PETUNJUK PENDAFTARAN DARING (ONLINE) MAHASISWA BARU ITB 

LULUSAN PROGRAM ADIK 2022

 

A. JADWAL DAN LAMAN PENGUMUMAN

 

B. PENDAFTARAN ULANG

 

C. ISIAN DATA DAN DOKUMEN PENDAFTARAN ULANG

Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg.  Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah 

  1. Surat Pengantar dari Kemdikbudristek RI mengenai kelulusan Program ADIK 2022
  2. Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara, bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2022. 
    1. STL harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah. 
    2. Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.
  3. Akta Kelahiran ASLI 
    1. Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran. 
    2. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  4. Ijazah SMA ASLI. 
    1. Calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021 WAJIB mengunggah hasil scan Ijazah Asli.
    2. Bagi calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat tahun 2022 yang belum memiliki Ijazah asli, WAJIB mengunggah file Ijazah ASLI antara tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  5. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
    1. Yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan. 
    2. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
    3. Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa.
    4. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  6. Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata, sesuai dengan format yang disediakan ITB 
    1. Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut:
      1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (khusus peminat Program Studi Kimia)
      2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
      3. Sekolah Farmasi
      4. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (khusus peminat Program Studi Teknik Geologi)
      5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
      6. Fakultas Teknologi Industri (khusus peminat Program Studi Teknik Kimia, Teknik Pangan, serta Teknik Bioenergi dan Kemurgi)
      7. Fakultas Seni Rupa dan Desain
    2. Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan. 
    3. Surat Keterangan harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2022.

 

D. DOKUMEN DATA EKONOMI

Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus Program ADIK 2022 diwajibkan mengisi informasi mengenai data ekonomi keluarga dan mengunggah hasil scan dokumen-dokumen berikut:

  1. Kartu Keluarga ASLI 
    1. Kartu Keluarga harus mencantumkan nama calon mahasiswa. 
    2. Bila alamat tempat tinggal sebenarnya tidak sama dengan alamat yang tercantum pada Kartu Keluarga, calon mahasiswa dapat menyertakan Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan bersama dengan Kartu Keluarga.
    3. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Kartu Keluarga, agar segera mengurus Kartu Keluarga dan wajib mengunggah dokumen tersebut antara tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  2. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau Kartu Keluarga Sejahtera. Jika calon mahasiswa sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), maka yang diunggah adalah KIP-K. Dokumen ini tidak perlu diungah, bila tidak dimiliki calon mahasiswa.
  3. Bukti Pembayaran Rekening Listrik, dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile sesuai petunjuk pada bagian penjelasan di bawah pengumuman ini.
  4. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pribadi terakhir
    1. Yang dikeluarkan oleh Perusahaan Tempat Bekerja, atau 
    2. Yang dikeluarkan oleh Pemberi Pekerjaan/RT/RW dengan menggunakan format yang disediakan ITB di laman Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2022.
    3. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki surat keterangan ini pada jadwal pendaftaran di atas, mengunggah dokumen tersebut antara tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  5. Dokumen Informasi Tempat Tinggal dengan alamat sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili, berupa SALAH SATU dari pilihan dokumen berikut: 
    1. Tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terbaru yang mencantumkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), atau 
    2. Perjanjian/Kuitansi Pembayaran Kontrak/Sewa tempat tinggal, atau
    3. Surat Keterangan Rumah Dinas dari instansi terkait, atau 
    4. Surat Keterangan Menumpang dari Pemberi Tumpangan. 
  6. Foto tempat tinggal, sesuai dengan alamat yang tercantum pada Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili. 

 

E. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA

Bagi seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB, berlaku ketentuan sebagai berikut:

  1. Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya. 
  2. Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data. Dengan mempertimbangkan kondisi darurat wabah COVID-19, tahap verifikasi data akan diselenggarakan setelah kondisi ditetapkan kondusif, dengan jadwal dan tata caranya akan disampaikan kemudian. 
  3. Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.

 

F. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2022, dapat diperoleh di alamat:

 Direktorat Pendidikan ITB

 Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung

 Tel./Fax.           : (022) 2530689; (022) 2508519

 E-mail               : usmitb@pusat.itb.ac.id

 Website            : https://admission.itb.ac.id/

 Helpdesk          : https://helpdesk.six.itb.ac.id/

 Instagram         : https://www.instagram.com/admission.itb/

 Whatsapp         : 08112101920

 

JADWAL KEGIATAN

Waktu

Kegiatan

Keterangan

20 Juni 2022

Informasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi lulusan program ADIK 2022

alamat email masing-masing peserta

27 Juni – 2 Juli 2022 (mulai 17.00 WIB)

Unduh Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

https://admission.itb.ac.id

27 Juni – 2 Juli 2022

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

2 Juli 2022

Batas akhir Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

Disampaikan Kemudian

Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB

Akan diumumkan di laman https://admission.itb.ac.id