ADMISSION

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

ITB membuka penerimaan mahasiswa Program Magister Reguler yang berasal dari lulusan Program Sarjana (S1) dari perguruan tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai. Program ini juga terbuka bagi pelamar yang menggunakan ijazah/sertifikat setara ijazah jenjang D4.

Selain program magister reguler, terdapat juga program magister lainnya yang ditawarkan, yaitu:

  1. Magister Berbasis Riset (MBR)
  2. Magister Multidisipin

Seleksi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB terdiri atas 3 tahapan, yaitu

  1. Seleksi kelengkapan dokumen persyaratan, yang terdiri atas:
    1. Ijazah dari tahapan pendidikan sebelumnya
    2. Transkrip dari tahapan pendidikan sebelumnya
    3. Bukti kepemilikan asuransi
    4. Pas Foto
    5. Surat pernyataan tujuan (statement of purpose)
    6. Portofolio pelamar dan rencana riset
    7. Kesediaan calon dosen pembimbing
    8. Rekomendasi dari 2 orang (dosen atau atasan)
  2. Seleksi bukti lolos nilai minimum UPDA ITB/TPA Bappenas dan nilai minimum ELPT ITB.
  3. Seleksi kemampuan akademik yang dilaksanakan di program studi tujuan.

 

Calon mahasiswa yang telah lulus seleksi kelengkapan dokumen persyaratan dan seleksi kemampuan akademik diberikan kesempatan menyelesaikan seleksi bukti lolos nilai minimum UPDA ITB/TPA Bappenas dan/atau lolos nilai minimum ELPT ITB pada 8 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB.

Jika calon mahasiswa gagal menyerahkan bukti nilai minimum UPDA ITB/TPA Bappenas dan/atau lolos nilai minimum ELPT ITB pada waktu yang telah ditentukan diberi kesempatan untuk mengajukan Permohonan Pengalihan Penerimaan ke semester berikutnya hingga paling lambat 5 Februari 2024.

Seluruh calon peserta seleksi diharuskan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (ELPT ITB) dan Ujian Potensi Dasar Akademik/TPA yang diselenggarakan ITB. 

Lulusan Program Sarjana (S1) dari perguruan tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai. Bagi pelamar yang menggunakan ijazah/sertifikat setara ijazah jenjang D4, calon yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti Program Matrikulasi, bila dinyatakan lulus seleksi di ITB.

Pelamar Program Magister ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:

  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh program studi tujuan
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

Sesuai dengan Peraturan Akademik ITB, pasal 18 ayat (3) “Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana ITB dapat dibatalkan apabila yang bersangkutan”:

  • Terbukti melakukan kecurangan pada saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.
  • Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah dinyatakan drop out.
  • Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah mengajukan pengunduran diri (UNDRI) dari program studi tersebut, dikecualikan untuk mahasiswa program pascasarjana yang mengajukan pengunduran diri dengan alasan nonakademis yang dapat diterima oleh ITB.

Calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman Registrasi dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut:

  1. Ijazah program sarjana asli
  2. Transkrip program sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  3. Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki asuransi kesehatan yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang). Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS. Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah kartu peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan tangkapan layar (screenshot) dari aplikasi JKN online. Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau tangkapan layar (screenshot) dari JKN online
  4. Pas foto
  5. Pernyataan tujuan (statement of purpose)pelamaran Program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (statement of purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login.
  6. Sertifikat TPA Bappenas asli atau Hasil Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB. Persyaratan nilai TPA Bappenas/UPDA ITB minimum sebesar 475. Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2024/2025, seluruh calon peserta seleksi disarankan untuk mengikuti Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA)/TPA yang diselenggarakan ITB.  Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut. Dokumen TPA Bappenas atau UPDA ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes September 2022 – September 2024). Bagi pelamar program magister di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan program Magister Keolahragaan (SF) yang bukan calon penerima beasiswa, persyaratan sertifikat nilai TPA Bappenas  atau UPDA ITB  dapat digantikan dengan mengunggah portofolio. Calon Peserta Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, dapat mendaftarkan diri di laman https://rupda.itb.ac.id/ dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor seleksi program pascasarjana ITB. Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas yang masih berlaku, sertifikat wajib dikirimkan langsung oleh lembaga resmi penyelenggara tes TPA Bappenas ke ITB. Pengiriman dokumen tersebut dapat dilakukan ke alamat postgraduate@office.itb.ac.id.
  7. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris ELPT ITB asli  minimum sebesar 77. Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2024/2025, seluruh calon peserta seleksi diwajibkan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (ELPT ITB) yang diselenggarakan ITB.  Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat ELPT ITB yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut. Dokumen sertifikat ELPT ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes September 2022 – September 2024). Calon peserta yang akan mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris ELPT secara ofline dapat mendaftarkan diri dilaman https://psdm.itb.ac.id. Untuk pendaftar online dapat dilakukan pada laman akun pendaftaran program pascasarjana.

