Pendaftaran calon mahasiswa baru program Magister ITB untuk periode perkuliahan Januari 2022 akan dilaksanakan mulai tanggal 7 September - 10 Desember 2021, dalam 3 gelombang pelaksanaan.

Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana Gelombang 1 (masa perkuliahan semester II tahun 2021/2022) tanggal 7 September -  8 Oktober 2021.

Selain dari program Magister reguler, ITB juga menawarkan program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR). Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan seraya fokus dalam melakukan riset secara mandiri. Saat ini terdapat 13 program studi yang menawarkan program MBR, yaitu : 

    • Magister Matematika (FMIPA)
    • Magister Fisika (FMIPA)
    • Magister Sains Komputasi (FMIPA)
    • Magister Farmasi (SF)
    • Magister Informatika (STEI)
    • Magister Teknik Geodesi dan Geomatika (FITB)
    • Magister Teknik Air Tanah (FITB)
    • Magister Teknologi Nano (SPs)
    • Magister Teknik Kimia (FTI)
    • Magister Teknik Fisika (FTI)
    • Magister Instrumentasi dan Kontrol (FTI)
    • Magister Teknik dan Manajemen Industri (FTI)
    • Magister Logistik (FTI)

Seleksi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB terdiri atas 3 tahapan, yaitu

  1. Seleksi Kelengkapan Dokumen Persyaratan, yang terdiri atas :
    1. Ijazah/bukti kelulusan dari tahapan pendidikan sebelumnya 
    2. Transkrip dari tahapan pendidikan sebelumnya
    3. Surat Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose)
    4. Bukti Kepemilikan Asuransi
    5. Rekomendasi dari 2 orang (dosen atau atasan)
    6. Surat Kesediaan Mengikuti Program Pascasarjana ITB
    7. Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Pascasarjana ITB
    8. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
  2. Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB 
  3. Seleksi Kemampuan Akademik, yang dilaksanakan di program studi tujuan.

Calon mahasiswa yang telah lulus seleksi kelengkapan dokumen persyaratan dan seleksi kemampuan akademik, diberikan kesempatan menyelesaikan seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan/atau nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB pada tanggal 5 Januari 2022, pukul 23.59 WIB.

JIka calon mahasiswa gagal menyerahkan bukti nilai minimum TPA Bappenas dan/atau nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB pada waktu yang telah ditentukan, diberi kesempatan untuk mengajukan Permohonan Pengalihan Penerimaan ke semester berikutnya, hingga paling lambat tanggal 5 Januari 2022

  • Lulusan Program Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.
  • Bagi pelamar yang menggunakan Ijazah/Sertifikat Setara Ijazah jenjang D4, calon yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti Program Matrikulasi, bila dinyatakan lulus seleksi di ITB.
  • Pelamar program magister ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut :
    • Persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris, dalam bentuk :
      • TOEFL iBT minimum sebesar 56, atau
      • TOEFL ITP minimum sebesar 475, atau
      • TOEIC minimum sebesar 500, atau
      • IELTS minimum sebesar 5, atau
      • ELPT ITB minimum sebesar 77
    • Memenuhi persyaratan TPA Bappenas minimum sebesar 475
    • Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas dan TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.
    • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB. 
  • Sesuai dengan Peraturan Akademik ITB, pasal 18 ayat (3) :
    • Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana ITB dapat dibatalkan apabila yang bersangkutan:
      1. Terbukti melakukan kecurangan pada saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.
      2. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program Pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah dinyatakan drop out.
      3. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program Pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah mengajukan pengunduran diri (UNDRI) dari program studi tersebut, dikecualikan untuk mahasiswa Program Pascasarjana yang mengajukan pengunduran diri dengan alasan non-akademis yang dapat diterima oleh ITB.

