Kode | SP6013 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Sistem Pembangunan Wilayah Pesisir dan Laut Secara Terpadu |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | Kuliah ini menajamkan pemahaman tentang pendekatan yang digunakan dalam pembangunan: pendekatan pertumbuhan ekonomi, pendekatan kesejahteraan rakyat, pemberdayaan masyarakat, dan kewilayahan. Selain itu, ia juga memberikan pengetahuan tentang arti kewilayahan dalam arti luas (infrastruktur, data spasisal, dan tata ruang). Dalam kuliah ini juga dibicarakan tentang sistem dan model. |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-04-24 (13:00 - 15:00)
2024-05-01 (13:00 - 15:00)
2024-05-08 (13:00 - 15:00)
2024-05-15 (13:00 - 15:00)
2024-05-22 (13:00 - 15:00)
2024-02-05 (08:00 - 10:00)
2024-02-12 (08:00 - 10:00)
2024-04-17 (13:00 - 15:00)
2024-02-21 (13:00 - 15:00)
2024-02-28 (13:00 - 15:00)
2024-03-06 (13:00 - 15:00)
2024-03-13 (13:00 - 15:00)
2024-03-20 (13:00 - 15:00)
2024-03-27 (13:00 - 15:00)
2024-04-03 (13:00 - 15:00)
2024-04-10 (13:00 - 15:00)
|
Kode | SP5201 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Tatakelola Publik dan Demokrasi |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | Penentuan pilihan-pilihan kebijakan (policy options) melibatkan kalkulasi dan penilaian atas biaya dan manfaat dari masing-masing pilihan. Tetapi outcome dari proses kebijakan (policy process) ini bergantung pada keputusan-keputusan yang berdasarkan kepentingan para pelaku kebijakan. Selain itu, memahami interaksi antarpelaku kebijakan, dan bagaimana hal ini mempengaruhi proses kebijakan, adalah hal yang esensial bagi pembuatan kebijakan, ataupun evaluasi dampak kebijakan terhadap pembangunan. |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-02-08 (10:00 - 12:00)
2024-02-15 (10:00 - 12:00)
2024-02-22 (10:00 - 12:00)
2024-02-29 (10:00 - 12:00)
2024-03-07 (10:00 - 12:00)
2024-03-14 (10:00 - 12:00)
2024-03-21 (10:00 - 12:00)
2024-03-28 (10:00 - 12:00)
2024-04-04 (10:00 - 12:00)
2024-04-11 (10:00 - 12:00)
2024-04-18 (10:00 - 12:00)
2024-04-25 (10:00 - 12:00)
2024-05-02 (10:00 - 12:00)
2024-05-09 (10:00 - 12:00)
2024-05-16 (10:00 - 12:00)
2024-05-23 (10:00 - 12:00)
|
Kode | SP5203 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Metodologi Penelitian |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | Pengetahuan yang diperoleh melalui riset tidak terlepas dari paradigma yang mendasari metode pelaksanaan riset tersebut. Bila kegiatan riset tersebut dilaksanakan dalam konteks studi pembangunan, akuntabilitas sosial dari kegiatan riset menjadi hal yang penting. Alih-alih netral (bebas-nilai), metodologi riset dalam kontek studi pembangunan perlu transparan dalam nilai-nilai yang diasumsikan, dan bersifat responsif atas keragaman nilai-nilai. |
Metoda Pembelajaran |
REGULER |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-02-08 (13:00 - 15:00)
2024-02-15 (13:00 - 15:00)
2024-02-22 (13:00 - 15:00)
2024-05-09 (13:00 - 15:00)
2024-05-16 (13:00 - 15:00)
2024-05-23 (13:00 - 15:00)
2024-02-29 (13:00 - 15:00)
2024-03-07 (13:00 - 15:00)
2024-03-14 (13:00 - 15:00)
2024-03-21 (13:00 - 15:00)
2024-03-28 (13:00 - 15:00)
2024-04-04 (13:00 - 15:00)
2024-04-11 (13:00 - 15:00)
2024-04-25 (13:00 - 15:00)
2024-05-02 (13:00 - 15:00)
2024-04-18 (13:00 - 15:00)
|
