Pendaftaran calon mahasiswa baru Program Doktor ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2023 (semester I tahun akademik 2023/2024) akan dilaksanakan mulai 1 Februari 2023. Pendaftaran program ini akan dilaksanakan dalam 6 gelombang penerimaan.

Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Doktor Gelombang 1 (masa perkuliahan semester I tahun 2023/2024) tanggal 1 - 25 Februari 2023.

Seleksi calon mahasiswa Program Doktor ITB terdiri atas 3 tahapan, yaitu:

  1. Seleksi kelengkapan dokumen persyaratan, yang terdiri atas:
    1. Ijazah/bukti kelulusan dari tahapan pendidikan sebelumnya 
    2. Transkrip dari tahapan pendidikan sebelumnya
    3. Proposal penelitian
    4. Bukti kepemilikan asuransi
    5. Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan)
    6. Surat kesediaan mengikuti Program Pascasarjana ITB
    7. Surat pernyataan kesanggupan membiayai Program Pascasarjana ITB
    8. Surat pernyataan keaslian dokumen
  2. Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan lolos nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB 
  3. Seleksi kemampuan akademik yang dilaksanakan di program studi tujuan.

Calon mahasiswa yang telah lulus seleksi kelengkapan dokumen persyaratan dan seleksi kemampuan akademik diberikan kesempatan untuk menyelesaikan seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan/atau nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB hingga  5 Agustus 2023, pukul 23.59 WIB.

JIka calon mahasiswa gagal menyerahkan bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan/atau lolos nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB pada waktu yang telah ditentukan dapat diberi kesempatan untuk mengajukan Permohonan Pengalihan Penerimaan ke semester berikutnya hingga paling lambat tanggal 5 Agustus 2023.

 

Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi diharuskan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) dan Ujian Potensi Dasar Akademik/TPA yang diselenggarakan ITB. 

Calon mahasiswa Program Doktor ITB merupakan lulusan program Magister (S-2) dari perguruan tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai. Pelamar Program Doktor ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:

  • Memiliki indeks prestasi (IP) program magister minimum 3,00
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilakukan oleh program studi tujuan
  • Calon mahasiswa doktor diwajibkan sudah mempunyai calon promotor terlebih dahulu sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB. 

Sesuai dengan Peraturan Akademik ITB, pasal 18 ayat (3) : “Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana ITB dapat dibatalkan apabila yang bersangkutan”:

  1. Terbukti melakukan kecurangan pada saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.
  2. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program Pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah dinyatakan drop out.
  3. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program Pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah mengajukan pengunduran diri (UNDRI) dari program studi tersebut, dikecualikan untuk mahasiswa Program Pascasarjana yang mengajukan pengunduran diri dengan alasan nonakademis yang dapat diterima oleh ITB. 

 

Calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman Registrasi dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut:

