Daftar Mata Kuliah Program Studi Studi Pembangunan

Kode SP6013 01
Lokasi Kampus GA
Nama Sistem Pembangunan Wilayah Pesisir dan Laut Secara Terpadu
SKS 2
Dosen
  • Prof. Ir. Djoko Santoso Abi Suroso, Ph.D.
  • Silabus Kuliah ini menajamkan pemahaman tentang pendekatan yang digunakan dalam pembangunan: pendekatan pertumbuhan ekonomi, pendekatan kesejahteraan rakyat, pemberdayaan masyarakat, dan kewilayahan. Selain itu, ia juga memberikan pengetahuan tentang arti kewilayahan dalam arti luas (infrastruktur, data spasisal, dan tata ruang). Dalam kuliah ini juga dibicarakan tentang sistem dan model.
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis, sintesis, dan evaluasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan wilayah pesisir dan laut.
  • Jadwal
    2024-04-24 (13:00 - 15:00)
    2024-05-01 (13:00 - 15:00)
    2024-05-08 (13:00 - 15:00)
    2024-05-15 (13:00 - 15:00)
    2024-05-22 (13:00 - 15:00)
    2024-02-05 (08:00 - 10:00)
    2024-02-12 (08:00 - 10:00)
    2024-04-17 (13:00 - 15:00)
    2024-02-21 (13:00 - 15:00)
    2024-02-28 (13:00 - 15:00)
    2024-03-06 (13:00 - 15:00)
    2024-03-13 (13:00 - 15:00)
    2024-03-20 (13:00 - 15:00)
    2024-03-27 (13:00 - 15:00)
    2024-04-03 (13:00 - 15:00)
    2024-04-10 (13:00 - 15:00)

    Kode SP5201 01
    Lokasi Kampus GA
    Nama Tatakelola Publik dan Demokrasi
    SKS 2
    Dosen
  • Dr. Drs. Suhirman, SH., M.T.
  • Silabus Penentuan pilihan-pilihan kebijakan (policy options) melibatkan kalkulasi dan penilaian atas biaya dan manfaat dari masing-masing pilihan. Tetapi outcome dari proses kebijakan (policy process) ini bergantung pada keputusan-keputusan yang berdasarkan kepentingan para pelaku kebijakan. Selain itu, memahami interaksi antarpelaku kebijakan, dan bagaimana hal ini mempengaruhi proses kebijakan, adalah hal yang esensial bagi pembuatan kebijakan, ataupun evaluasi dampak kebijakan terhadap pembangunan.
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • Mahasiswa dapat mengetahui tujuan dan masalah kebijakan
  • Mahasiswa dapat mengetahui aspek-aspek esensial dalam menentukan pillihan-pilihan kebijakan
  • Mahasiswa dapat mengetahui keterkaitan antara kebijakan, proses legislasi dan institusi
  • Mahasiswa dapat menentukan perbedaan antara model-model pembuatan kebijakan
  • Mahasiswa dapat menentukan pelaku-pelaku kebijakan (pemerintah, pelaku pasar, LSM, agen-agen internasional, kelompok akar-rumput, pelaku media)
  • Mahasiswa dapat mengetahui cara-cara bagaimana para pelaku kebijakan, dalam latar belakang sosial-politik mereka masing-masing, mempengaruhi proses kebijakan
  • Melakukan analisis atas proses kebijakan, baik dalam struktur maupun konteksnya, dengan mengambil kasus-kasus aktual
  • Jadwal
    2024-02-08 (10:00 - 12:00)
    2024-02-15 (10:00 - 12:00)
    2024-02-22 (10:00 - 12:00)
    2024-02-29 (10:00 - 12:00)
    2024-03-07 (10:00 - 12:00)
    2024-03-14 (10:00 - 12:00)
    2024-03-21 (10:00 - 12:00)
    2024-03-28 (10:00 - 12:00)
    2024-04-04 (10:00 - 12:00)
    2024-04-11 (10:00 - 12:00)
    2024-04-18 (10:00 - 12:00)
    2024-04-25 (10:00 - 12:00)
    2024-05-02 (10:00 - 12:00)
    2024-05-09 (10:00 - 12:00)
    2024-05-16 (10:00 - 12:00)
    2024-05-23 (10:00 - 12:00)

    Kode SP5203 01
    Lokasi Kampus GA
    Nama Metodologi Penelitian
    SKS 2
    Dosen
  • Ir. Sonny Yuliar, Ph.D.
  • Silabus Pengetahuan yang diperoleh melalui riset tidak terlepas dari paradigma yang mendasari metode pelaksanaan riset tersebut. Bila kegiatan riset tersebut dilaksanakan dalam konteks studi pembangunan, akuntabilitas sosial dari kegiatan riset menjadi hal yang penting. Alih-alih netral (bebas-nilai), metodologi riset dalam kontek studi pembangunan perlu transparan dalam nilai-nilai yang diasumsikan, dan bersifat responsif atas keragaman nilai-nilai.
    Metoda Pembelajaran