 

Calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Ijazah program Sarjana asli. Bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan, serta mencantumkan keterangan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan tingkat Sarjana dan lulus minimum 144 SKS/lulus Yudisium. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  • Transkrip program Sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris asli, sesuai dengan ketentuan di atas.
  • Sertifikat TPA Bappenas asli, sesuai dengan ketentuan di atas
  • Ketentuan mengenai persyaratan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah sebagai berikut :
    • Calon mahasiswa mengunggah dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang sesuai dengan ketentuan ITB di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana pada masa pendaftaran calon mahasiswa ITB.
    • Dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes) pada tanggal 17 Januari 2022.
    • Bagi pelamar program Magister di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang bukan calon penerima beasiswa, persyaratan Sertifikat Nilai TPA Bappenas asli digantikan dengan mengunggah Portofolio
    • Berkenaan dengan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, khusus bagi calon mahasiswa yang mengalami kesulitan memperoleh dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB, dapat melengkapi kedua dokumen persyaratan tersebut pada tanggal yang dijanjikan calon mahasiswa di laman pendaftaran program Pascasarjana ITB. Batas akhir pengunggahan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah tanggal 5 Januari 2022, pukul 23.59 WIB.
    • Harap menjadi perhatian, persyaratan pemenuhan TOEFL dan TPA bisa berubah sesuai kondisi. Calon mahasiswa diwajibkan memonitor pengumuman yang akan diberikan melalui laman https://admission.itb.ac.id. 
  • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. 
    • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).
    • Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS.
    • Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah Kartu Peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan screenshot dari aplikasi JKN Online.
    • Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online
  • Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. 
    • Rekomendasi tersebut diisikan ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. 
    • Pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
  • Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) pelamaran program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, setelah calon mahasiswa melakukan login.
  • Pelunasan Biaya Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB. 
    • Besaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB 
      • Peminat SBM ITB : Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per pendaftaran
      • Peminat Fakultas/Sekolah selain SBM ITB : Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per pendaftaran
    • Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. 
    • Biaya Pelaksanaan Seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.
  • Surat Kesediaan Mengikuti Program Magister ITB
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Magister ITB
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Selain dari persyaratan di atas, khusus bagi peserta yang memilih program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR), diminta untuk melengkapi persyaratan berikut :

  • Portofolio Pelamar dan Bukti Capaian Riset
  • Proposal Rencana Riset
  • Kesediaan Calon Dosen Pembimbing, diisi secara daring melalui tautan yang dikirimkan ke alamat email calon dosen pembimbing
  • Rekomendasi Calon Dosen Pembimbing, diisi secara daring melalui tautan yang dikirimkan ke alamat email calon dosen pembimbing

Pendaftaran calon mahasiswa program Magister ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB, akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Magister ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

 

Calon mahasiswa yang memerlukan informasi tes TPA Bappenas atau TOEFL ITP/ELTP dapat menghubungi laman berikut :

Proses seleksi mahasiswa pascasarjana ITB tidak terafiliasi dengan tempat tes di daftar ini kecuali sebagai informasi untuk memudahkan calon pendaftar.

 

Sebelum melakukan pendaftaran online, calon mahasiswa diharuskan membaca persyaratan dan ketentuan pendaftaran program Pascasarjana ITB dan langkah-langkah pendaftaran online yang ada di bawah ini. Kemudian silakan melakukan proses pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana

Langkah-langkah pendaftaran online:

 

REGISTRASI

Calon mahasiswa dipersilakan melakukan registrasi di laman  https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan menggunakan alamat e-mail yang valid. Sistem akan mengirimkan nomor seleksi dan password ke alamat e-mail tersebut yang akan digunakan untuk proses login selanjutnya. Calon mahasiswa yang telah memiliki nomor seleksi dan password dapat melakukan login di laman yang sama.

 

PENGISIAN DATA CALON MAHASISWA

Setelah melakukan login, calon mahasiswa dipersilakan mengisi data-data sebagai berikut :

Biodata

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi biodata dengan data-data terbaru. Data instansi tempat kerja diisi dengan alamat dan instansi tempat kerja calon mahasiswa saat ini, atau dapat dikosongkan. Data terkait Asuransi Kesehatan wajib diisi, bila belum ada, dapat diisi dengan “belum ada”.

Alamat

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi alamat tempat tinggal saat ini. Alamat selama kuliah dapat diisi “belum ada”, sedangkan alamat darurat dapat diisi dengan alamat orang tua/penanggung jawab calon mahasiswa.