  • Ijazah program sarjana asli
  • Ijazah program magister asli. Bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh rektor atau dekan, serta mencantumkan keterangan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan tingkat magister dan lulus yudisium. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan ijazah asli pada saat pendaftaran mahasiswa baru ITB. 
  • Transkrip program sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir
  • Transkrip program magister asli, dengan indeks prestasi minimum 3.00, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki asuransi kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).
    • Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS.
    • Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah kartu peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan tangkapan layar (screenshot) dari aplikasi JKN online. Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau tangkapan layar (screenshot) dari JKN online
  • Pas foto
  • Surat kesediaan mengikuti Program Doktor ITB
  • Surat pernyataan kesanggupan membiayai Program Doktor ITB
  • Surat pernyataan keaslian dokumen
  • Proposal usulan penelitian, yang mencantumkan beberapa hal sebagai berikut:
    • Minat dan tujuan mengikuti pendidikan Program Doktor di ITB
    • Bidang kajian yang ingin dipelajari
    • Usulan topik penelitian.
  • Sertifikat TPA Bappenas asli atau Hasil Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB. Persyaratan nilai TPA Bappenas/UPDA ITB minimum sebesar 475.
    • Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi disarankan untuk mengikuti Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA)/TPA yang diselenggarakan ITB. 
    • Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut. ITB hanya menerima sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB dan/atau TPA Bappenas yang dikirimkan langsung oleh lembaga resmi penyelenggara TPA Bappenas ke ITB
    • Calon Peserta Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, dapat mendaftarkan diri di laman http://rupda.itb.ac.id/ dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor seleksi program pascasarjana ITB
  • Sertifikat kemampuan bahasa Inggris asli, dalam bentuk :
    • TOEFL iBT (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL ITP (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 475, atau
    • TOEIC (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 500, atau
    • IELTS (diakui oleh ielts.org) minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77
    • Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi disarankan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) yang diselenggarakan ITB. 
    • Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut. ITB hanya menerima sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang dikirimkan langsung oleh lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL/IELTS/ELPT ITB ke ITB. 
    • Calon peserta Tes Kemampuan Bahasa Inggris dapat mendaftarkan diri di laman https://psdm.itb.ac.id/
  • Ketentuan mengenai persyaratan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah sebagai berikut:
    • Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester I tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi disarankan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) dan Ujian Potensi Dasar Akademik/TPA yang diselenggarakan ITB
    • Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB dan/atau TPA Bappenas yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut. ITB hanya menerima sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB dan/atau TPA Bappenas yang dikirimkan langsung oleh lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL/IELTS/ELPT ITB dan/atau TPA Bappenas ke ITB. Pengiriman dokumen tersebut dapat dilakukan lembaga penyelenggara tes ke alamat postgraduate@office.itb.ac.id
    • Khusus bagi peserta tes IELTS, ITB dapat menerima dokumen hardcopy yang dikirimkan langsung oleh penyelenggara tes. Calon mahasiswa dapat meminta penyelenggara tes untuk mengirimkan sertifikat IELTS resmi ke alamat berikut :
      Direktorat Pendidikan ITB
      u.p Kasubdit Administrasi Penerimaan Mahasiswa
      Gedung CCAR ITB lantai 4
      Jln. Tamansari no. 64 Bandung 40116
      Jawa Barat
    • Dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes) pada 11 Agustus 2023.
    • Bagi calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri dan/atau berkewarganegaraan asing, berlaku ketentuan berikut:
      • Calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri yang mengikuti pendidikan dalam program berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris, dengan melampirkan bukti dari perguruan tinggi asalnya.
      • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang berasal dari negara berbahasa Inggris dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris
      • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang memiliki indeks prestasi (GPA) sekurang-kurangnya 3.25 (skala 4) atau setara di pendidikan strata sebelumnya, dibebaskan dari persyaratan dokumen potensi dasar akademik.
    • Pelamar program Doktor yang merupakan lulusan program Magister ITB per tanggal 1 Agustus 2021 atau setelahnya, dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris dan sertifikat Ujian Potensi Dasar Akademik/TPA. 
    • Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas dan TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.
  • Rekomendasi dari calon promotor  di program studi tujuan calon mahasiswa.
  • Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Rekomendasi tersebut diisikan ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi.
    • Pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
  • Pelunasan biaya pelaksanaan seleksi mahasiswa pascasarjana ITB
    • Besaran biaya pelaksanaan seleksi mahasiswa pascasarjana ITB:
      • Peminat SBM ITB: Rp750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per pendaftaran
      • Peminat fakultas/sekolah selain SBM ITB: Rp600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per pendaftaran
    • Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS. Pelunasan biaya pelaksanaan seleksi mahasiswa pascasarjana ITB dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. 
    • Biaya pelaksanaan seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Pendaftaran calon mahasiswa Program Doktor ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta pada laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB, akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa Program Doktor ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian jadwal tes program studi.

Sebelum melakukan pendaftaran online, calon mahasiswa diharuskan membaca persyaratan dan ketentuan pendaftaran Program Pascasarjana ITB dan langkah-langkah pendaftaran online yang ada di bawah ini. Kemudian silakan melakukan proses pendaftaran di laman Registrasi.

