PETUNJUK PENDAFTARAN DARING (ONLINE) MAHASISWA BARU ITB 

LULUSAN SBMPTN 2022

 

A. JADWAL DAN LAMAN PENGUMUMAN

 

B. PENDAFTARAN ULANG

 

C. ISIAN DATA DAN DOKUMEN PENDAFTARAN ULANG

Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg. Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah 

  1. Kartu Peserta SBMPTN 2022 ASLI
  2. Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara 
    1. STL harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah. 
    2. Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.
  3. Akta Kelahiran ASLI 
    1. Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran. 
    2. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  4. Ijazah SMA ASLI.
    1. Calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021 WAJIB mengunggah hasil scan Ijazah Asli.
    2. Bagi calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat tahun 2022 yang belum memiliki Ijazah asli, WAJIB mengunggah file Ijazah ASLI paling lambat tanggal 25 – 29 Juli 2022
  5. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
    1. Yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan. 
    2. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
    3. Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa.
    4. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  6. Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata, sesuai dengan format yang ditentukan ITB 
    1. Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut:
      1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (khusus peminat Program Studi Kimia)
      2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
      3. Sekolah Farmasi
      4. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (khusus peminat Program Studi Teknik Geologi)
      5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
      6. Fakultas Teknologi Industri (khusus peminat Program Studi Teknik Kimia, Teknik Pangan, serta Teknik Bioenergi dan Kemurgi)
      7. Fakultas Seni Rupa dan Desain
    2. Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan. 
    3. Surat Keterangan harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2022.

 

D. UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) DAN JADWAL PEMBAYARAN

Besarnya biaya pendidikan yang harus dilunasi mahasiswa ITB adalah sebagai berikut:

  1. Uang Kuliah Tunggal di Fakultas/Sekolah FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, SAPPK, dan FSRD adalah sebesar Rp. 12.500.000,- (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) per semester. 
  2. Uang Kuliah Tunggal  di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) adalah sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) per semester.
  3. Calon mahasiswa wajib melakukan pembayaran UKT pada tanggal 11 – 15 Juli 2022 untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
  4. ITB memberikan pembebasan UKT bagi calon mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar-Kuliah.
  5. ITB memberikan beasiswa UKT bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu
  6. ITB memberikan skema cicilan pembayaran UKT bagi yang membutuhkan.
  7. Calon mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa UKT atau cicilan UKT WAJIB melakukan pembayaran UKT tahap pertama sebesar Rp. 5.000.000,00 (Lima Juta Rupiah) pada tanggal 11 – 15 Juli 2022 untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  8. Dalam kasus dimana pengajuan beasiswa UKT disetujui maka
    1. Jika keputusan besaran UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa lebih kecil dari Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) maka kelebihan pembayaran UKT akan dikembalikan melalui mekanisme yang nanti akan diumumkan
    2. Jika keputusan besaran UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa lebih besar dari Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) maka kekurangan pembayaran UKT wajib dibayarkan oleh mahasiswa pada jadwal yang akan diberitahukan setelah pengumuman keputusan pengajuan beasiswa UKT

 

E. IURAN PENGEMBANGAN INSTITUSI

  1. ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa lulusan SBMPTN untuk berkontribusi membantu keluarga mahasiswa ITB yang tidak mampu melalui Iuran Pengembangan Institusi. 
  2. Seluruh Iuran Pengembangan Institusi yang didapatkan dari mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN seluruhnya dialokasikan menjadi beasiswa UKT mahasiswa ITB dari keluarga tidak mampu.  
  3. Iuran Pengembangan Institusi bagi mahasiswa jalur SBMPTN bersifat tidak wajib. 
  4. Calon mahasiswa yang ingin berkontribusi dapat menggunakan pilihan Iuran Pengembangan Institusi secara sukarela di laman Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB. 
  5. Pembayaran Iuran Pengembangan Institusi dapat dilaksanakan bersamaan dengan pembayaran UKT, tanggal 11 – 15 Juli 2022. Pembayaran dilakukan menggunakan kode pembayaran yang berbeda dengan kode pembayaran UKT, sesuai dengan informasi yang tercantum di laman http://keuangan.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/22/2022/04/Tatacara-Byr-IPI-Angkatan-2022.pdf