Kode | SP5203 02 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Metodologi Penelitian |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | Pengetahuan yang diperoleh melalui riset tidak terlepas dari paradigma yang mendasari metode pelaksanaan riset tersebut. Bila kegiatan riset tersebut dilaksanakan dalam konteks studi pembangunan, akuntabilitas sosial dari kegiatan riset menjadi hal yang penting. Alih-alih netral (bebas-nilai), metodologi riset dalam kontek studi pembangunan perlu transparan dalam nilai-nilai yang diasumsikan, dan bersifat responsif atas keragaman nilai-nilai. |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-02-07 (09:00 - 11:00)
2024-03-20 (09:00 - 11:00)
2024-03-06 (09:00 - 11:00)
2024-04-17 (09:00 - 11:00)
2024-04-24 (09:00 - 11:00)
2024-05-01 (09:00 - 11:00)
2024-02-14 (09:00 - 11:00)
2024-02-21 (09:00 - 11:00)
2024-02-28 (09:00 - 11:00)
2024-03-13 (09:00 - 11:00)
2024-03-27 (09:00 - 11:00)
2024-04-03 (09:00 - 11:00)
2024-04-10 (09:00 - 11:00)
2024-05-08 (09:00 - 11:00)
2024-05-15 (09:00 - 11:00)
2024-05-22 (09:00 - 11:00)
|
Kode | SP6011 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Teori dan Metode untuk Kajian Sosioteknis |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | Pengetahuan yang diperoleh melalui riset tidak terlepas dari paradigma yang mendasari metode pelaksanaan riset, terutama dalam melaksanakan riset sosial. Untuk dapat melakukan riset sosial perlu kiranya suatu pemahaman tentang ‘aspek sosial’. Pemahaman aspek sosial ini sangat penting dan sangat diperlukan ketika melakukan kegiatan riset tersebut dilaksanakan dalam konteks studi pembangunan, dimensi sosial dalam riset sosial menjadi hal yang penting. Selain itu, pengetahuan tentang actor network theory sangat mendukung pemahaman tentang metodologi riset. Mata kuliah ini membahas kembali ke makna asli dari \'sosial\' untuk mendefinisikan kembali gagasan dan memungkinkan untuk melacak ‘koneksi ulang’. Selain itu, mata kuliah ini juga mendukung untuk melanjutkan tujuan tradisional dari ilmu-ilmu sosial, tetapi menggunakan alat yang lebih halus. Mata kuliah ini merubakan bagian pembahasan prinsip-prinsip baku yang diadopsi dalam metode riset yang lebih bersifat kualitatif. |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-02-09 (14:00 - 16:00)
2024-03-29 (14:00 - 16:00)
2024-04-05 (14:00 - 16:00)
2024-04-12 (14:00 - 16:00)
2024-04-19 (14:00 - 16:00)
2024-04-26 (14:00 - 16:00)
2024-05-03 (14:00 - 16:00)
2024-05-10 (14:00 - 16:00)
2024-02-16 (14:00 - 16:00)
2024-02-23 (14:00 - 16:00)
2024-03-01 (14:00 - 16:00)
2024-03-08 (14:00 - 16:00)
2024-03-15 (14:00 - 16:00)
2024-03-22 (14:00 - 16:00)
2024-05-17 (14:00 - 16:00)
2024-05-24 (14:00 - 16:00)
|
Kode | SP6014 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Pembangunan Berkelanjutan |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | Keberlanjutan secara umum dimaknai sebagai pola yang memperhatikan kualitas sosial, ekonomik, dan lingkungan. Dalam kuliah ini, dinamika ketiga tersebut dipelajari secara mendalam dan ditempatkan dalam berbagai framework. Beberapa setting sosial dipilih untuk memberikan gambaran bagaimana isu keberlanjutan dioperasikan di dalam realitas sosial. |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-02-27 (13:00 - 15:00)
2024-03-12 (13:00 - 15:00)
2024-03-19 (13:00 - 15:00)
2024-03-26 (13:00 - 15:00)