Langkah-langkah pendaftaran online:

REGISTRASI

Calon mahasiswa dipersilakan melakukan pendaftaran di laman Registrasi dengan menggunakan alamat e-mail yang valid. Sistem akan mengirimkan nomor seleksi dan password ke alamat e-mail tersebut yang akan digunakan untuk proses login selanjutnya. Calon mahasiswa yang telah memiliki nomor seleksi dan password dapat melakukan login di laman yang sama.

PENGISIAN DATA CALON MAHASISWA

Setelah melakukan , calon mahasiswa dipersilakan mengisi data-data sebagai berikut:

Biodata

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi biodata dengan data-data terbaru. Data instansi tempat kerja diisi dengan alamat dan instansi tempat kerja calon mahasiswa saat ini, atau dapat dikosongkan. Data terkait asuransi kesehatan wajib diisi, bila belum ada, dapat diisi dengan “belum ada”.

Alamat

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi alamat tempat tinggal saat ini. Alamat selama kuliah dapat diisi “belum ada”, sedangkan alamat darurat dapat diisi dengan alamat orang tua/penanggung jawab calon mahasiswa.

Asal Pendidikan

Calon mahasiswa mengisikan data pendidikan asalnya sesuai dengan data yang tercantum di ijazah pendidikan sarjana dan magister (khusus bagi pelamar program doktor). Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki ijazah dan melamar dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL), kolom bulan dan tahun keluar ijazah diisi dengan tanggal perkiraan terbitnya ijazah yang bersangkutan, sedangkan nomor ijazah diisi dengan nomor Surat Keterangan Lulus (SKL) tersebut. Surat Keterangan Lulus harus menyatakan telah lulus yudisium dari tingkat pendidikan tersebut.

Data akreditasi perguruan tinggi asal dan data akreditasi program studi asal calon mahasiswa harus diisi. Calon mahasiswa dipersilakan menghubungi perguruan tinggi asalnya untuk memperoleh informasi tersebut.

Program Studi

Sebelum mengisikan data program studi yang dipilih, pastikan program studi tersebut menerima calon mahasiswa baru pada gelombang saat anda mendaftar. Informasi tersebut dapat diperoleh di laman Magister atau Doktor, pada bagian program studi.

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi jenis program pendidikan dan pilihan program studinya di ITB. Bila diperlukan, calon mahasiswa dapat memilih konsentrasi yang diminatinya.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree, dapat memilih program yang diminatinya di bagian ini. Persyaratan umum bagi peminat program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree tidak berbeda dengan persyaratan bagi peminat program reguler.

Sumber Dana

Calon mahasiswa mengisikan data rencana sumber dana pembiayaan pendidikannya. Bagi calon mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa atau merupakan peserta program kerja sama, silakan isi dengan pilihan beasiswa, serta mencantumkan instansi sumber beasiswa/kerja samanya.

Bila calon mahasiswa belum memperoleh beasiswa atau pengajuan beasiswanya belum disetujui oleh instansi pemberi beasiswa, dipersilakan memilih pilihan “pribadi” sebagai sumber dana biaya pendidikannya.

Sebagai informasi tambahan, bagi calon mahasiswa yang memilih program Beasiswa, ITB tidak memberikan fasilitas penundaan pembayaran biaya pendidikan. Silakan melunasi biaya pendidikan secara pribadi terlebih dahulu pada waktu yang ditentukan. Mahasiswa dapat mengajukan pengembalian (refund), setelah beasiswa yang diikutinya dibayarkan secara langsung ke ITB.

Unggah Dokumen

Calon mahasiswa mengunggah semua dokumen yang disyaratkan ITB, di bagian ini. Silakan pilih terlebih dahulu jenis dokumen yang akan diunggah, sebelum memilih file dokumen dan mengunggahnya di kolom yang tersedia. Dokumen yang harus diunggah adalah:

    • Ijazah program sarjana asli
    • Ijazah program magister asli
    • Transkrip program sarjana asli, mulai semester 1 s.d. semester terakhir. Khusus bagi lulusan program alih jenjang, diharuskan mengunggah transkrip D-3 dan S-1 secara lengkap dalam 1 file pdf.
    • Transkrip program magister asli, mulai semester 1 s.d. semester terakhir, mencantumkan Indeks Prestasi (IP) minimum 3,00.
    • Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit.
      • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki asuransi kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikanya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang)
      • Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS
      • Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah kartu peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan tangkapan layar (screenshot) dan aplikasi JKN online 
    • Pas foto 
    • Surat kesediaan mengikuti Program Magister/Doktor ITB yang telah ditandatangani di atas meterai Rp10.000,-. Format dokumen dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login.
    • Surat pernyataan kesanggupan membiayai Program Magister/Doktor ITB yang telah ditandatangani penanggung jawab biaya pendidikan calon mahasiswa. Format dokumen dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login.
    • Surat pernyataan keaslian dokumen yang telah ditandatangani di atas meterai Rp10.000,-. Format dokumen dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login.
    • Proposal usulan penelitian, yang mencantumkan beberapa hal sebagai berikut:
      • Minat dan Tujuan mengikuti pendidikan program Doktor di ITB
      • Bidang kajian yang ingin dipelajari
      • Usulan Topik Penelitian.
    • Sertifikat TPA Bappenas asli atau Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, sesuai dengan ketentuan yang tercantum di bagian Persyaratan Peserta.
      • ITB akan menyelenggarakan Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB pada tanggal 14 Desember 2022.
      • Calon peserta yang berminat untuk mengikuti Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, dapat mendaftarkan diri di laman https://linktr.ee/graduateschoolitb pada tanggal 16 - 30 November 2022, dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor seleksi program pascasarjana ITB
      • Khusus bagi calon mahasiswa yang belum memiliki dokumen persyaratan TPA dan/atau TOEFL diharuskan mengunggah Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan TPA/TOEFL sebagai pengganti dokumen persyaratan TPA dan/atau TOEFL tersebut. Format Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan TPA/TOEFL dapat diunduh di laman Unggah Dokumen, setelah memilih TPA atau TOEFL pada bagian Jenis Dokumen yang akan diunggah. Batas akhir pengunggahan dokumen TPA Bappenas asli dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB asli adalah tanggal 2 Januari 2023, pukul 23.59 WIB.
    • Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/ELPT ITB) asli, sesuai dengan ketentuan yang tercantum di bagian Persyaratan Peserta. Harap menjadi perhatian, persyaratan pemenuhan TOEFL dan TPA bisa berubah sesuai kondisi. Calon mahasiswa diwajibkan memonitor pengumuman yang akan diberikan melalui laman https://admission.itb.ac.id

Rekomendasi

Sesuai dengan persyaratan ITB, calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon pemberi rekomendasi sebelum melaksanakan pendaftaran Program Pascasarjana ITB. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti Program Pascasarjana ITB.

Calon mahasiswa dipersilakan untuk mengisikan paling sedikit 2 alamat e-mail pemberi rekomendasi. Kolom alamat e-mail ketiga dapat diisi bila dirasakan perlu. Sistem akan mengirimkan tautan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi untuk dapat mengisi formulir rekomendasi bagi calon mahasiswa yang bersangkutan secara online. Rekomendasi tersebut akan disimpan di dalam sistem dan akan disampaikan ke program studi tujuan secara otomatis, setelah calon mahasiswa menyelesaikan pendaftarannya. ITB menyarankan agar calon mahasiswa kembali menghubungi pemberi rekomendasi segera setelah menyelesaikan pengisian pendaftaran online, terkait pemberian rekomendasi secara online tersebut.

Selain dari kedua rekomendasi tersebut, khusus calon mahasiswa program Doktor harus mendapatkan rekomendasi dari calon promotornya di ITB. Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon promotor sebelum melakukan pendaftaran program Doktor ke ITB.

Finalisasi

Setelah seluruh data dan dokumen persyaratan dilengkapi calon mahasiswa, silakan lakukan finalisasi. Mohon memperhatikan bahwa proses finalisasi hanya dapat dilaksanakan bila seluruh data telah diisi lengkap dan seluruh dokumen yang disyarat telah diunggah.

