FAQ Program Profesi

 

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan program profesi ?

JAWABAN : ITB menyediakan 2 jenis program keprofesian, yaitu Program Profesi Apoteker bagi lulusan program sarjana (S1) Farmasi serta Program Profesi Insinyur, bagi lulusan program sarjana (S1) bidang Teknik. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id.

 

PERTANYAAN : Apakah gelar dari lulusan program profesi di ITB ?

JAWABAN : Lulusan Program Profesi Apoteker akan memperoleh Sertifikat Profesi Apoteker dan berhak menyandang gelar Apoteker (Apt.). Sedangkan lulusan Program Profesi Insinyur akan memperoleh Sertifikat Profesi Keinsinyuran dan berhak menyandang gelar Insinyur (Ir.). Informasi selengkapnya dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id.

 

PERTANYAAN : Dimana saya bisa memperoleh informasi mengenai pendaftaran calon mahasiswa program Profesi ITB ?

JAWABAN : Silakan mengunjungi laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi/apoteker untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Profesi Apoteker di ITB, serta alamat https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Profesi Keinsinyuran di ITB. Pendaftaran mahasiswa program Profesi ITB dapat dilaksanakan secara daring (online) di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana.  

 

PERTANYAAN : Apakah saya dapat melakukan pendaftaran calon mahasiswa program Profesi ITB  secara online ?

JAWABAN : Pendaftaran mahasiswa program Profesi ITB hanya dapat dilaksanakan secara daring (online) di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. ITB tidak menyediakan fasilitas pendaftaran calon mahasiswa program Profesi ITB secara luring (offline). Silakan mengunjungi laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Profesi Apoteker di ITB, serta alamat https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Profesi Keinsinyuran di ITB.

 

PERTANYAAN : Kapan pendaftaran calon mahasiswa program Profesi ITB dilaksanakan ?

JAWABAN : Silakan mengunjungi laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Profesi Apoteker di ITB, serta alamat https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Profesi Keinsinyuran di ITB.

 PERTANYAAN : Bidang apa saja yang ditawarkan di Program Profesi Apoteker ITB ?

JAWAB : Program Studi Profesi Apoteker Sekolah Farmasi ITB membuka 2 jalur peminatan, yaitu :

PERTANYAAN : Apa persyaratan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Profesi Apoteker di ITB ?

JAWABAN : Persyaratan calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB adalah Sarjana Farmasi dari perguruan tinggi yang terakreditasi Lamptkes minimum C, dibuktikan dengan Ijazah asli. Calon yang bersangkutan dapat dinyatakan diterima di program studi Profesi Apoteker ITB bila lulus ujian seleksi yang akan diadakan oleh Sekolah Farmasi (SF) ITB. Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

 

PERTANYAAN : Apakah Profesi Apoteker ITB menerima calon mahasiswa yang merupakan Sarjana Farmasi dari perguruan tinggi selain ITB ?

JAWABAN : Ya, ITB menerima calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB yang merupakan Sarjana Farmasi dari perguruan tinggi selain ITB yang terakreditasi Lamptkes minimum C, dibuktikan dengan Ijazah asli dan sertifikat Akreditasi Lamptkes.

 

PERTANYAAN : Saya baru dinyatakan lulus dari jenjang S1, namun belum memperoleh Ijazah asli. Dapatkan saya mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Profesi Apoteker ITB dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus ?

JAWABAN : Calon mahasiswa diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Profesi Apoteker ITB dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus resmi dari Perguruan Tinggi asalnya yang telah menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah lulus Yudisium dari tingkat Sarjana, ditandatangani oleh Dekan di Perguruan Tinggi asalnya. Namun demikian, bila yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi program Profesi Apoteker ITB, calon mahasiswa tersebut harus dapat mengunggah Ijazah dan transkrip akademik asli paling lambat pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB. Calon mahasiswa yang tidak dapat mengunggah Ijazah dan transkrip akademik asli pada saat tersebut akan dibatalkan kelulusannya dari program Profesi Apoteker ITB. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html.