    REGULER

    Luaran
  • Matakuliah ini mengajak peserta kuliah untuk: Mengidentifikasikan aspek teoretis dan aspek etika dari suatu permasalahan pembangunan
  • Menyusun pertanyaan riset dalam konteks studi pembangunan, dengan memperhatikan aspek teoretis dan aspek etika
  • Memahami prinsip-prinsip baku dalam metode riset kualitatif dan kuantitatif, dan implikasi etis dari metode-metode tersebut
  • Memahami prinsip-prinsip untuk merancang metode riset yang bersifat integratif (multiparadigma)
  • Menyusun sebuah rancangan riset integratif sebagai proposal riset tesis
  • Jadwal
    2024-02-08 (13:00 - 15:00)
    2024-02-15 (13:00 - 15:00)
    2024-02-22 (13:00 - 15:00)
    2024-05-09 (13:00 - 15:00)
    2024-05-16 (13:00 - 15:00)
    2024-05-23 (13:00 - 15:00)
    2024-02-29 (13:00 - 15:00)
    2024-03-07 (13:00 - 15:00)
    2024-03-14 (13:00 - 15:00)
    2024-03-21 (13:00 - 15:00)
    2024-03-28 (13:00 - 15:00)
    2024-04-04 (13:00 - 15:00)
    2024-04-11 (13:00 - 15:00)
    2024-04-25 (13:00 - 15:00)
    2024-05-02 (13:00 - 15:00)
    2024-04-18 (13:00 - 15:00)

    Kode SP5203 02
    Lokasi Kampus GA
    Nama Metodologi Penelitian
    SKS 2
    Dosen
  • Wilmar A. Salim, S.T, M.Reg.Dev., Ph.D.
  • Silabus Pengetahuan yang diperoleh melalui riset tidak terlepas dari paradigma yang mendasari metode pelaksanaan riset tersebut. Bila kegiatan riset tersebut dilaksanakan dalam konteks studi pembangunan, akuntabilitas sosial dari kegiatan riset menjadi hal yang penting. Alih-alih netral (bebas-nilai), metodologi riset dalam kontek studi pembangunan perlu transparan dalam nilai-nilai yang diasumsikan, dan bersifat responsif atas keragaman nilai-nilai.
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • Matakuliah ini mengajak peserta kuliah untuk: Mengidentifikasikan aspek teoretis dan aspek etika dari suatu permasalahan pembangunan
  • Menyusun pertanyaan riset dalam konteks studi pembangunan, dengan memperhatikan aspek teoretis dan aspek etika
  • Memahami prinsip-prinsip baku dalam metode riset kualitatif dan kuantitatif, dan implikasi etis dari metode-metode tersebut
  • Memahami prinsip-prinsip untuk merancang metode riset yang bersifat integratif (multiparadigma)
  • Menyusun sebuah rancangan riset integratif sebagai proposal riset tesis
  • Jadwal
    2024-02-07 (09:00 - 11:00)
    2024-03-20 (09:00 - 11:00)
    2024-03-06 (09:00 - 11:00)
    2024-04-17 (09:00 - 11:00)
    2024-04-24 (09:00 - 11:00)
    2024-05-01 (09:00 - 11:00)
    2024-02-14 (09:00 - 11:00)
    2024-02-21 (09:00 - 11:00)
    2024-02-28 (09:00 - 11:00)
    2024-03-13 (09:00 - 11:00)
    2024-03-27 (09:00 - 11:00)
    2024-04-03 (09:00 - 11:00)
    2024-04-10 (09:00 - 11:00)
    2024-05-08 (09:00 - 11:00)
    2024-05-15 (09:00 - 11:00)
    2024-05-22 (09:00 - 11:00)

