bcg
Semiotika II
Program Studi Magister Seni Rupa
Fakultas Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Kode Mata kuliah SR5105
Nama Matakuliah Semiotika II
SKS 2
Nama Dosen Pengampu

Dr. Irma Damajanti, M.Sn

Ketentuan Peserta

Seniman, kolektor seni, pengajar seni, desainer, budayawan, para penggiat seni dan desain, juga orang-orang yang tertarik dengan seni, desain dan media.

Desripsi

Semiotika adalah kajian tentang tanda. Tanda dijelaskan sebagai apa saja yang ada atau mewakili sesuatu. Semiotika penting untuk proses komunikasi dan produksi makna. Kuliah ini memberikan pengantar tentang teori-teori dan praktek semiotik yang berguna untuk berpikir kritis. Mahasiswa didorong untuk mengembangkan pemahaman tentang semiotika dan aplikasinya untuk menganalisis komunikasi dan makna.

Pencapaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan: 1) Mampu mengartikan semiotika dan memberikan penjelasan rinci tentang konsep-konsep dan metodenya; 2) Mampu menggambarkan perbedaan antara konsep tanda menurut Saussure dan Peirce, serta implikasi, metode, dan aplikasinya masing-masing; 3) Memahami bagaimana semiotika diterapkan secara khusus di dalam berbagai bidang, seperti fotografi, seni, desain, arsitektur, dan film, dengan segala kekhasannya masing-masing; 4) Menguasai metode analisis semiotika dan mengaplikasikannya pada obyek yang dipilih; 5) Memiliki kemampuan menyusun, merumuskan dan mengkomunikasikan hasil analisis semiotika secara terstruktur, argumentatif dan koheren.

Jadwal Perkuliahan

Senin, pukul 13:00 – 15:00

Metode Pembelajaran Daring