Ketentuan mengenai persyaratan dokumen TPA Bappenas/UPDA ITB dan dokumen ELPT ITB, bagi calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri dan/atau berkewarganegaraan asing, berlaku ketentuan berikut:

  • Calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri yang mengikuti pendidikan dalam program berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris, dengan melampirkan bukti dari perguruan tinggi asalnya.
  • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang berasal dari negara berbahasa Inggris dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris
  • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang memiliki indeks prestasi (GPA) sekurang-kurangnya 3.25 (skala 4) atau setara di pendidikan strata sebelumnya, dibebaskan dari persyaratan dokumen potensi dasar akademik.

Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas/UPDA  dan ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.

8. Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan). Calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi minimal dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon pemberi rekomendasi sebelum melaksanakan pendaftaran Program Pascasarjana ITB. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti Program Pascasarjana ITB

Pelunasan Biaya Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

Besaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB adalah:

  • Peminat SBM ITB:  750.000,-  (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)per pendaftaran
  • Peminat fakultas/sekolah selain SBM ITB:  600.000,-  (enam ratus ribu rupiahper pendaftaran

Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT ITB dan biaya TPA BAPPENAS/UPDA ITB. Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening atau kode pembayaran yang akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa.

Biaya pelaksanaan seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan dan untuk alasan apa pun.

Pendaftaran calon mahasiswa Program Magister ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB, akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Magister ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

Sebelum melakukan pendaftaran online, calon mahasiswa diharuskan membaca persyaratan dan ketentuan pendaftaran Program Pascasarjana ITB dan langkah-langkah pendaftaran online yang ada di bawah ini. Kemudian silakan melakukan proses pendaftaran di laman Registrasi.

Langkah-langkah pendaftaran online:

REGISTRASI

Calon mahasiswa dipersilakan melakukan pendaftaran di laman Registrasi dengan menggunakan alamat e-mail yang valid. Sistem akan mengirimkan nomor seleksi dan password ke alamat e-mail tersebut yang akan digunakan untuk proses login selanjutnya. Calon mahasiswa yang telah memiliki nomor seleksi dan password dapat melakukan login di laman yang sama.

PENGISIAN DATA CALON MAHASISWA

Setelah melakukan , calon mahasiswa dipersilakan mengisi data-data sebagai berikut:

Biodata

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi biodata dengan data-data terbaru. Data instansi tempat kerja diisi dengan alamat dan instansi tempat kerja calon mahasiswa saat ini, atau dapat dikosongkan. Data terkait asuransi kesehatan wajib diisi, bila belum ada, dapat diisi dengan rencana jenis asuransi yang akan diambil serta tanggal sejak awal perkuliahan sampai dengan selesai.

Alamat

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi alamat tempat tinggal saat ini. Alamat selama kuliah bila belum ada dapat diisi dengan alamat tempat tinggal saat ini sedangkan alamat darurat dapat diisi dengan alamat orang tua/saudara/penanggung jawab calon mahasiswa.

Asal Pendidikan

Calon mahasiswa mengisikan data pendidikan asalnya sesuai dengan data yang tercantum di ijazah pendidikan sarjana.

Data akreditasi perguruan tinggi asal dan data akreditasi program studi asal calon mahasiswa harus diisi. Calon mahasiswa dipersilakan menghubungi perguruan tinggi asalnya untuk memperoleh informasi tersebut.

Program Studi

Sebelum mengisikan data program studi yang dipilih, pastikan program studi tersebut menerima calon mahasiswa baru pada gelombang saat anda mendaftar. Informasi tersebut dapat diperoleh di laman Magister atau Doktor, pada bagian program studi.

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi jenis program pendidikan dan pilihan program studinya di ITB. Bila diperlukan, calon mahasiswa dapat memilih konsentrasi yang diminatinya.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree, dapat memilih program yang diminatinya di bagian ini. Persyaratan umum bagi peminat program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree tidak berbeda dengan persyaratan bagi peminat program reguler.

