ADMISSION

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Banner Website SNBP 2024

PETUNJUK PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU ITB SELEKSI NASIONAL BERDASARKAN TES (SNBT) 2025

A. JADWAL DAN LAMAN PENGUMUMAN

  • Pengumuman kelulusan SNBT 2025 dilaksanakan pada Rabu, 28 Mei 2025, pukul 15.00 WIB.
  • Pengumuman kelulusan SNBT 2025 dapat diperoleh di laman https://snbt.itb.ac.id.

B. PENDAFTARAN ULANG

  • Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNBT 2025 akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2025 (mulai pukul 10.00 WIB) – 7 Juni 2025 secara DARING (ONLINE) dengan melakukan aktivasi melalui laman https://akademik.itb.ac.id/pmb/aktivasi  
  • Kegiatan pendaftaran ini WAJIB diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus SNBT 2025 di ITB.

C. ISIAN DATA DAN DOKUMEN PENDAFTARAN ULANG

Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg. Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah:

  1. Kartu Peserta SNBT 2025 ASLI
  2. Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara atau Surat Keterangan Kelas XII
    • Surat Tanda Kelulusan Sementara (STL) atau Surat Keterangan Kelas XII harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah (cap sekolah harus mengenai foto calon mahasiswa)
    • Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.
  3. Akta Kelahiran ASLI
    • Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran.
    • Kartu Keluarga (KK) TIDAK DAPAT DIGUNAKAN sebagai pengganti dokumen Akta Kelahiran
    • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 22 Juli – 14 Agustus 2025.
  4. Ijazah SMA Bagi calon mahasiswa lulusan 2023 dan 2024 WAJIB diunggah. Bagi lulusan 2025 yang belum memiliki Ijazah asli, WAJIB mengunggah file Ijazah ASLI antara tanggal 22 Juli – 14 Agustus 2025.
  5. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
    • Yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.
    • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
    • Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa.
    • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 22 Juli – 14 Agustus 2025.
  6. Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata
    • Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut: Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total maupun Parsial, untuk Fakultas/Sekolah/Program Studi berikut :
      1. Sekolah Farmasi (SF)
      2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains
      3. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
      4. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
      5. Program Studi Kimia (FMIPA-IPA)
    • Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total (buta warna parsial diperkenankan), untuk Fakultas/Sekolah/Program Studi berikut : 
      1. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa
      2. Program Studi Teknik Kimia (FTI-SP)
      3. Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-SP)
      4. Program Studi Teknik Pangan (FTI-SP)

D. UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) DAN JADWAL PEMBAYARAN

    1. Pada jalur penerimaan SNBT terdapat 7 golongan UKT dengan rincian sebagai berikut:

      Biaya pendidikan per semester bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBT (dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal/UKT) adalah sebagai berikut:

      No

      Fakultas/Sekolah

      UKT-1 

      UKT-2 

      UKT-3 

      UKT-4 

      UKT-5 

      UKT-6 

      UKT-7 

      1

      FMIPA-M

      500.000

      1.000.000

      4.250.000

      6.250.000

      8.250.000

      10.250.000

      12.250.000

      2

      SBM

      500.000

      1.000.000

      6.500.000

      8.500.000

      10.500.000

      12.500.000

      14.500.000

      3

      Selain no 1 dan 2

      500.000

      1.000.000

      4.500.000

      6.500.000

      8.500.000

      10.500.000

      12.500.000

      *Catatan: FMIPA-M: Program Studi Matematika dan Program Studi Aktuaria

    2. Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB, sepenuhnya berdasarkan pada hasil akademik dan tidak menjadikan dokumen ekonomi sebagai penentu kelulusan sehingga seluruh mahasiswa baru yang diterima akan dikenakan UKT 7 terlebih dahulu sampai dengan adanya hasil permohonan penurunan biaya pendidikan. 
    3. ITB memberikan pembebasan UKT bagi calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)
    4. Mahasiswa dapat mengajukan permohonan penurunan biaya pendidikan (UKT) untuk mendapatkan keringanan jenjang UKT 1 – UKT 6, setelah pelaksanaan pendaftaran ulang mahasiswa baru ITB secara daring di laman Informasi Akademik/SIX dengan mengunggah dokumen-dokumen data kemampuan ekonomi sebagai bukti pengajuan permohonan penurunan UKT. Jadwal pengajuan permohonan penurunan biaya pendidikan (UKT) akan diumumkan kemudian.
    5. Bagi yang mengajukan Beasiswa Penurunan UKT, Calon Penerima KIP-K, dan atau belum dapat melakukan pembayaran secara penuh dapat mengajukan penundaan pembayaran pada tanggal 2 – 7 Juni 2025 yang detailnya dapat dilihat melalui laman Finaid: https://finaid.itb.ac.id/
    6. Dalam kasus pengajuan beasiswa/penurunan UKT disetujui maka;
      • Jika keputusan besaran UKT lebih kecil dari pembayaran tahap pertama maka kelebihan pembayaran UKT akan dikembalikan. Perkiraan proses dan mekanisme pengembalian akan dilaksanakan bulan september bersamaan dengan pengumuman keputusan besaran beasiswa UKT.
      • Jika keputusan besaran UKT lebih besar dari pembayaran tahap pertama maka kekurangan pembayaran UKT wajib dibayarkan perkiraan waktu pelunasan kekurangan adalah di minggu ke-8 waktu perkuliahan.
    7. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai metode bayar yaitu melalui Teller, ATM, dan Mobile/internet banking dengan menggunakan kode bayar (virtual account) yang dapat dilihat pada menu keuangan pada akun SIX .
    8. Skema cicilan pembayaran UKT Semester Pertama:
      • Cicilan dapat dilakukan khusus bagi calon mahasiswa yang belum dapat membayar penuh
      • Nominal pembayaran pertama ditentukan dari hasil pengajuan penundaan bayar dari pengajuan belum dapat membayar BPP secara penuh (sesuai point 4)⁠
      • Pembayaran selanjutnya disesuaikan dengan pengajuan skema 2 (dua) atau 3 (tiga) kali cicilan.

E. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA

Bagi seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB, berlaku ketentuan sebagai berikut:

  1. Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.
  2. Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data.
  3. Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa dapat menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.

F. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2025, dapat diperoleh di alamat:

Direktorat Penerimaan Mahasiswa ITB
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Website : https://admission.itb.ac.id
Website : https://akademik.itb.ac.id
Helpdesk : https://helpdesk.six.itb.ac.id/
Whatsapp : +62 811 210 1920
Instagram : https://www.instagram.com/admission.itb/

Bandung, 28 Mei 2025
a.n REKTOR
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB,

 

Prof. Dr. Irwan Meilano, S.T., M.Sc.

NIP. 197405181998021001

JADWAL KEGIATAN

WaktuKegiatanKeterangan
28 Mei 2025Pengumuman Hasil Seleksi SNBT 2025https://snbt.itb.ac.id
2 – 7 Juni 2025Unduh Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baruhttps://admission.itb.ac.id
2 – 7 Juni 2025Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)SIX
7 Juni 2025Batas akhir Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)SIX
9 – 14 Juni 2025Pembayaran UKTSIX
14 Agustus 2025Penyambutan Mahasiswa Baru 
1 September 2025Perkuliahan