Sekolah Farmasi (SF) ITB menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Apoteker selama dua semester bagi sarjana (S1) bidang studi Farmasi untuk menjadi Apoteker (Pharmacist). Sasaran pendidikan adalah tercapainya kompetensi apoteker sesuai dengan persyaratan nasional (Ikatan Apoteker Indonesia) dan global (The International Pharmaceutical Federation [FIP]). Dengan standar kompetensi tersebut, lulusan diarahkan sesuai minat bekerja di berbagai sektor kefarmasian :

  • Industri farmasi (formulasi, bahan baku)
  • Pelayanan kefarmasian (rumah sakit, apotik)
  • Regulasi (pengawasan, pembinaan, pengujian dan pemeriksaan)
  • Saintifik (penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan)
  • Sektor-sektor lain yang berkaitan dengan kefarmasian

Program Studi Profesi Apoteker Sekolah Farmasi ITB membuka 2 jalur peminatan, yaitu :

  1. Produksi dan Pengawasan Mutu (PPM)
  2. Pelayanan Farmasi (PF)

Kedua program peminatan tersebut memiliki perbedaan, baik pada pemilihan mata kuliah, kerja praktek profesi dan ujian akhir apoteker, disesuaikan dengan fokus bidang tugas lulusan masing-masing peminatan tersebut.

Pendaftaran calon mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB untuk semester I tahun 2021/2022 Gelombang 1 dilaksanakan di laman http://admission.itb.ac.id mulai tanggal 16 Maret – 21 April 2021. Program ini terbuka untuk pelamar umum.

Calon mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB adalah Sarjana Farmasi dari perguruan tinggi yang terakreditasi, dibuktikan dengan Ijazah asli. Calon yang bersangkutan dapat dinyatakan diterima di program studi Profesi Apoteker ITB bila lulus ujian seleksi yang akan diadakan oleh Sekolah Farmasi (SF) ITB.

Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman http://admission.itb.ac.id dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Calon mahasiswa merupakan Sarjana Farmasi dengan akreditasi Lamptkes minimum C, pada saat calon mahasiswa yang bersangkutan lulus pendidikan Sarjana (Bukti Akreditasi Lamptkes harus dilampirkan bersama Ijazah dalam 1 file pdf).
  • Belum pernah atau maksimum pernah satu kali mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Profesi Apoteker ITB.
  • Ijazah Sarjana Farmasi asli, dilampiri Bukti Akreditasi Lamptkes (minimum C).
  • Transkrip Nilai Sarjana Farmasi asli.
  • Pas Foto berwarna terbaru, dengan ukuran 4 x 6 cm.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi (dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit).
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna asli dari Dokter Spesialis Mata. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata, tidak dapat dipergunakan.
  • Surat Pernyataan Mengikuti Program Profesi Apoteker ITB. Format surat tersebut dapat diperoleh di tautan ini.
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen. Format surat tersebut dapat diperoleh di tautan ini.
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Pendidikan. Format surat tersebut dapat diperoleh di tautan ini.
  • Pelunasan biaya seleksi sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah). Pelunasan biaya seleksi dapat dilaksanakan melalui mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di laman pendaftaran program profesi Apoteker masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini.
  • ITB menyediakan subsidi biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa program Profesi Apoteker lulusan Sekolah Farmasi ITB, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di ITB. Informasi lengkap mengenai subsidi tersebut dapat diperoleh di Sekolah Farmasi ITB.

Pendaftaran calon mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online secara lengkap, termasuk mengunggah seluruh dokumen yang disyaratkan ITB, tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian seleksi di program studi dan tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.