Setelah proses finalisasi dilaksanakan, calon mahasiswa tidak dapat lagi melakukan perbaikan pada data pendaftaran atau pada dokumen yang telah diunggah, kecuali bila diminta melakukan perbaikan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan ITB.

Pelunasan Biaya Pendaftaran

Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Calon mahasiswa juga dapat melaksanakan pembayaran melalui kartu kredit.

 

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Pendaftaran calon mahasiswa program Doktor ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Setelah seluruh data dan dokumen pendaftaran berhasil diunggah, calon mahasiswa tidak perlu mengirimkan/menyerahkan dokumen pendaftaran secara fisik ke ITB. ITB tidak menerima dokumen fisik apa pun berkaitan dengan pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa pascasarjana ITB.

Seleksi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB terdiri atas 3 tahapan, yaitu

  1. Seleksi kelengkapan dokumen persyaratan
  2. Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB
  3. Seleksi kemampuan akademik, yang dilaksanakan di program studi tujuan. 

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa Program Doktor ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester I tahun 2023/2024 adalah sebagai berikut :

Pascasarjana ITB Gelombang 1 Gelombang 2 Gelombang 3 Gelombang 4 Gelombang 5 Gelombang 6
Pendaftaran Peserta 1 - 25 Februari 2023 1 - 25 Maret 2023 28 Maret - 18 April 2023 3 - 27 Mei 2023 30 Mei - 24 Juni 2023 27 Juni - 15 Juli 2023
Seleksi di Program Studi 28 Februari - 10 Maret 2023 28 Maret - 7 April 2023 2 - 12 Mei 2023 30 Mei - 9 Juni 2023 27 Juni - 5 Juli 2023 18 - 21 Juli 2023
Pengumuman Hasil Seleksi 17 Maret 2023 14 April2023 24 Mei 2022 16 Juni 2023 12 Juli 2023 28 Juli 2023
Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru (Online) 17 - 28 April 2022 17 - 28 April 2022 19 - 30 Juni 2023 19 - 30 Juni 2023 24 Juli - 5 Agustus 2023 31 Juli - 5 Agustus 2023
Pembayaran BPP 2 - 20 Mei 2023 2 - 20 Mei 2023 3 - 22 Juli 2023 3 - 22 Juli 2023 7 - 10 Agustus 2023 7 - 10 Agustus 2023
Sidang Terbuka 14 Agustus 2023 14 Agustus 2023 14 Agustus 2023 14 Agustus 2023 14 Agustus 2023 14 Agustus 2023
Perwalian 8 - 15 Agustus 2023 8 - 15 Agustus 2023 8 - 15 Agustus 2023 8 - 15 Agustus 2023 12 - 15 Agustus 2023 12 - 15 Agustus 2023
Perkuliahan 21 Agustus 2023 21 Agustus 2023 21 Agustus 2023 21 Agustus 2023 21 Agustus 2023 21 Agustus 2023

 

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman Program Pasca Sarjana

Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar program Doktor di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual (Virtual Account) yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Calon mahasiswa juga dapat melakukan pembayaran biaya seleksi dengan menggunakan Kartu Kredit. Biaya pelaksanaan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Program Doktor ITB adalah sebagai berikut :

No Fakultas / Sekolah BPP Per Semester
1. Program Doktor Rp. 15.000.000,-
2. Khusus Program Doktor SBM - Kelas Reguler Rp. 25.000.000,-
3. Khusus Program Doktor SBM - Kelas Non Reguler Rp. 41.000.000,-

Informasi tata cara pelunasan Biaya Pendidikan akan disampaikan kemudian.

Mulai tahun 2020, ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan UKT. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut :

  1. Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
    2. Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
  2. Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
    2. Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
    3. Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

Sebelum saudara melakukan pendaftaran online, maka saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online. Kemudian, silahkan melakukan proses pendaftaran di laman Registrasi Calon mahasiswa hanya dapat mendaftarkan diri pada gelombang dimana program studi tujuannya menerima calon mahasiswa.

Berikut adalah daftar program studi yang dibuka pada Penerimaan Mahasiswa Baru ITB:

Pendaftaran Online Registrasi