Asal Pendidikan

Calon mahasiswa mengisikan data pendidikan asalnya sesuai dengan data yang tercantum di Ijazah pendidikan sarjana dan magister (khusus bagi pelamar program doktor). Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Ijazah dan melamar dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL), kolom Bulan dan Tahun Keluar Ijazah diisi dengan tanggal perkiraan terbitnya Ijazah yang bersangkutan, sedangkan nomor Ijazah diisi dengan nomor Surat Keterangan Lulus (SKL) tersebut.

Data akreditasi perguruan tinggi asal dan data akreditasi program studi asal calon mahasiswa harus diisi. Calon mahasiswa dipersilakan menghubungi perguruan tinggi asalnya untuk memperoleh informasi tersebut.

Program Studi

Sebelum mengisikan data program studi yang dipilih, pastikan program studi tersebut menerima calon mahasiswa baru pada gelombang saat anda mendaftar. Informasi tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/pascasarjana/magister atau https://admission.itb.ac.id/home/pascasarjana/doktor, pada bagian Program Studi.

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi jenis program pendidikan dan pilihan program studinya di ITB. Bila diperlukan, calon mahasiswa dapat memilih konsentrasi yang diminatinya.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree, dapat memilih program yang diminatinya di bagian ini. Persyaratan umum bagi peminat program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree tidak berbeda dengan persyaratan bagi peminat program reguler.

Sumber Dana

Calon mahasiswa mengisikan data rencana sumber dana pembiayaan pendidikannya. Bagi calon mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa atau merupakan peserta program kerjasama, silakan isi dengan pilihan beasiswa, serta mencantumkan instansi sumber beasiswa/kerja samanya.

Bila calon mahasiswa belum memperoleh beasiswa atau pengajuan beasiswanya belum disetujui oleh instansi pemberi beasiswa, dipersilakan memilih pilihan “pribadi” sebagai sumber dana biaya pendidikannya.

Sebagai informasi tambahan, bagi calon mahasiswa yang memilih program Beasiswa, ITB tidak memberikan fasilitas penundaan pembayaran biaya pendidikan. Silakan melunasi biaya pendidikan secara pribadi terlebih dahulu pada waktu yang ditentukan. Mahasiswa dapat mengajukan refund, setelah beasiswa yang diikutinya dibayarkan secara langsung ke ITB.

Unggah Dokumen

Calon mahasiswa mengunggah semua dokumen yang disyaratkan ITB, di bagian ini. Silakan pilih terlebih dahulu jenis dokumen yang akan diunggah, sebelum memilih file dokumen dan mengunggahnya di kolom yang tersedia. Dokumen yang harus diunggah adalah :

    • Ijazah program Magister asli (bagi pelamar program Doktor).
    • Transkrip program Magister asli (bagi pelamar program Doktor), dengan Indeks Prestasi minimum 3.00, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
    • Ijazah program Sarjana asli
    • Transkrip program Sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir. Khusus bagi lulusan program Alih Jenjang, diharuskan mengunggah transkrip D3 dan S1 secara lengkap dalam 1 file pdf.
    • Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) asli, sesuai dengan ketentuan yang tercantum di bagian Persyaratan Peserta.
    • Sertifikat TPA Bappenas asli, sesuai dengan ketentuan yang tercantum di bagian Persyaratan Peserta.
    • Khusus bagi calon mahasiswa yang belum memiliki dokumen persyaratan TPA dan/atau TOEFL, diharuskan mengunggah Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan TPA/TOEFL sebagai pengganti dokumen persyaratan TPA dan/atau TOEFL tersebut. Format Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan TPA/TOEFL dapat diunduh di laman Unggah Dokumen, setelah memilih TPA atau TOEFL pada bagian Jenis Dokumen yang akan diunggah.
      • Batas akhir pengunggahan dokumen TPA Bappenas asli dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB asli adalah tanggal 5 Januari 2022, pukul 23.59 WIB.
      • Harap menjadi perhatian, persyaratan pemenuhan TOEFL dan TPA bisa berubah sesuai kondisi. Calon mahasiswa diwajibkan memonitor pengumuman yang akan diberikan melalui laman https://admission.itb.ac.id. 
    • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit.
      • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).
      • Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS.
      • Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah Kartu Peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan screenshot dari aplikasi JKN Online.
      • Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online.
    • Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) pelamaran program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, setelah calon mahasiswa melakukan login. Pelamar program Doktor tidak perlu mengunggah dokumen ini.
    • Proposal Usulan Penelitian (bagi pelamar program Doktor), yang mencantumkan beberapa hal sebagai berikut :
      • Minat dan Tujuan mengikuti pendidikan program Doktor di ITB
      • Bidang kajian yang ingin dipelajari
      • Usulan Topik Penelitian.
    • Surat Kesediaan Mengikuti Program Magister/Doktor ITB yang telah ditandatangani di atas meterai Rp. 10.000,-. Format dokumen dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, setelah calon mahasiswa melakukan login.
    • Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Magister/Doktor ITB yang telah ditandatangani penanggung jawab biaya pendidikan calon mahasiswa. Format dokumen dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, setelah calon mahasiswa melakukan login.
    • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen yang telah ditandatangani di atas meterai Rp. 10.000,-. Format dokumen dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, setelah calon mahasiswa melakukan login.