 

PERTANYAAN : Saya belum dinyatakan lulus S1, sehingga belum memperoleh Ijazah asli atau Surat Keterangan Lulus. Dapatkan saya mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Profesi Apoteker ITB dengan menggunakan Surat Keterangan Akan Lulus ?

JAWABAN : Tidak bisa, persyaratan calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB adalah merupakan lulusan strata Sarjana dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi Lamptkes minimum C, dibuktikan dengan Ijazah asli atau Surat Keterangan Lulus yang telah menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah lulus Yudisium dari tingkat pendidikan Sarjana. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html.

 

PERTANYAAN : Ijazah/Transkrip Akademik saya hilang, namun saya memiliki fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal saya. Dapatkan saya mendaftarkan diri di program Profesi Apoteker ITB dengan menggunakan dokumen tersebut ?

JAWABAN : Calon mahasiswa diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Profesi Apoteker ITB dengan menggunakan fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa yang bersangkutan. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html.

 

PERTANYAAN : Ijazah/Transkrip Akademik saya hilang dan saya hanya memiliki fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang tidak dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal saya. Dapatkan saya mendaftarkan diri di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan dokumen tersebut ?

JAWABAN : Tidak bisa. Selain dari Ijazah/Transkrip akademik asli, calon mahasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Profesi Apoteker ITB dengan menggunakan fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa yang bersangkutan. Silakan calon mahasiswa yang bersangkutan mempersiapkan dokumen resmi pengganti Ijazah/Transkrip Akademik asli tersebut di Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa, sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html.

 

PERTANYAAN : Saya sudah menyelesaikan pendaftaran calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB dan telah menyelesaikan pembayaran biaya seleksi. Proses apa lagi yang harus saya lakukan ?

JAWABAN : ITB akan melakukan verifikasi terhadap data pendaftaran calon mahasiswa. Bila seluruh data dan dokumen telah diverifikasi dan dinyatakan valid, calon mahasiswa dapat mengikuti ujian seleksi di program Profesi Apoteker. Silakan melakukan login kembali ke laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana untuk memeriksa status hasil verifikasi pendaftaran program Profesi Apoteker ITB.

 

PERTANYAAN : Saya sudah menyelesaikan pendaftaran calon mahasiswa program Profesi Apoteker ITB dan telah dinyatakan dapat mengikuti seleksi program Profesi Apoteker. Kapan dan bagaimana saya dapat mengikuti proses seleksi tersebut ?

JAWABAN : Jadwal Pelaksanaan Tes Program Profesi Apoteker ITB dapat dilihat di alamat https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html. Calon mahasiswa juga dapat menghubungi Sekolah Farmasi ITB secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Apa saja yang harus saya persiapkan untuk mengikuti seleksi di Program Profesi Apoteker ITB?

JAWABAN : Perlu kami sampaikan bahwa pelaksanaan seleksi di program Profesi Apoteker sepenuhnya merupakan wewenang dari Sekolah Farmasi ITB. Calon mahasiswa dipersilakan untuk menghubungi Sekolah Farmasi ITB secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Apakah ujian seleksi di program studi dilaksanakan secara daring (online) ?

JAWABAN : Sebagian besar kegiatan penerimaan mahasiswa baru program Profesi Apoteker ITB dilaksanakan secara daring (online). Calon mahasiswa dipersilakan untuk menghubungi Sekolah Farmasi ITB secara langsung untuk memperoleh informasi mengenai tata cara dan pelaksanaan ujian seleksi tersebut.

 

PERTANYAAN : Apakah saya wajib mengikuti kegiatan Briefing Pelaksanaan Ujian Seleksi Program Profesi Apoteker ITB ?

JAWABAN : Ya, Briefing Pelaksanaan Ujian Seleksi Program Profesi Apoteker ITB akan diselenggarakan satu hari sebelum pelaksanaan ujian seleksi. Kegiatan ini WAJIB diikuti oleh seluruh calon peserta ujian. Peserta yang tidak mengikuti Briefing Pelaksanaan Ujian Seleksi Program Profesi Apoteker ITB tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian seleksi.

