PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PROGRAM PROFESI KEINSINYURAN
SEMESTER II TAHUN 2022/2023
HARAP DIBACA DENGAN CERMAT
A. JADWAL PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
- Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi Keinsinyuran Semester II tahun 2022/2023 dilaksanakan tanggal 28 Desember 2022 pukul 17.00 WIB di laman Registrasi
- Pengumuman Hasil Seleksi dapat diakses dengan melakukan login menggunakan nomor seleksi dan password yang telah diperoleh sebelumnya.
B. PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU
- Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru akan dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2022 - 2 Januari 2023, mulai pukul 17.00 WIB, melalui laman Registrasi.
- Calon mahasiswa lulusan Program Profesi Keinsinyuran DIWAJIBKAN untuk melaksanakan proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara ONLINE (DARING) pada tanggal tersebut.
C. ISIAN DATA DAN DOKUMEN
- Calon mahasiswa melakukan aktivasi akun pendaftaran ulang di laman Registrasi.
- Setelah mendapat akun temporary, peserta melakukan login di laman Akademik menggunakan fasilitas Login Tanpa Akun INA dengan menggunakan username temporary yang telah diperoleh pada saat aktivasi akun pendaftaran ulang. Mohon tidak melakukan login dengan menggunakan alamat email.
- Calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg yang dapat dibaca secara jelas.
- File dokumen yang harus dipersiapkan:
- Ijazah Program Sarjana Asli
- Bagi calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan SKL, Ijazah asli wajib diunggah paling lambat tanggal 2 Januari 2023
- Transkrip Akademik Program Sarjana Asli
- Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
- ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
- Yang dimaksud dengan Asuransi Kesehatan adalah asuransi (swasta atau BPJS) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.
- Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa, baik yang ditanggung oleh instansi tempat bekerja atau BPJS Mandiri. ITB menerima semua kelas BPJS.
- Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan screenshot dari aplikasi JKN Online.
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan, wajib diunggah paling lambat tanggal 2 Januari 2023.
- Surat Pernyataan Program Kesetaraan
- Surat Pernyataan Masa Studi
- Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
D. BIAYA PENDIDIKAN atau BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (BPP)
- Calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan (BPP), tanggal 3 - 5 Januari 2023 untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
- Tata cara pembayaran BPP melalui nomor rekening virtual masing-masing calon mahasiswa dapat diperoleh di laman Akademik pada bagian Keuangan dan Beasiswa.
- Informasi mengenai besaran BPP Program Profesi Keinsinyuran dapat diperoleh dilaman Keinsinyuran pada bagian Biaya Pendidikan
- ITB tidak menyediakan fasilitas penundaan pembayaran BPP.
E. PENGAJUAN CICILAN BIAYA PENDIDIKAN
- ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru mengajukan pembayaran biaya pendidikan (BPP) melalui skema cicilan.
- Calon mahasiswa yang akan melakukan pelunasan BPP dengan cara cicilan, dapat mengajukan permohonan dengan cara memilih dan menyetujui pelaksanaan pelunasan BPP secara cicilan di laman Akademik pada bagian Keuangan dan Beasiswa, tanggal 29 Desember 2022 - 2 Januari 2023.
- Calon mahasiswa dapat memilih pembayaran BPP melalui skema cicilan 2 (dua) kali atau 3 (tiga) kali.
- Periode cicilan 2(dua) kali dalam 1 (satu) semester;
- Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dilaksanakan pada tanggal 3 - 5 Januari 2023.
- Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
- Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester;
- Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dilaksanakan pada tanggal 3 - 5 Januari 2023.
- Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
- Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu terakhir pelaksanaan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
F. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA
- Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.
- Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data. Dengan mempertimbangkan kondisi darurat wabah COVID-19, tahap verifikasi data akan diselenggarakan setelah kondisi ditetapkan kondusif, dengan jadwal dan tata caranya akan disampaikan kemudian.
- Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.
G. RINGKASAN JADWAL PENTING
H. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2022, dapat diperoleh di alamat:
Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 4, Jl. Tamansari 64 Bandung