 

Rekomendasi

Sesuai dengan persyaratan ITB, calon mahasiswa program pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon pemberi rekomendasi sebelum melaksanakan pendaftaran program pascasarjana ITB. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.

Calon mahasiswa dipersilakan untuk mengisikan paling sedikit 2 alamat e-mail pemberi rekomendasi. Kolom alamat e-mail ketiga dapat diisi bila dirasakan perlu. Sistem akan mengirimkan tautan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi untuk dapat mengisi formulir rekomendasi bagi calon mahasiswa yang bersangkutan secara online. Rekomendasi tersebut akan disimpan di dalam sistem dan akan disampaikan ke program studi tujuan secara otomatis, setelah calon mahasiswa menyelesaikan pendaftarannya. ITB menyarankan agar calon mahasiswa kembali menghubungi pemberi rekomendasi segera setelah menyelesaikan pengisian pendaftaran online, terkait pemberian rekomendasi secara online tersebut.

Finalisasi

Setelah seluruh data dan dokumen persyaratan dilengkapi calon mahasiswa, silakan lakukan finalisasi. Mohon memperhatikan bahwa proses finalisasi hanya dapat dilaksanakan bila seluruh data telah diisi lengkap dan seluruh dokumen yang disyarat telah diunggah.

Setelah proses finalisasi dilaksanakan, calon mahasiswa tidak dapat lagi melakukan perbaikan pada data pendaftaran atau pada dokumen yang telah diunggah, kecuali bila diminta melakukan perbaikan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan ITB.

Pelunasan Biaya Pendaftaran

Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Calon mahasiswa juga dapat melaksanakan pembayaran melalui Kartu Kredit.

 

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Pendaftaran calon mahasiswa program Magister ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Setelah seluruh data dan dokumen pendaftaran berhasil diunggah, calon mahasiswa tidak perlu mengirimkan/menyerahkan dokumen pendaftaran secara fisik ke ITB. ITB tidak menerima dokumen fisik apa pun berkaitan dengan pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa pascasarjana ITB.

Seleksi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB terdiri atas 3 tahapan, yaitu

  • Seleksi Kelengkapan Dokumen Persyaratan
  • Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB
  • Seleksi Kemampuan Akademik, yang dilaksanakan di program studi tujuan. 

