ADMISSION

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

SFA06725

Pengumuman Hasil Seleksi Program Profesi Keinsinyuran Semester I Tahun 2025/2026 (Gelombang 1)

HARAP DIBACA DENGAN CERMAT

A. JADWAL PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

    • Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi Keinsinyuran Semester I tahun 2025/2026 Gelombang 1 dilaksanakan tanggal 31 Juli 2025 pukul 17.00 WIB melalui laman Registrasi

    • Pengumuman Hasil Seleksi  dapat diakses dengan melakukan login melalui laman Registrasi menggunakan nomor seleksi dan password yang telah diperoleh sebelumnya.

B. PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU

    • Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Program Program Profesi Keinsinyuran akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 7 Agustus 2025  melalui laman Registrasi

    • Calon mahasiswa Program Profesi Keinsinyuran DIWAJIBKAN untuk melaksanakan proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara ONLINE (DARING) pada tanggal tersebut.

C. ISIAN DATA DAN DOKUMEN

    • Calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg yang dapat dibaca secara jelas.

    • File dokumen yang harus dipersiapkan :
        • Ijazah Program Sarjana Asli

      •  

        • Bagi calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan SKL, Ijazah asli wajib diunggah paling lambat tanggal 7 Agustus 2025

    • Transkrip Akademik Program Sarjana Asli

    • Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Umum

  •  

    • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
        • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.

        • Yang dimaksud dengan Asuransi Kesehatan adalah asuransi (swasta atau BPJS) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.

        • Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa, baik yang ditanggung oleh instansi tempat bekerja atau BPJS Mandiri. ITB menerima semua kelas BPJS.

        • Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan screenshot dari aplikasi JKN Online.

        • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan, wajib diunggah paling lambat tanggal 7 Agustus 2025.

D. BIAYA PENDIDIKAN atau BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (BPP)

    • Calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan (BPP), tanggal 8 – 12 Agustus 2025  untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

    • Tata cara pembayaran BPP melalui nomor rekening virtual masing-masing calon mahasiswa dapat diperoleh di laman https://akademik.itb.ac.id pada bagian Keuangan dan Beasiswa.

    • Calon mahasiswa yang mengajukan beasiswa dari suatu Lembaga namun belum memperoleh keputusan penerimaan beasiswa, tetap diwajibkan melakukan pembayaran BPP pada tanggal 8 – 12 Agustus 2025
    • Mahasiswa bisa mengajukan refund jika menerima beasiswa dari suatu lembaga dan dibayarkan langsung kepada ITB

    • ITB tidak menyediakan fasilitas penundaan pembayaran BPP.

E. PENGAJUAN CICILAN BIAYA PENDIDIKAN

    • ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru mengajukan pembayaran biaya pendidikan (BPP) melalui skema cicilan.

    • Calon mahasiswa yang akan melakukan pelunasan BPP dengan cara cicilan, dapat mengajukan permohonan dengan cara memilih dan menyetujui pelaksanaan pelunasan BPP secara cicilan di laman Akademik pada bagian Keuangan dan Beasiswa, tanggal 8 – 12 Agustus 2025

    • Calon mahasiswa dapat memilih pembayaran BPP melalui skema cicilan 2 (dua) kali atau 3 (tiga) kali.
        • Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
            • Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dilaksanakan pada tanggal 8 – 12 Agustus 2025.

            • Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

        • Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
            • Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dilaksanakan pada tanggal 8 – 12 Agustus 2025.

            • Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

            • Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

F. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA

    • Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.

    • Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data.

    • Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.

G. RINGKASAN JADWAL PENTING

Jadwal Kegiatan Keterangan
31 Juli 2025 (mulai 17.00 WIB) Pengumuman Hasil Seleki Program Profesi Keinsinyuran ITB (Gelombang 1) Registrasi 
1 – 7 Agustus  2025 Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru  ITB secara daring SIX 
1 – 7 Agustus 2025 Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru  ITB secara daring  SIX 
8 – 12 Agustus 2025 Pembayaran Biaya Pendidikan SIX 
14 Agustus 2025 Penyambutan Mahasiswa Baru ITB  Dapat dilihat pada laman Admission ITB
20 – 26 Agustus 2025 Perwalian SIX 
1 September 2025 Hari Pertama Perkuliahan SIX 

H. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2025 dapat diperoleh di alamat :

Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB Lt 4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Whatsapp      : +62 8112101920
Website         : https://helpdesk.six.itb.ac.id
Website         : https://admission.itb.ac.id/
Instagram      : https://www.instagram.com/admission.itb/