Sumber Dana

Calon mahasiswa mengisikan data rencana sumber dana pembiayaan pendidikannya. Bagi calon mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa atau merupakan peserta program kerja sama, silakan isi dengan pilihan beasiswa, serta mencantumkan instansi sumber beasiswa/kerja samanya.

Bila calon mahasiswa belum memperoleh beasiswa atau pengajuan beasiswanya belum disetujui oleh instansi pemberi beasiswa, dipersilakan memilih pilihan “pribadi” sebagai sumber dana biaya pendidikannya.

Sebagai informasi tambahan, bagi calon mahasiswa yang memilih program Beasiswa, ITB tidak memberikan fasilitas penundaan pembayaran biaya pendidikan. Silakan melunasi biaya pendidikan secara pribadi terlebih dahulu pada waktu yang ditentukan. Mahasiswa dapat mengajukan pengembalian (refund), setelah beasiswa yang diikutinya dibayarkan secara langsung ke ITB.

Dokumen

Calon mahasiswa mengunggah semua dokumen yang disyaratkan ITB, di bagian ini. Silakan pilih terlebih dahulu jenis dokumen yang akan diunggah, sebelum memilih file dokumen dan mengunggahnya di kolom yang tersedia. Dokumen yang harus diunggah adalah:

  1. Ijazah program sarjana asli
  2. Transkrip program sarjanaasli, mulai semester 1 s.d. semester terakhir. Khusus bagi lulusan program alih jenjang, diharuskan mengunggah transkrip D-3 dan S-1 secara lengkap dalam 1 file pdf.
  3. Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit.
  4. Pas foto 
  5. Pernyataan tujuan (statement of purpose)pelamaran program Magister ITB. Formulir pernyataan tujuan (statement of purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login. Pelamar Program Doktor tidak perlu mengunggah dokumen ini.
  6. Sertifikat TPA Bappenas asli atau Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, sesuai dengan ketentuan yang tercantum di bagian Persyaratan Peserta. Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2024/2025, seluruh calon peserta seleksi disarankan untuk mengikuti Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA)/TPA yang diselenggarakan ITB.  Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas/UPDA ITB yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut. Dokumen TPA Bappenas atau UPDA ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes September 2022 – September 2024). Calon Peserta Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, dapat mendaftarkan diri di laman http://rupda.itb.ac.id/ dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor seleksi program pascasarjana ITB. Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas yang masih berlaku, silakan mengisi data yang diperlukan dilaman pendaftaran dan sertifikat wajib dikirimkan langsung oleh lembaga resmi penyelenggara tes TPA Bappenas ke ITB. Pengiriman dokumen tersebut dapat dilakukan ke alamat postgraduate@office.itb.ac.id
  7. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris ELPT ITB asli, sesuai dengan ketentuan yang tercantum di bagian Persyaratan Peserta. Bagi yang telah memiliki sertifikat, data akan diinput secara otomatis oleh sistem berdasarkan NIK yang telah peserta isi bagian biodata.
  8. Rekomendasi Akademik, Sesuai dengan persyaratan ITB, calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. Calon mahasiswa dipersilakan untuk mengisikan paling sedikit 2 alamat e-mail pemberi rekomendasi. Kolom alamat e-mail ketiga dapat diisi bila dirasakan perlu. Sistem akan mengirimkan tautan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi untuk dapat mengisi formulir rekomendasi bagi calon mahasiswa yang bersangkutan secara online. Rekomendasi tersebut akan disimpan di dalam sistem dan akan disampaikan ke program studi tujuan secara otomatis, setelah calon mahasiswa menyelesaikan pendaftarannya. ITB menyarankan agar calon mahasiswa kembali menghubungi pemberi rekomendasi segera setelah menyelesaikan pengisian pendaftaran online, terkait pemberian rekomendasi secara online tersebut. 

Finalisasi

Setelah seluruh data dan dokumen persyaratan dilengkapi calon mahasiswa, silakan lakukan finalisasi. Mohon memperhatikan bahwa proses finalisasi hanya dapat dilaksanakan bila seluruh data telah diisi lengkap dan seluruh dokumen yang disyarat telah diunggah.

Setelah proses finalisasi dilaksanakan, calon mahasiswa tidak dapat lagi melakukan perbaikan pada data pendaftaran atau pada dokumen yang telah diunggah, kecuali bila diminta melakukan perbaikan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan ITB.