 

PERTANYAAN : Berapakah biaya pendidikan Program Profesi Apoteker ITB ?

JAWABAN : Besaran Biaya Pendidikan yang dibebankan kepada mahasiswa Program Profesi Apoteker ITB dapat diperoleh di alamat https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html.

 

PERTANYAAN : Kapankah saya menerima Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dari ITB ?

JAWABAN : Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi program Profesi Apoteker ITB dapat mengunduh Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dengan cara melakukan login kembali di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, menggunakan nomor seleksi dan password yang telah dimiliki sebelumnya, pada masa Pengumuman Hasil Seleksi Program Profesi Apoteker ITB. Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi untuk masing-masing gelombang penerimaan dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-apoteker.html pada bagian Jadwal Pendaftaran.

 

PERTANYAAN : Bidang apa saja yang ditawarkan di Program Profesi Keinsinyuran ITB ?

JAWAB : ITB menawarkan 18 sub program studi pada pelaksanaan Program Profesi Keinsinyuran. Daftar subprogram studi yang ditawarkan tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html.

 

PERTANYAAN : Ada berapa jalur pendidikan yang dilaksanakan di Program Profesi Keinsinyuran ITB ?

JAWAB : ITB melaksanakan pendidikan Program Profesi Keinsinyuran melalui 2 jalur, yaitu Jalur Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) dan Jalur Reguler. jalur Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) akan berlangsung selama 1 (satu) semester. Peserta PPI jalur RPL dapat mengikuti program dengan tetap melaksanakan profesi dan pekerjaannya sehari-hari, termasuk bila peserta yang bersangkutan sedang melaksanakan perkuliahan S2 atau S3. Sedangkan peserta Program Profesi Insinyur melalui jalur Reguler akan mengikuti kegiatan kuliah dan tatap muka di Kampus ITB selama 2 (dua) semester. Daftar subprogram studi yang ditawarkan melalui masing-masing jalur pendidikan tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html.

 

PERTANYAAN : Apa persyaratan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Profesi Keinsinyuran jalur RPL di ITB ?

JAWAB : Peminat Program Profesi Insinyur jalur RPL harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

·         Syarat Umum :

Syarat Khusus untuk sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana sains.

PERTANYAAN : Bagaimana cara mendaftar di program Profesi Keinsinyuran jalur RPL di ITB ?

JAWAB : Untuk melaksanakan mendaftar di program Profesi Keinsinyuran jalur RPL, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

 

PERTANYAAN : Apa persyaratan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Profesi Keinsinyuran jalur Reguler di ITB ?

JAWAB : Program Profesi Keinsinyuran ITB melalui jalur Program Reguler melalui skema Sertifikasi Internasional FIG/IHO/ICA IBSC Kategori A ditawarkan untuk sub program studi Teknik Geodesi dan Geomatika dengan kekhususan Hidrografi. Peminat Program Profesi Insinyur jalur Reguler harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

 

PERTANYAAN : Bagaimana cara mendaftar di program Profesi Keinsinyuran jalur Reguler di ITB ?

JAWAB : Untuk melaksanakan mendaftar di program Profesi Keinsinyuran jalur Reguler, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

 

PERTANYAAN : Ijazah/Transkrip Akademik saya hilang, namun saya memiliki fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal saya. Dapatkan saya mendaftarkan diri di program Profesi Keinsinyuran ITB dengan menggunakan dokumen tersebut ?

JAWABAN : Calon mahasiswa diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Profesi Keinsinyuran ITB dengan menggunakan fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa yang bersangkutan. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Profesi Keinsinyuran ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html.

 

PERTANYAAN : Ijazah/Transkrip Akademik saya hilang dan saya hanya memiliki fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang tidak dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal saya. Dapatkan saya mendaftarkan diri di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan dokumen tersebut ?

