember 2023 (Pukul 17.00 WIB) 11 Januari 2024 (Pukul 17.00 WIB)
Pendaftaran Ulang 9 - 20  Nopember 2023 14 - 27 Desember 2023 11 - 18  Januari 202
Pembayaran Biaya Pendidikan 23  - 30 Nopember 2023 2 -10 Januari 2024 23 - 29 Januari 2024
Perwalian 24 - 30 Januari 2024 24 - 30 Januari 2024 24 - 30 Januari 2024
Penyambutan Mahasiswa Baru 2 Februari 2024 2 Februari 2024 2 Februari 2024
Perkuliahan 5 Februari 2024 5 Februari 2024 5 Februari 2024

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman Program Pasca Sarjana

Pendaftaran Online Registrasi