Pelunasan Biaya Pendaftaran

Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Bagi pendaftar yang belum memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris ELPT ITB, biaya pendaftarn akan ditambahkan dengan biaya tes kemampuan bahasa Inggris ELPT ITB.

Tatacara biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. 

Biaya pelaksanaan seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Pendaftaran calon mahasiswa program Magister ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Setelah seluruh data dan dokumen pendaftaran berhasil diunggah, calon mahasiswa tidak perlu mengirimkan/menyerahkan dokumen pendaftaran secara fisik ke ITB. ITB tidak menerima dokumen fisik apa pun berkaitan dengan pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa pascasarjana ITB.

Seleksi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB terdiri atas 3 tahapan, yaitu

  • Seleksi Kelengkapan Dokumen Persyaratan
  • Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas/UPDA dan nilai minimum ELPT ITB
  • Seleksi Kemampuan Akademik, yang dilaksanakan di program studi tujuan. 

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB, akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Magister ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester I tahun 2024/2025 adalah sebagai berikut :

Jadwal Pendaftaran Pascasarjana ITB

Gelombang 1

Gelombang 2

Gelombang 3

Gelombang 4

Gelombang 5

Pendaftaran Peserta

13 Februari – 4 Maret 2024 (pukul 15.00)

13 Maret – 18 April 2024 (pukul 15.00)

23 April – 16 Mei 2024 (pukul 15.00)

21 Mei – 13 Juni 2024 (pukul 15.00)

20 Juni – 18 Juli 2024 (pukul 15.00)

ELPT

Offline: Setiap Selasa Pukul 09.00 – Selesai & Jumat  Pukul 13.30 – Selesai

Online: Setiap Kamis  Pukul 09.00 – Selesai

Informasi selengkapnya: https://psdm.itb.ac.id/informasi-test-elpt/ 

UPDA 

21 Februari 2024 (batas pendaftaran 17 Februari 2024)

27 Maret 2024 (batas pendaftaran 22 Maret 2024)

29 Mei 2024 (batas pendaftaran 24 Mei 2024)

29 Mei 2024 (batas pendaftaran 24 Mei 2024)

26 Juni 2024 (batas pendaftaran 21 Juni 2024) dan 24 Juli 2024 (batas pendaftaran 19 Juli 2024)

Informasi Selengkapnya: https://rupda.itb.ac.id/

Seleksi di Program Studi

7 – 16 Maret 2024

22 April – 3 Mei 2024

20 – 31 Mei 2024

19 – 29 Juni 2024

22 – 27 Juli 2024

Pengumuman Hasil Seleksi

21 Maret 2024

8 Mei 2024

6 Juni 2024

5 Juli 2024

1 Agustus 2024

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru (Online)

13 – 17 Mei 2024

13 – 17 Mei 2024

8 – 12 Juli 2024

8 – 12 Juli 2024

2 – 8 Agustus 2024

Pembayaran BPP

20 – 25 Mei 2024

20 – 25 Mei 2024

15 – 20 Juli 2024

15 – 20 Juli 2024

9 – 15 Agustus 2024

Penyambutan Mahasiswa Baru

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

Perwalian

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

akan diinformasikan kemudian

Perkuliahan (perkiraan)

9 September 2024

9 September 2024

9 September 2024

9 September 2024

9 September 2024

Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar program Magister di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual (Virtual Account) yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Calon mahasiswa juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Kartu Kredit. Biaya pelaksanaan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Program Magister ITB adalah sebagai berikut :

BPP Program Magister pada Fakultas/Sekolah selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Program Studi BPP per semester
Magister Rp. 13.500.000,-
Khusus Magister Farmasi Industri Rp. 22.000.000,-
Kelas Internasional Rp. 35.000.000,-

 

BPP Program Magister pada Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Program Studi Magister Sains Manajemen

 

Program StudiBPP per semester
Magister Sains ManajemenRp. 13.500.000,-

 

BPP Program Magister pada Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Program Studi Magister Administrasi Bisnis Kampus Ganesha

Program StudiBPP per semester
Young ProfessionalRp. 25.000.000,-
Creative and Cultural EnterpreneurshipRp. 25.000.000,-
Executive MBARp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) non Executive MBARp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) Executive MBARp. 40.000.000,-

 

BPP Program Magister pada Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Program Studi Magister Administrasi Bisnis Kampus Jakarta

