ADMISSION

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Selamat SM Banner Result

PENGUMUMAN SELEKSI MANDIRI (SM-ITB) 2024

PETUNJUK PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU ITB  

SELEKSI MANDIRI ITB (SM-ITB) 2024 

 

A. JADWAL DAN LAMAN PENGUMUMAN 

  • Pengumuman kelulusan SM-ITB 2024 yang sedianya akan dilaksanakan tanggal 28 Juni 2024, diundur ke hari Minggu, 30 Juni 2024, pukul 15.00 WIB. 
  • Pengumuman hasil dan kelulusan SM-ITB 2024 dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri dengan menggunakan akun masing-masing calon mahasiswa 

 

B. PENDAFTARAN ULANG 

  • Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SM-ITB 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 1–8 Juli 2024 secara DARING (ONLINE) melalui laman https://akademik.itb.ac.id, dimulai dengan aktivasi akun di laman https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri 
  • Kegiatan pendaftaran ini WAJIB diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus SM-ITB 2024 di ITB. 

 

C. ISIAN DATA DAN DOKUMEN PENDAFTARAN ULANG 

Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg.  

Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah  

  1. Kartu Peserta SM-ITB 2024 ASLI 
  2. Ijazah SMA/SMK/MA/MAK/Paket C ASLI. 
  3. Khusus lulusan tahun 2024 yang belum memperoleh Ijazah asli, diwajibkan mengunggah Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara atau Surat Keterangan Kelas XII 
    • Surat Tanda Kelulusan Sementara (STL) atau Surat Keterangan Kelas XII harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah (cap sekolah harus mengenai foto calon mahasiswa) 
    • Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA. 
  4. Ijazah asli WAJIB diunggah pada tanggal 22 Juli – 16 Agustus 2024 
  5. Akta Kelahiran ASLI  
    • Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran.  
    • Kartu Keluarga (KK) TIDAK DAPAT DIGUNAKAN sebagai pengganti dokumen Akta Kelahiran 
    • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 1 – 15 Juli 2024. 
  6. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan 
    • Yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.  
    • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB. 
    • Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa. 
    • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 1 – 15 Juli 2024. 
  7. Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata  
    • Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut: 
      • Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total maupun Parsial, untuk Fakultas/Sekolah/Program Studi berikut : 
      • Sekolah Farmasi (SF) 
      • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains 
      • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) 
      • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
      • Program Studi Kimia (FMIPA-IPA) 
    • Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total (buta warna parsial diperkenankan), untuk Fakultas/Sekolah/Program Studi berikut : 
      • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa 
      • Program Studi Teknik Kimia (FTI-SP) 
      • Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-SP) 
    • Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan 
    • Surat Keterangan harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2024. 

 

 D. BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN JADWAL PEMBAYARAN 

Besarnya biaya penyelenggaraan pendidikan yang harus dilunasi mahasiswa ITB adalah sebagai berikut: 

  1. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi mandiri (SM-ITB) meliputi: Uang Kuliah Tunggal (UKT) & Iuran Pengembangan Institusi (IPI) merupakan kewajiban seluruh mahasiswa ITB.
  2. Besaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (IPI) sebagai berikut:
    • Uang Kuliah Tunggal
      Fakultas/Sekolah Besaran UKT
      Semua program studi FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, SAPPK, dan FSRD Rp12.500.000,-
      Semua program studi di SBM Rp14.500.000,-
    •  Iurangan Pengembangan Institusi
      Fakultas/Sekolah IPI Semester I
      Semua program studi FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, SAPPK, FSRD, dan SBM Rp25.000.000,-

      Iuran Pengembangan Institusi masih dalam proses pengajuan rekomendasi dari Direktorat Pendidikan Tinggi, Kemendikbud Ristek, dan tagihan IPI akan masih dapat berubah sesuai keputusan akhir nanti

  3. Calon mahasiswa wajib melakukan pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan pada tanggal 5 – 10 Juli 2024 untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). 
  4. Tata cara pembayaran UKT dan IPI dapat diperoleh di laman https://akademik.itb.ac.id 
  5. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri, pasal 12 mengenai Pengenaan Uang Kuliah Tunggal 
    • ITB mengenakan tarif UKT bagi mahasiswa penerima beasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.  
    • Persentase jumlah mahasiswa yang dikenakan tarif UKT kelompok I dan kelompok II dan mahasiswa penerima beasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berjumlah paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari seluruh mahasiswa baru yang diterima. 