JAWABAN : Tidak bisa. Selain dari Ijazah/Transkrip akademik asli, calon mahasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Profesi Keinsinyuran ITB dengan menggunakan fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa yang bersangkutan. Silakan calon mahasiswa yang bersangkutan mempersiapkan dokumen resmi pengganti Ijazah/Transkrip Akademik asli tersebut di Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa, sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa program Profesi Keinsinyuran ITB. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Profesi Keinsinyuran ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html.

 

PERTANYAAN : Apakah ada ujian seleksi bagi calon mahasiswa program Profesi Keinsinyuran jalur RPL di ITB ?

JAWAB : Tidak. Penilaian untuk pelaksanaan seleksi dilakukan berdasarkan dokumen-dokumen yang diunggah calon mahasiswa. Sehubungan dengan hal tersebut, mohon calon mahasiswa mengunggah dokumen-dokumen yang disyaratkan dengan selengkap-lengkapnya.

 

PERTANYAAN : Apakah ada ujian seleksi bagi calon mahasiswa program Profesi Keinsinyuran jalur Reguler di ITB ?

JAWAB : Ya, akan dilakukan ujian seleksi dalam bentuk tes tertulis dan wawancara secara daring. Jadwal tes tertulis dan wawancara akan disampaikan kemudian. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui korespondensi dengan e-mail ke alamat hydrography@gd.itb.ac.id.

 

PERTANYAAN : Kapankah saya menerima Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dari ITB ?

JAWABAN : Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi program Profesi Keinsinyuran ITB dapat mengunduh Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dengan cara melakukan login kembali di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, menggunakan nomor seleksi dan password yang telah dimiliki sebelumnya, pada masa Pengumuman Hasil Seleksi Program Profesi Keinsinyuran ITB. Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi untuk masing-masing gelombang penerimaan dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html pada bagian Jadwal Pendaftaran.

 

PERTANYAAN : Berapakah biaya pendidikan Program Profesi Keinsinyuran ITB ?

JAWABAN : Besaran Biaya Pendidikan yang dibebankan kepada mahasiswa Program Profesi Keinsinyuran ITB dapat diperoleh di alamat https://admission.itb.ac.id/home/profesi-keinsinyuran.html.

 

PERTANYAAN : Apakah ITB melaksanakan kerja sama dengan instansi tertentu untuk melaksanakan Program Profesi Keinsinyuran ITB ?

JAWABAN : Tidak, ITB tidak melaksanakan kerja sama dengan instansi tertentu dalam pelaksanaan Program Profesi Keinsinyuran ITB.

 

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan perkuliahan secara online pada pelaksanaan Program Profesi Keinsinyuran ITB ?

JAWAB : Proses tutorial dan bimbingan bagi peserta Program Profesi Insinyur ITB melalui jalur Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) akabn dilaksanakan secara online. Peserta PPI jalur RPL dapat mengikuti program dengan tetap melaksanakan profesi dan pekerjaannya sehari-hari, termasuk bila peserta yang bersangkutan sedang melaksanakan perkuliahan S2 atau S3. Sedangkan bagi peserta Program Profesi Insinyur ITB melalui jalur Reguler, akan mengikuti kegiatan kuliah dan tatap muka di Kampus ITB selama 2 (dua) semester. Pengaturan jadwal perkuliahan dan tata cara pertemuan tatap muka, akan disampaikan kemudian.

 

PERTANYAAN : Saya masih memiliki banyak pertanyaan tentang ITB. Bagaimana cara saya menghubungi Direktorat Pendidikan ITB ?

JAWABAN : Silakan menghubungi salah satu alamat kontak Direktorat Pendidikan ITB berikut :

Direktorat Pendidikan ITB,Gd. CCAR ITB lt. 4, Jl. Tamansari no. 64 Bandung
Whatsapp            : +62-8112101920
Instagram            : @admission.itb ; @akademikitb
Email                   : usmitb@pusat.itb.ac.id
Website               : https://admission.itb.ac.id ; https://tiket.akademik.itb.ac.id