Program StudiBPP per semester
EnterpreneurshipRp. 25.000.000,-
General ManagementRp. 25.000.000,-
Business LeadershipRp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) non Executive MBARp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) Executive MBARp. 40.000.000,-

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Program Magister Multidisiplin

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Program Magister Multidisiplin Institut Teknologi Bandung sebagai berikut:

No

Program Multidisiplin

BPP

1

Teknologi Kesehatan

Rp17.000.000

2

Smart System (Smart-X)

Rp25.000.000

3

Sains dan Teknologi Kebencanaan

Rp17.000.000

4

Material Baterai

Rp17.000.000

5

Design Leadership

Rp20.000.000

6

Pendidikan Sains 4.0

Rp17.000.000

7

Pariwisata Hayati Berkelanjutan

Rp18.500.000

8

Digital Technopreneurship

Rp22.000.000


 

Informasi tata cara pelunasan Biaya Pendidikan dapat diperoleh di laman Akademik pada bagian Keuangan dan Beasiswa.

Mulai tahun 2020, ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan UKT. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut :

  1. Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
    2. Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
  2. Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
    2. Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
    3. Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

Sebelum saudara melakukan pendaftaran online, maka saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online. Kemudian, silahkan melakukan proses pendaftaran di laman Registrasi Calon mahasiswa hanya dapat mendaftarkan diri pada gelombang dimana program studi tujuannya menerima calon mahasiswa.

Berikut adalah daftar program studi yang dibuka pada Penerimaan Mahasiswa Baru ITB:

PROGRAM MAGISTER MULTIDISIPLIN

Mulai tahun 2023, ITB menawarkan program Magister Multidisiplin. Saat ini ITB menawarkan 9 program magister multidisiplin, yaitu :

  1. Teknologi Nano
  2. Teknologi Kesehatan
  3. Pendidikan Sains 4.0
  4. Digital Technopreneurship
  5. Smart-X
  6. Material Baterai
  7. Kebencanaan
  8. Pariwisata Hayati Berkelanjutan
  9. Kepemimpinan Desain

informasi lebih lanjut mengenai masing-masing program Magister Multidisiplin tersebut dapat diperoleh di alamat https://sps.itb.ac.id.

Persyaratan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister Multidisiplin adalah lulusan Program Sarjana (S1) dari perguruan tinggi yang terakreditasi dengan cakupan bidang keilmuan yang sesuai dengan program Magister Multidisiplin yang dituju. Khusus bagi peminat program Magister Multidisiplin Teknologi Kesehatan, calon mahasiswa harus merupakan lulusan Program Sarjana (S1) di bidang Sains dan Teknik.

PROGRAM MAGISTER BERBASIS RISET (MASTER BY RESEARCH/MBR)

ITB juga menawarkan Program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR). Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan seraya fokus dalam melakukan riset secara mandiri. Saat ini terdapat 16 program studi yang menawarkan program MBR, yaitu:

  1. Magister Matematika (FMIPA)
  2. Magister Fisika (FMIPA)
  3. Magister Sains Komputasi (FMIPA)
  4. Magister Ilmu dan Rekayasa Nuklir (FMIPA)
  5. Magister Farmasi (SF)
  6. Magister Informatika (STEI)
  7. Magister Teknik Geologi (FITB)
  8. Magister Teknik Geodesi dan Geomatika (FITB)
  9. Magister Teknik Air Tanah (FITB)
  10. Magister Teknologi Nano (SPs)
  11. Magister Teknik Kimia (FTI)
  12. Magister Teknik Fisika (FTI)
  13. Magister Instrumentasi dan Kontrol (FTI)
  14. Magister Teknik dan Manajemen Industri (FTI)
  15. Magister Logistik (FTI)
  16. Magister Rekayasa Pertambangan (FTTM)

 

PERSYARATAN KHUSUS (TAMBAHAN)

Ketentuan dan persyaratan yang berlaku bagi peserta program MBR sama dengan persyaratan dan ketentuan bagi peserta program Magister ITB lainnya, dengan tambahan dokumen persyaratan sebagai berikut :

  1. Portofolio Pelamar dan Bukti Capaian Riset
  2. Surat Kesediaan Calon dosen Pembimbing
  3. Surat Rekomendasi Calon Dosen Pembimbing
  4. Proposal Rencana Riset

 

Format dokumen-dokumen tersebut dapat diperoleh calon mahasiswa setelah melakukan registrasi di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana.

Pendaftaran Online Registrasi