PETUNJUK PENDAFTARAN DARING (ONLINE) MAHASISWA BARU ITB

LULUSAN SELEKSI MANDIRI ITB 2021

 

 

A.   JADWAL DAN LAMAN PENGUMUMAN

 B.  PENDAFTARAN ULANG

C.   ISIAN DATA DAN DOKUMEN PENDAFTARAN ULANG

Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg.
Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah :

  1. Kartu Peserta SM-ITB 2021 ASLI
  2. Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara
    1. Khusus bagi calon mahasiswa lulusan tahun 2021.
    2. STL harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah.
    3. Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.
  3. Akta Kelahiran ASLI
    1. Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran.
    2. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 28 Juli - 7 Agustus 2021.
  4. Ijazah SMA ASLI. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Ijazah asli, WAJIB mengunggah file Ijazah ASLI paling lambat tanggal 10 Desember 2021.
  5. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
    1. Yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.
    2. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
    3. Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa.
    4. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 28 Juli - 7 Agustus 2021.
  6. Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata
    1. Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut:
      1. Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
      2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
      3. Sekolah Farmasi
      4. Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
      5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
      6. Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri
      7. Fakultas Seni Rupa dan Desain
    2. Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan.
    3. Surat Keterangan harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman KitPendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2021, mencantumkan foto calon mahasiswa yang terkena cap Dokter Spesialis Mata/Klinik/Rumah Sakit.
    4. Calon mahasiswa harus mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata pada jadwal pendaftaran online, tanggal 2 – 24 Juli 2021.
  7. Surat Pernyataan Kemampuan Pembayaran BPP/UKT Selama Masa Studi. Format surat tersebut dapat diunduh di tautan ini.

D.  UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)

  1. Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)  sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) per semester.
  2. Pembayaran UKT adalah pada tanggal 26 - 31 Juli 2021 
  3. Pembayaran UKT pertama adalah syarat mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  4. ITB memberikan pembebasan UKT bagi calon mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar-Kuliah.
  5. ITB memberikan beasiswa UKT bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu.
  6. ITB memberikan skema cicilan pembayaran UKT bagi yang membutuhkan.
  7. Calon mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa UKT atau cicilan UKT wajib melakukan pembayaran UKT pada tanggal 26 - 31 Juli 2021 untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

E.   IURAN PENGEMBANGAN INSTITUSI

F.   PERMOHONAN BEASISWA UKT

Pengajuan Beasiswa UKT dapat dilakukan pada tanggal 2 - 24 Juli 2021 di laman https://sm.admission.itb.ac.id dengan syarat :

  1. Kartu Keluarga ASLI
    1. Kartu Keluarga harus mencantumkan nama calon mahasiswa.
    2. Bila alamat tempat tinggal sebenarnya tidak sama dengan alamat yang tercantum pada Kartu Keluarga, calon mahasiswa dapat menyertakan Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan bersama dengan Kartu Keluarga.
  2. Bagi penerima program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau Kartu Keluarga Sejahtera
    Jika calon mahasiswa sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), maka yang diunggah adalah KIP-K.
  3. Bukti Pembayaran Rekening Listrik
    Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile sesuai petunjuk pada bagian penjelasan di sini.
  4. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pribadi terakhir
    1. Yang dikeluarkan oleh Perusahaan Tempat Bekerja, atau
    2. Yang dikeluarkan oleh Pemberi Pekerjaan/RT/RW dengan menggunakan format yang disediakan ITB di laman Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2021.
  5. Dokumen Informasi Tempat Tinggal dengan alamat sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili, berupa SALAH SATU dari pilihan dokumen berikut:
    1. Tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terbaru yang mencantumkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), atau
    2. Perjanjian/Kuitansi Pembayaran Kontrak/Sewa tempat tinggal,atau
    3. Surat Keterangan Rumah Dinas dari instansi terkait, atau
    4. Surat Keterangan Menumpang dari Pemberi Tumpangan.
  6. Foto tempat tinggal
    Sesuai dengan alamat yang tercantum pada Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili.
  7. Jenis dan Jumlah Kendaraan yang dimiliki
  8. Nilai Tabungan /Deposito/saham/emas/Surat berharga lainnya yang dimiliki
  9. Data Rumah/Tanah lain (selain tempat tinggal) yang dimiliki
  10. Penghasilan lain dan selain dari gaji

G.   PENGAJUAN CICILAN UKT 

Pengajuan cicilan dapat dilakukan pada tanggal 19 – 24 Juli 2021 di laman https://akademik.itb.ac.id pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

H.   JAMINAN KEMAMPUAN KEUANGAN

I.   TATA CARA PEMBAYARAN UKT 

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB diwajibkan untuk melaksanakan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester 1 dan Iuran Pengembangan Institusi, paling lambat tanggal 26 - 31 Juli 2021.
Ketentuan pembayaran UKT bagi calon mahasiswa jalur SM-ITB 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa yang tidak mengajukan permohonan beasiswa UKT atau tidak mengajukan permohonan pembayaran UKT secara cicilan, dapat melakukan pembayaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi secara penuh, sesuai pada bagian D.1 pada tanggal 26 - 31 Juli 2021.
  2. Calon mahasiswa yang mengajukan beasiswa UKT melakukan pembayaran pada tanggal 26- 31 Juli 2021 sesuai dengan nilai UKT yang ditentukan ITB, berdasarkan hasil verifikasi atas pengajuan beasiswa yang diajukan pada tanggal 2 – 24 Juli 2021.
  3. Calon mahasiswa yang mengajukan permohonan cicilan harus melakukan pembayaran cicilan pertama pada tanggal 26 - 31 Juli 2021.
  4. Calon mahasiswa yang mengajukan permohonan KIP-K, harus mengunggah Kartu KIP-K, paling lambat tanggal 24 Juli 2021. Pemohon KIP-K yang tidak mengunggah Kartu KIP-K pada waktu tersebut akan mengikuti ketentuan pada butir 2 di atas.
  5. Tata cara pembayaran UKT dapat diperoleh di laman Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB (https://akademik.itb.ac.id), pada aplikasi Keuangan dan Beasiswa, dengan menggunakan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual yang tercantum di laman tersebut, setelah calon mahasiswa menyelesaikan finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

J.   PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA

Bagi seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB, berlaku ketentuan sebagai berikut:

  1. Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.
  2. Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data. Dengan mempertimbangkan kondisi darurat wabah COVID-19, tahap verifikasi data akan diselenggarakan setelah kondisi ditetapkan kondusif, dengan jadwal dan tata caranya akan disampaikan kemudian.
  3. Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.

K. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2021, dapat diperoleh di alamat:

      Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
E-mail               : usmitb@pusat.itb.ac.id
Whatsapp         : +62-8112101920
Website            : https://admission.itb.ac.id
Helpdesk          : https://tiket.akademik.itb.ac.id
Instagram         : https://www.instagram.com/admission.itb

 

JADWAL KEGIATAN

Waktu

Kegiatan

Keterangan

29 Juni 2021

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri ITB 2021 

https://sm.admission.itb.ac.id

30 Juni – 24 Juli 2021

Unduh Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

https://admission.itb.ac.id

2 - 24 Juli 2021

Pengajuan Permohonan Beasiswa UKT

https://akademik.itb.ac.id

2 - 24 Juli 2021

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

19 - 24 Juli 2021

Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

26 – 31 Juli 2021

Pembayaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi

https://akademik.itb.ac.id

Disampaikan Kemudian

Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB

Akan disampaikan di laman https://akademik.itb.ac.id