 

E. KETENTUAN BAGI PESERTA PROGRAM SM-PEMINATAN ITB DAN PROGRAM DUKUNGAN PROGRAM STUDI STRATEGIS NASIONAL 

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB melalui Program SM-Peminatan dan Program Dukungan Program Studi Strategis Nasional, berlaku ketentuan sebagai berikut: 

  1. Setelah semester pertama perkuliahan, mahasiswa akan ditempatkan di program studi sesuai saat penerimaan Program SM-Peminatan dan/atau Program Dukungan Program Studi Strategis Nasional.  
  2. Mahasiswa yang diterima melalui Program SM-Peminatan dan/atau Program Dukungan Program Studi Strategis Nasional tidak diperkenankan untuk mengajukan perpindahan program studi untuk alasan apa pun. 

 

F. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA 

Bagi seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB, berlaku ketentuan sebagai berikut: 

  1. Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.  
  2. Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data.  
  3. Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa dapat menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB. 

 

G.KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU  

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2024, dapat diperoleh di alamat: 

 Direktorat Pendidikan ITB 
 Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung 
 Website            : https://admission.itb.ac.id  
 Website            : https://akademik.itb.ac.id   
 Helpdesk          : https://helpdesk.six.itb.ac.id/  
 Whatsapp         : +62 811 210 1920 
 Instagram         : https://www.instagram.com/admission.itb/  

  

Bandung, 30 Juni 2024 

 a.n. REKTOR 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan  

Kemahasiswaan ITB, 

 Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. 

NIP.  196602281991021001 

 


 

JADWAL KEGIATAN 

 

Waktu  Kegiatan  Keterangan 
30 Juni 2024  Pengumuman Hasil Seleksi SM-ITB 2024   https://admission.itb.ac.id 
1 – 8 Juli 2024  Unduh Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru  https://admission.itb.ac.id 
1 – 8 Juli 2024  Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)  https://akademik.itb.ac.id 
8 Juli 2024  Batas akhir Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)  https://akademik.itb.ac.id 
5 – 10 Juli 2024  Pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan  https://akademik.itb.ac.id 
17 Juli 2024  Sosialisasi Kegiatan Sukses Belajar Matematika dan Sains Dasar  ITB Kampus Jatinangor 

Seluruh Fakultas/Sekolah, kecuali FSRD 

17 Juli 2024  Simulasi Pemetaan Kemampuan Matematika dan Sains Dasar  ITB Kampus Jatinangor 

Seluruh Fakultas/Sekolah, kecuali FSRD 

18 Juli 2024  Pemetaan Awal Kemampuan Matematika dan Sains Dasar  ITB Kampus Jatinangor 

Seluruh Fakultas/Sekolah, kecuali FSRD 

19 Juli 2024  Ujian Kemampuan Matematika dan Sains Dasar bagi mahasiswa yang belum lulus Pemetaan Awal  ITB Kampus Jatinangor 

Seluruh Fakultas/Sekolah, kecuali FSRD 

Mulai 22 Juli 2024  Rangkaian Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru ITB  ITB Kampus Jatinangor 

Wajib diikuti seluruh mahasiswa baru ITB 

Mulai 22 Juli 2024  Kegiatan Perkuliahan Pancasila  ITB Kampus Jatinangor 

Wajib diikuti seluruh mahasiswa baru ITB