    Kode SP6011 01
    Lokasi Kampus GA
    Nama Teori dan Metode untuk Kajian Sosioteknis
    SKS 2
    Dosen
  • Ir. Sonny Yuliar, Ph.D.
  • Silabus Pengetahuan yang diperoleh melalui riset tidak terlepas dari paradigma yang mendasari metode pelaksanaan riset, terutama dalam melaksanakan riset sosial. Untuk dapat melakukan riset sosial perlu kiranya suatu pemahaman tentang ‘aspek sosial’. Pemahaman aspek sosial ini sangat penting dan sangat diperlukan ketika melakukan kegiatan riset tersebut dilaksanakan dalam konteks studi pembangunan, dimensi sosial dalam riset sosial menjadi hal yang penting. Selain itu, pengetahuan tentang actor network theory sangat mendukung pemahaman tentang metodologi riset. Mata kuliah ini membahas kembali ke makna asli dari \'sosial\' untuk mendefinisikan kembali gagasan dan memungkinkan untuk melacak ‘koneksi ulang’. Selain itu, mata kuliah ini juga mendukung untuk melanjutkan tujuan tradisional dari ilmu-ilmu sosial, tetapi menggunakan alat yang lebih halus. Mata kuliah ini merubakan bagian pembahasan prinsip-prinsip baku yang diadopsi dalam metode riset yang lebih bersifat kualitatif.
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • Matakuliah ini mengajak peserta kuliah untuk:
  • Mengidentifikasikan aspek teoretis dan aspek etika dari suatu permasalahan pembangunan
  • Untuk memahami masyarakat dan 'sosial ' sebagai upaya untuk mendukung metodologi dalam riset
  • Memahami prinsip-prinsip baku dalam metode riset yang lebih bersifat kualitatif
  • Memahami prinsip-prinsip pemahaman sosial terkait simbol, penggunaan dalam cara yang membuat asumsi-asumsi tentang sifat dari apa yang dirakit.
  • Menyusun sebuah rancangan riset integratif sebagai proposal riset tesis
  • Jadwal
    2024-02-09 (14:00 - 16:00)
    2024-03-29 (14:00 - 16:00)
    2024-04-05 (14:00 - 16:00)
    2024-04-12 (14:00 - 16:00)
    2024-04-19 (14:00 - 16:00)
    2024-04-26 (14:00 - 16:00)
    2024-05-03 (14:00 - 16:00)
    2024-05-10 (14:00 - 16:00)
    2024-02-16 (14:00 - 16:00)
    2024-02-23 (14:00 - 16:00)
    2024-03-01 (14:00 - 16:00)
    2024-03-08 (14:00 - 16:00)
    2024-03-15 (14:00 - 16:00)
    2024-03-22 (14:00 - 16:00)
    2024-05-17 (14:00 - 16:00)
    2024-05-24 (14:00 - 16:00)

    Kode SP6014 01
    Lokasi Kampus GA
    Nama Pembangunan Berkelanjutan
    SKS 2
    Dosen
  • Dr. Ir. Iwan Kustiwan, M.T.
  • Silabus Keberlanjutan secara umum dimaknai sebagai pola yang memperhatikan kualitas sosial, ekonomik, dan lingkungan. Dalam kuliah ini, dinamika ketiga tersebut dipelajari secara mendalam dan ditempatkan dalam berbagai framework. Beberapa setting sosial dipilih untuk memberikan gambaran bagaimana isu keberlanjutan dioperasikan di dalam realitas sosial.
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • -
  • Jadwal
    2024-02-27 (13:00 - 15:00)
    2024-03-12 (13:00 - 15:00)
    2024-03-19 (13:00 - 15:00)
    2024-03-26 (13:00 - 15:00)
    2024-04-30 (13:00 - 15:00)
    2024-05-07 (13:00 - 15:00)
    2024-05-14 (13:00 - 15:00)
    2024-04-02 (13:00 - 15:00)
    2024-04-09 (13:00 - 15:00)
    2024-04-16 (13:00 - 15:00)
    2024-04-23 (13:00 - 15:00)
    2024-05-21 (13:00 - 15:00)
    2024-03-05 (13:00 - 15:00)
    2024-02-13 (13:00 - 15:00)
    2024-02-20 (13:00 - 15:00)