Pendaftaran calon mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB untuk semester I tahun 2021/2022 dilaksanakan di laman http://usm.itb.ac.id sesuai dengan jadwal sebagai berikut :

Kegiatan Gelombang 1 Gelombang 2
Pendaftaran secara Online di laman https://admission.itb.ac.id16 Maret - 21 April 20201 - 29 Juni 2021
Ujian Seleksi26 April - 7 Mei 20212 - 14 Juli 2021
Pengumuman Hasil Seleksi2 Juni 202122 Juli 2021
Pendaftaran Mahasiswa Baru (tentatif)28 Juli - 7 Agustus 202128 Juli - 7 Agustus 2021
Awal PerkuliahanAkan disampaikan kemudianAkan disampaikan kemudian

Jadwal pelaksanaan Seleksi Program Profesi Apoteker ITB tahun 2021 tersebut masih mungkin mengalami perubahan, terkait kondisi kejadian luar biasa wabah Covid-19.

Biaya Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Program Profesi Apoteker ITB, sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Program Profesi Apoteker ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening Bank BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini. Pembayaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Program Profesi Apoteker ITB dilaksanakan dengan menggunakan metode transfer ke virtual account Bank BNI, dapat dilaksanakan dari berbagai channel transaksi Bank BNI, maupun dari bank lain selain Bank BNI. Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Biaya pendidikan yang dibebankan pada mahasiswa program studi Profesi Apoteker adalah sebesar Rp. 18.000.000,- (delapan belas juta rupiah) per semester untuk satu paket pendidikan selama 2 semester. Biaya pendidikan dibayarkan pada setiap awal semester.

ITB menyediakan subsidi biaya pendidikan bagi calon mahasiswa program Profesi Apoteker, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di ITB. Informasi lengkap mengenai beasiswa tersebut dapat diperoleh di Sekolah Farmasi ITB.

Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB, calon mahasiswa harus mengikuti dan lulus ujian seleksi pada jadwal yang akan disampaikan secara langsung oleh program studi Profesi Apoteker kepada para calon mahasiswa. Materi ujian seleksi mencakup 4 bidang/kelompok materi yang merupakan pilar keilmuan sebagai berikut:

  • Biologi Farmasi
  • Farmakokimia
  • Farmakologi – Farmasi Klinik
  • Farmasetika

Ujian berlangsung dalam 4 sesi, masing-masing sesi lamanya 45 menit, dengan istirahat 5 menit antar sesi. Soal ujian seleksi dapat berupa pilihan ganda dan/atau uraian (essay), difokuskan pada penyelesaian masalah kefarmasian.

Peserta ujian seleksi program studi Profesi Apoteker ITB harus memenuhi ketentuan berikut :

  • Jadwal dan Tata Cara pelaksanaan ujian seleksi Program Profesi Apoteker akan disampaikan kemudian secara langsung kepada calon mahasiswa.
  • Ujian akan dilaksanakan secara daring.
  • Calon peserta diwajibkan memiliki Kartu Peserta Seleksi Program Studi Profesi Apoteker dari laman http://admission.itb.ac.id.

Sebelum pelaksanaan ujian, akan diselenggarakan Briefing Pelaksanaan Ujian Seleksi Program Profesi Apoteker ITB, satu hari sebelum pelaksanaan ujian seleksi. Kegiatan ini WAJIB diikuti oleh seluruh calon peserta ujian. Peserta yang tidak mengikuti Briefing Pelaksanaan Ujian Seleksi Program Profesi Apoteker ITB tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian seleksi.

Informasi selengkapnya mengenai pelaksanaan ujian seleksi program studi Profesi Apoteker ITB dapat diperoleh di :

Sekolah Farmasi

Gd. Yusuf Panigoro (Labtek VII), Lantai 1 (loket 6)

Jl. Ganesha No. 10, Bandung 40132

Telp/Fax. 022 2514125, 022 2504852

Program Studi Profesi Apoteker Sekolah Farmasi ITB membuka 2 jalur peminatan, yaitu :

  1. Produksi dan Pengawasan Mutu (PPM)
  2. Pelayanan Farmasi (PF)

Kedua program peminatan tersebut memiliki perbedaan, baik pada pemilihan mata kuliah, kerja praktek profesi dan ujian akhir apoteker, disesuaikan dengan fokus bidang tugas lulusan masing-masing peminatan tersebut.