 

F. PERMOHONAN BEASISWA UKT

Bagi calon mahasiswa yang akan mengajukan Permohonan Beasiswa UKT ITB, diwajibkan mengisi informasi mengenai data ekonomi keluarga dan mengunggah hasil scan dokumen-dokumen berikut pada tanggal 27 Juni – 2 Juli 2022:

 

G. PENGAJUAN CICILAN UKT 

ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru ITB untuk mengajukan pembayaran UTK melalui skema cicilan.

 

H. TATA CARA PEMBAYARAN UKT 

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB diwajibkan untuk melaksanakan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester 1, paling lambat tanggal 15 Juli 2022. Ketentuan pembayaran UKT bagi calon mahasiswa jalur SBMPTN 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa yang tidak mengajukan permohonan beasiswa UKT atau tidak mengajukan permohonan pembayaran UKT secara cicilan, dapat melakukan pembayaran UKT secara penuh, sesuai pada bagian D.1 atau D.2, paling lambat tanggal 15 Juli 2022.
  2. Calon mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa UKT atau mengajukan permohonan pembayaran UKT secara cicilan, harus melakukan pembayaran UKT tahap pertama sebesar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) paling lambat tanggal 15 Juli 2022.
  3. Calon mahasiswa yang mengajukan permohonan KIP-K, harus mengunggah Kartu KIP-K, paling lambat tanggal 2 Juli 2022. Pemohon KIP-K yang tidak mengunggah Kartu KIP-K pada waktu tersebut akan mengikuti ketentuan pada butir 2 di atas.
  4. Tata cara pembayaran UKT dapat diperoleh di laman Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB, dengan menggunakan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual yang tercantum di laman tersebut, setelah calon mahasiswa menyelesaikan finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
  5. Bagi calon mahasiswa yang mengajukan KIP-K, beasiswa UKT, atau cicilan UKT dan belum mampu melakukan pembayaran tahap pertama, dapat melakukan pemberitahuan penundaan melalui tautan https://bit.ly/ukt_tahap1, paling lambat tanggal 2 Juli 2022. Pengajuan penundaan hanya dapat dilakukan untuk alasan kedaruratan yang tidak dapat diatasi segera, seperti bencana alam atau musibah.

 

I. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA

Bagi seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB, berlaku ketentuan sebagai berikut:

  1. Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya. 
  2. Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data. Dengan mempertimbangkan kondisi darurat wabah COVID-19, tahap verifikasi data akan diselenggarakan setelah kondisi ditetapkan kondusif, dengan jadwal dan tata caranya akan disampaikan kemudian. 
  3. Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.

 

J. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2022, dapat diperoleh di alamat:

 Direktorat Pendidikan ITB

 Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung

 Tel./Fax.           : (022) 2530689; (022) 2508519

 E-mail               : usmitb@pusat.itb.ac.id

 Website            : https://admission.itb.ac.id/

 Helpdesk          : https://helpdesk.six.itb.ac.id/

 Instagram         : https://www.instagram.com/admission.itb/

 Whatsapp         : 08112101920

 

 

JADWAL KEGIATAN

Waktu

Kegiatan

Keterangan

23 Juni 2022

Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2022

https://sbmptn.itb.ac.id

27 Juni – 2 Juli 2022 (mulai pukul 17.00 WIB)

Unduh Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

https://admission.itb.ac.id

27 Juni – 2 Juli 2022

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

2 Juli 2022

Batas akhir Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

11 – 15 Juli 2022

Pembayaran UKT

https://akademik.itb.ac.id

Disampaikan Kemudian

Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB

Akan diumumkan di laman https://admission.itb.ac.id