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB, akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Magister ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester II tahun 2021/2022 adalah sebagai berikut :

Kegiatan

Gel 1

Gel 2

Gel 3

Pendaftaran Peserta Online

7 September - 8 Oktober 2021 (mulai 17.00 WIB)

12 Oktober- 12 November 2021 (mulai 17.00 WIB)

15 November - 10 Desember 2021 (mulai 17.00 WIB)

Seleksi di Program Studi

11 - 22 Oktober 2021

15 - 26 November 2021

13 - 23 Desember 2021

Pengumuman Hasil Seleksi

28 Oktober 2021 (17.00 WIB)

2 Desember 2021 (17.00 WIB)

30 Desember 2021 (17.00 WIB)

Pendaftaran ulang dalam jaringan (Online)

6 - 10 Desember 2021

6 - 10 Desember 2021

3 - 7 Januari 2022

Pembayaran Biaya Pendidikan

13 - 17 Desember 2021

13 - 17 Desember 2021

10 - 13 Januari 2022

Hari Pertama Perkuliahan

17 Januari 2022

17 Januari 2022

17 Januari 2022

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman

https://admission.itb.ac.id/home/pascasarjana/magister

Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar program Magister di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual (Virtual Account) yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Calon mahasiswa juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Kartu Kredit. Biaya pelaksanaan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Program Magister ITB adalah sebagai berikut :

BPP Program Magister pada Fakultas/Sekolah selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Program Studi BPP per semester
Magister Rp. 13.500.000,-
Khusus Magister Farmasi Industri Rp. 22.000.000,-
Kelas Internasional Rp. 35.000.000,-

BPP Program Magister pada Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Program Studi Magister Sains Manajemen

Program Studi BPP per semester
Magister Sains Manajemen Rp. 13.500.000,-

BPP Program Magister pada Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Program Studi Magister Administrasi Bisnis Kampus Ganesha

Program BPP per semester
Young Professional Rp. 25.000.000,-
Creative and Cultural Enterpreneurship Rp. 25.000.000,-
Executive MBA Rp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) non Executive MBA Rp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) Executive MBA Rp. 40.000.000,-

BPP Program Magister pada Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Program Studi Magister Administrasi Bisnis Kampus Jakarta

Program BPP per semester
Enterpreneurship Rp. 25.000.000,-
General Management Rp. 25.000.000,-
Business Leadership Rp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) non Executive MBA Rp. 30.000.000,-
Program Kembaran (Double Degree) Executive MBA Rp. 40.000.000

Informasi tata cara pelunasan Biaya Pendidikan dapat diperoleh di laman https://akademik.itb.ac.id pada bagian Keuangan dan Beasiswa.

Mulai tahun 2020, ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan UKT. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut :

  1. Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
    2. Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
  2. Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
    2. Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
    3. Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

 

 

Sebelum saudara melakukan pendaftaran online, maka saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online. Kemudian, silahkan melakukan proses pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. Calon mahasiswa hanya dapat mendaftarkan diri pada gelombang dimana program studi tujuannya menerima calon mahasiswa.

Berikut adalah daftar program studi yang dibuka pada Penerimaan Mahasiswa Baru ITB Semester I dan Semester II tahun 2021/2022:

Fakultas/Sekolah

Strata

Program Studi

Semester II tahun 2021/2022

Gel 1

Gel 2

Gel 3

FITB

Doktor

Sains Kebumian

V

V

V

FITB

Doktor

Teknik Geodesi dan Geomatika

V

V

V

FITB

Doktor

Teknik Geologi

V

V

V

FITB

Magister

Sains Kebumian

V

V

V

FITB

Magister

Teknik Air Tanah

V

V

V

FITB

Magister

Teknik Geodesi dan Geomatika

V

V

V

FITB

Magister

Teknik Geologi

V

V

V

FMIPA

Doktor

Astronomi

V

V

V

FMIPA

Doktor

Fisika

V

V

V

FMIPA

Doktor

Kimia

X

X

V

FMIPA

Doktor

Matematika

X

X

X

FMIPA

Doktor

Rekayasa Nuklir

V

V

V

FMIPA

Magister

Aktuaria

X

X

X

FMIPA

Magister

Astronomi

V

V

V

FMIPA

Magister

Fisika

V

V

V

FMIPA

Magister

Kimia

X

X

V

FMIPA

Magister

Matematika

X

X

V

FMIPA

Magister

Pengajaran Fisika

V

V

V

FMIPA

Magister

Pengajaran Kimia

X

X

V

FMIPA

Magister

Pengajaran Matematika

V

V

V

FMIPA

Magister

Sains Komputasi

V

V

V

FMIPA

Magister

Ilmu dan Rekayasa Nuklir

V

V

V

FSRD

Doktor

Ilmu Seni Rupa dan Desain

X

X

X

FSRD

Magister

Desain

X

X


(Khusus kerma)