2024-04-30 (13:00 - 15:00)
2024-05-07 (13:00 - 15:00)
2024-05-14 (13:00 - 15:00)
2024-04-02 (13:00 - 15:00)
2024-04-09 (13:00 - 15:00)
2024-04-16 (13:00 - 15:00)
2024-04-23 (13:00 - 15:00)
2024-05-21 (13:00 - 15:00)
2024-03-05 (13:00 - 15:00)
2024-02-13 (13:00 - 15:00)
2024-02-20 (13:00 - 15:00)
|
Kode | SP5202 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Inovasi dalam Pembangunan |
SKS | 3 |
Dosen |
|
Silabus | Innovation mengacu pada gagasan, praktik atau obyek yang dipersepsi sebagai ‘baru’ bagi seorang individu atau kelompok pengadopsi (Roger, 1962). Inovasi dapat mencakup temuan riset, hipotesis, teori, model, generalisasi, metode, praktik, pemahaman mendalam ataupun pernyataan-pernyataan. Kajian mengenai inovasi ini penting untuk memahami faktor-faktor yng mempengaruhi kapabilitas teknologi sebuah bangsa. Kapabilitas teknologi ini kemudian diharapkan mampu menumbuhkan berbagai kesempatan dan pilihan bagi masyarakat luas untuk mengambil peran dalam agenda pembangunan. |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-02-12 (13:00 - 15:00)
2024-02-19 (13:00 - 15:00)
2024-02-26 (13:00 - 15:00)
2024-03-04 (13:00 - 15:00)
2024-03-11 (13:00 - 15:00)
2024-03-18 (13:00 - 15:00)
2024-03-25 (13:00 - 15:00)
2024-04-01 (13:00 - 15:00)
2024-04-08 (13:00 - 15:00)
2024-04-15 (13:00 - 15:00)
2024-04-22 (13:00 - 15:00)
2024-04-29 (13:00 - 15:00)
2024-05-06 (13:00 - 15:00)
2024-02-05 (13:00 - 15:00)
2024-05-13 (13:00 - 15:00)
2024-05-20 (13:00 - 15:00)
|
Kode | SP5204 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Analisis dan Evaluasi Kebijakan Publik |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | Agar mahasiswa dapat berargumen dalam diskursus kebijakan publik, mahasiswa perlu memahami proses kebijakan publik, dilihat dari sudut pandang model ekonomi, etika, politik, dan sistem perencanaan. Mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan teknikal yang fundamental, yaitu kemampuan menstrukturkan masalah dan analisis biaya-manfaat. Dengan pemahaman teoretik dan kemampuan teknikal tersebut, mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis dan evaluasi kebijakan yang memungkinkan dirinya untuk mendebat kebijakan publik yang ada saat ini. |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-04-15 (11:00 - 13:00)
2024-04-22 (11:00 - 13:00)
2024-04-29 (11:00 - 13:00)
2024-05-06 (11:00 - 13:00)
2024-05-13 (11:00 - 13:00)
2024-05-20 (11:00 - 13:00)
2024-02-05 (11:00 - 13:00)
2024-02-12 (11:00 - 13:00)
2024-02-19 (11:00 - 13:00)
2024-02-26 (11:00 - 13:00)
2024-03-04 (11:00 - 13:00)
2024-03-11 (11:00 - 13:00)
2024-03-18 (11:00 - 13:00)
2024-03-25 (11:00 - 13:00)
2024-04-01 (11:00 - 13:00)
2024-04-08 (11:00 - 13:00)
|
Kode | SP6015 01 |
---|---|
Lokasi Kampus | GA |
Nama | Metode Kuantitatif untuk Analisis Kebijakan Publik |
SKS | 2 |
Dosen |
|
Silabus | |
Metoda Pembelajaran |
HYBRID |
Luaran |
|
Jadwal |
2024-02-23 (07:00 - 09:00)
2024-02-06 (10:00 - 12:00)
2024-02-13 (10:00 - 12:00)
2024-04-09 (10:00 - 12:00)
2024-04-16 (10:00 - 12:00)
2024-04-23 (10:00 - 12:00)
2024-04-30 (10:00 - 12:00)
2024-05-07 (10:00 - 12:00)
2024-05-14 (10:00 - 12:00)
2024-05-21 (10:00 - 12:00)
2024-02-27 (10:00 - 12:00)
2024-03-05 (10:00 - 12:00)
2024-03-12 (10:00 - 12:00)
2024-03-19 (10:00 - 12:00)
2024-03-26 (10:00 - 12:00)
2024-04-02 (10:00 - 12:00)
|