    Kode SP5202 01
    Lokasi Kampus GA
    Nama Inovasi dalam Pembangunan
    SKS 3
    Dosen
  • Ir. Sonny Yuliar, Ph.D.
  • Silabus Innovation mengacu pada gagasan, praktik atau obyek yang dipersepsi sebagai ‘baru’ bagi seorang individu atau kelompok pengadopsi (Roger, 1962). Inovasi dapat mencakup temuan riset, hipotesis, teori, model, generalisasi, metode, praktik, pemahaman mendalam ataupun pernyataan-pernyataan. Kajian mengenai inovasi ini penting untuk memahami faktor-faktor yng mempengaruhi kapabilitas teknologi sebuah bangsa. Kapabilitas teknologi ini kemudian diharapkan mampu menumbuhkan berbagai kesempatan dan pilihan bagi masyarakat luas untuk mengambil peran dalam agenda pembangunan.
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • Mata kuliah ini mengajak peserta untuk : Memahami konsep-konsep teoritik dalam literatur inovasi.
  • Dapat mengurai dan mengenali aktifitas-aktifitas sosial secara nyata terkait inovasi.
  • Mampu memberikan pandangan atas kebijakan inovasi.
  • Jadwal
    2024-02-12 (13:00 - 15:00)
    2024-02-19 (13:00 - 15:00)
    2024-02-26 (13:00 - 15:00)
    2024-03-04 (13:00 - 15:00)
    2024-03-11 (13:00 - 15:00)
    2024-03-18 (13:00 - 15:00)
    2024-03-25 (13:00 - 15:00)
    2024-04-01 (13:00 - 15:00)
    2024-04-08 (13:00 - 15:00)
    2024-04-15 (13:00 - 15:00)
    2024-04-22 (13:00 - 15:00)
    2024-04-29 (13:00 - 15:00)
    2024-05-06 (13:00 - 15:00)
    2024-02-05 (13:00 - 15:00)
    2024-05-13 (13:00 - 15:00)
    2024-05-20 (13:00 - 15:00)

    Kode SP5204 01
    Lokasi Kampus GA
    Nama Analisis dan Evaluasi Kebijakan Publik
    SKS 2
    Dosen
  • Adenantera Dwicaksono, S.T., M.Ds., Ph.D.
  • Silabus Agar mahasiswa dapat berargumen dalam diskursus kebijakan publik, mahasiswa perlu memahami proses kebijakan publik, dilihat dari sudut pandang model ekonomi, etika, politik, dan sistem perencanaan. Mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan teknikal yang fundamental, yaitu kemampuan menstrukturkan masalah dan analisis biaya-manfaat. Dengan pemahaman teoretik dan kemampuan teknikal tersebut, mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis dan evaluasi kebijakan yang memungkinkan dirinya untuk mendebat kebijakan publik yang ada saat ini.
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • Mahasiswa dapat menjelaskan diskursus proses politik dalam pembuatan kebijakan
  • Mahasiswa dapat menstrukturkan dan mengklasifikasi persoalan kebijakan publik
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi kasus kebijakan publik
  • Jadwal
    2024-04-15 (11:00 - 13:00)
    2024-04-22 (11:00 - 13:00)
    2024-04-29 (11:00 - 13:00)
    2024-05-06 (11:00 - 13:00)
    2024-05-13 (11:00 - 13:00)
    2024-05-20 (11:00 - 13:00)
    2024-02-05 (11:00 - 13:00)
    2024-02-12 (11:00 - 13:00)
    2024-02-19 (11:00 - 13:00)
    2024-02-26 (11:00 - 13:00)
    2024-03-04 (11:00 - 13:00)
    2024-03-11 (11:00 - 13:00)
    2024-03-18 (11:00 - 13:00)
    2024-03-25 (11:00 - 13:00)
    2024-04-01 (11:00 - 13:00)
    2024-04-08 (11:00 - 13:00)

    Kode SP6015 01
    Lokasi Kampus GA
    Nama Metode Kuantitatif untuk Analisis Kebijakan Publik
    SKS 2
    Dosen
  • Dr. Tengku Munawar Chalil, S.T., M.PP.
  • Silabus
    Metoda Pembelajaran

    HYBRID

    Luaran
  • Mahasiswa mampu mengklasifikasi data, mengidentifikasi data, dan menggunakan data dalam analisa kuantitatif
  • Mahasiswa menguasai teknik-teknik kuantitatif evaluasi kebijakan seperti regresi linear, DiD, RDD, PSM, dan sebagainya.
  • Mahasiswa menguasai teknik-teknik kuantitatif untuk analisa kebijakan tingkat lanjut seperti analisa spasial, analisa efisiensi, sistem dinamis dan machine learning
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik analisa kuantitatif dalam riset mandiri
  • Jadwal
    2024-02-23 (07:00 - 09:00)
    2024-02-06 (10:00 - 12:00)
    2024-02-13 (10:00 - 12:00)
    2024-04-09 (10:00 - 12:00)
    2024-04-16 (10:00 - 12:00)
    2024-04-23 (10:00 - 12:00)
    2024-04-30 (10:00 - 12:00)
    2024-05-07 (10:00 - 12:00)
    2024-05-14 (10:00 - 12:00)
    2024-05-21 (10:00 - 12:00)
    2024-02-27 (10:00 - 12:00)
    2024-03-05 (10:00 - 12:00)
    2024-03-12 (10:00 - 12:00)
    2024-03-19 (10:00 - 12:00)
    2024-03-26 (10:00 - 12:00)
    2024-04-02 (10:00 - 12:00)

    Kembali