FSRD

Magister

Seni Rupa

X

X

X

FTI

Doktor

Teknik Fisika

V

V

V

FTI

Doktor

Teknik Kimia

V

V

V

FTI

Doktor

Teknik Manajemen Industri

X

X

x

FTI

Magister

Instrumentasi dan Kontrol

V

V

V

FTI

Magister

Logistik

X

X

X

FTI

Magister

Teknik Fisika

V

V

V

FTI

Magister

Teknik Kimia

X

X

X

FTI

Magister

Teknik Manajemen Industri

X

X

X

FTMD

Doktor

Teknik Dirgantara

X

V

V

FTMD

Doktor

Ilmu dan Teknik Material

X

V

V

FTMD

Doktor

Teknik Mesin

X

V

V

FTMD

Magister

Teknik Dirgantara

X

V

V

FTMD

Magister

Ilmu dan Teknik Material

X

V

V

FTMD

Magister

Teknik Mesin

X

V

V

FTSL

Doktor

Teknik Lingkungan

X

X

V

FTSL

Doktor

Teknik Sipil

V

V

V

FTSL

Magister

Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi

V

V

V

FTSL

Magister

Pengelolaan Sumber Daya Air

X

X

V

FTSL

Magister

Sistem dan Teknik Jalan Raya

X

X

X

FTSL

Magister

Teknik Kelautan

V

V

V

FTSL

Magister

Teknik Lingkungan

X

X

V

FTSL

Magister

Teknik Sipil

V

V

V

FTTM

Doktor

Rekayasa Pertambangan

V

V

V

FTTM

Doktor

Teknik Geofisika

V

V

V

FTTM

Doktor

Teknik Perminyakan

X

X

X

FTTM

Magister

Rekayasa Pertambangan

V

V

V

FTTM

Magister

Teknik Geofisika

V

V

V

FTTM

Magister

Teknik Geotermal

X

X

X

FTTM

Magister

Teknik Metalurgi

V

V

V

FTTM

Magister

Teknik Perminyakan

X

V

V

SAPPK

Doktor

Arsitektur

V

V

V

SAPPK

Doktor

Perencanaan Wilayah dan Kota

X

X

X

SAPPK

Doktor

Transportasi

V

V

V

SAPPK

Magister

Arsitektur (Alur Riset)

X

X

X

SAPPK

Magister

Arsitektur (Alur Desain)

X

X

X

SAPPK

Magister

Arsitektur Lanskap

V

V

V

SAPPK

Magister

Perencanaan Kepariwisataan

V

V

V

SAPPK

Magister

Perencanaan Wilayah dan Kota

X

X

X

SAPPK

Magister

Rancang Kota

X

X

X

SAPPK

Magister

Studi Pembangunan

V

V

V

SAPPK

Magister

Transportasi

V

V

V

SBM

Doktor

Sains Manajemen

V

V

V

SBM

Magister

Administrasi Bisnis Kampus Bandung

V

V

V

SBM

Magister

Administrasi Bisnis Kampus Jakarta

V

V

V

SBM

Magister

Sains Manajemen

X

X

X

SF

Doktor

Farmasi

V

X

V

SF

Magister

Farmasi

V

X

V

SF

Magister

Farmasi Industri

X

X

X

SF

Magister

Keolahragaan

X

X

X

SITH

Doktor

Biologi

V

V

V

SITH

Magister

Biologi

V

V

V

SITH

Magister

Biomanajemen

V

V

V

SITH

Magister

Bioteknologi

X

X

X

SPS

Doktor

Sains dan Teknologi Nano

V

V

V

SPS

Magister

Teknologi Nano

V

V

V

STEI

Doktor

Teknik Elektro dan Informatika

X

V

V

STEI

Magister

Informatika

X

X

X

STEI

Magister

Teknik Elektro

V

V

V