FAQ Program Pascasarjana

 

PERTANYAAN : Bagaimana saya bisa menjadi mahasiswa program Pascasarjana ITB ?

JAWABAN : ITB melaksanakan penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana (Magister dan Doktor) pada semester ganjil dan semester genap. Sebagai informasi, silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Magister di ITB, serta alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Doktor di ITB.

 

PERTANYAAN : Dimana saya bisa memperoleh informasi mengenai pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB ?

JAWABAN : Silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Magister di ITB, serta alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Doktor di ITB. Pendaftaran mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat dilaksanakan secara daring (online) di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana.

 

PERTANYAAN : Apakah saya dapat melakukan pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB  secara online ?

JAWABAN : Pendaftaran mahasiswa program Pascasarjana ITB hanya dapat dilaksanakan secara daring (online) di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. ITB tidak menyediakan fasilitas pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana ITB secara luring (offline). Silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Magister di ITB, serta alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Doktor di ITB.

 

PERTANYAAN : Kapan pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dilaksanakan ?

JAWABAN : Silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh jadwal pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Magister di ITB, serta alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html untuk memperoleh jadwal pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Doktor di ITB.

 

PERTANYAAN : Program studi apa saja yang ditawarkan ITB di program Pascasarjana ?

JAWABAN : Silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh daftar program studi yang ditawarkan di program Magister di ITB, serta alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html untuk memperoleh daftar program studi yang ditawarkan di program Doktor di ITB.

 

PERTANYAAN : Apakah semua program studi Pascasarjana ditawarkan ITB di semua gelombang pendaftaran ?

JAWABAN : Tidak semua program studi membuka pendaftaran calon mahasiswa di semua gelombang pelaksanaan seleksi. Beberapa program studi hanya menerima calon mahasiswa pada semester dan gelombang pelaksanaan seleksi tertentu saja. Silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh daftar program studi yang ditawarkan pada masing-masing gelombang  pelaksanaan seleksi program Magister di ITB, serta alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html untuk memperoleh daftar program studi yang ditawarkan pada masing-masing gelombang  pelaksanaan seleksi program Doktor di ITB.

 

PERTANYAAN : Saya mendaftar program Magister di gelombang 1, namun program studi yang saya tuju tidak dapat dipilih di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. Mohon penjelasannya.

JAWABAN : Kemungkinan besar program studi yang dituju calon mahasiswa tidak membuka penerimaan mahasiswa baru di gelombang tersebut. Silakan mendaftar pada gelombang dimana program studi tujuan yang dimaksud membuka penerimaan mahasiswa baru. Mohon agar calon mahasiswa dapat memeriksa jadwal pembukaan program studi di masing-masing gelombang sebelum melakukan pendaftaran, di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html, pada bagian Program Studi. Calon mahasiswa juga diharapkan untuk memeriksa jadwal seleksi di program studi, di alamat tersebut, pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

 

PERTANYAAN : Saya mendaftar program Doktor di gelombang 1, namun program studi yang saya tuju tidak dapat dipilih di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. Mohon penjelasannya.

JAWABAN : Kemungkinan besar program studi yang dituju calon mahasiswa tidak membuka penerimaan mahasiswa baru di gelombang tersebut. Mohon agar calon mahasiswa dapat memeriksa jadwal pembukaan program studi di masing-masing gelombang sebelum melakukan pendaftaran, di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html, pada bagian Program Studi. Calon mahasiswa juga diharapkan untuk memeriksa jadwal seleksi di program studi, di alamat tersebut, pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

 

PERTANYAAN : Saya pernah terdaftar sebagai mahasiswa program Pascasarjana ITB. Namun demikian, karena satu dan lain hal, saya tidak melanjutkan pendidikan saya di ITB. Apakah saya boleh kembali mengikuti seleksi sebagai mahasiswa baru ITB ?

JAWABAN : Sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada Peraturan Akademik ITB, status penerimaan mahasiswa baru ITB akan dibatalkan bila mahasiswa/calon mahasiswa :

  1. Melakukan kecurangan pada saat pelaksanaan ujian masuk,
  2. Masih atau sedang mengikuti pendidikan di ITB,
  3. Mahasiswa Program Sarjana yang pernah terdaftar dan mengundurkan diri atau tidak diperkenankan lagi untuk melanjutkan pendidikan di ITB,
  4. Mahasiswa Program Pascasarjana yang pernah terdaftar dan tidak diperkenankan lagi untuk melanjutkan pendidikan di ITB pada strata dan program studi yang sama, atau pernah terdaftar dan mengundurkan diri dari strata dan program studi yang sama.

 

PERTANYAAN : Apa persyaratan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister di ITB ?

JAWABAN : Persyaratan calon mahasiswa program Magister (S2) di ITB adalah sebagai berikut :

 

PERTANYAAN : Apa saja dokumen yang diperlukan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister di ITB ?

JAWABAN : Persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Magister (S2) ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html. Calon mahasiswa yang berminat mendaftarkan diri harus mengunggah dokumen-dokumen persyaratan berikut :

 

PERTANYAAN : Saya lulusan program D4. Bisakah saya mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister di ITB ?

JAWABAN : Lulusan D4 diperbolehkan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister (S2) di ITB. Persyaratan yang berlaku bagi lulusan D4 sama dengan persyaratan yang berlaku bagi lulusan S1, dengan kemungkinan adanya persyaratan tambahan dari masing-masing program studi yang dituju oleh calon mahasiswa yang bersangkutan. Sebagai informasi, silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program Magister di ITB.

 

PERTANYAAN : Saya lulusan program alih jenjang (ekstensi) dari D3 ke S1. Bisakah saya mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister di ITB ?

JAWABAN : Lulusan program alih jenjang (ekstensi) dari D3 ke S1diperbolehkan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister (S2) di ITB. Sebagai informasi, saudara akan diminta untuk mengunggah dokumen Ijazah dan transkrip D3 saudara, bersama dengan Ijazah dan transkrip S1, pada saat melakukan pendaftaran calon mahasiswa program Magister di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. Silakan mengunjungi laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html untuk memperoleh informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru program Magister di ITB.

 

PERTANYAAN : Bidang studi saya saat S1 tidak sepenuhnya serumpun dengan bidang studi yang ingin saya tempuh di program Magister di ITB. Apakah saya masih bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa program Magister di program studi tujuan saya tersebut ?

JAWABAN : Persyaratan bidang studi Sarjana (S1) asal calon mahasiswa program Magister (S2) di ITB dapat berbeda untuk setiap program studi Magister yang dituju calon mahasiswa. Silakan calon mahasiswa menghubungi program studi Magister tujuannya secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Apakah program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) itu ?

JAWABAN : ITB membuka penerimaan program pascasarjana melalui jalur Magister Berbasis Riset (MBR) atau Master by Research (MBR) bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan seraya fokus dalam melakukan riset secara mandiri. Program ini bertujuan untuk mendukung lembaga penelitian dan industri agar dapat mengikuti perkembangan riset, sesuai dengan kepakaran yang dimiliki oleh ITB. Program ini ditujukan untuk peneliti di lembaga penelitian pemerintah, swasta maupun industri yang yang mempunyai komitmen tinggi terhadap penelitian.

 

PERTANYAAN : Apa keunggulan program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) dbandingkan dengan program Magister reguler ?

JAWABAN : Salah satu keunggulan program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) adalah mahasiswa bisa menempuh pendidikan lanjutan tanpa harus meninggalkan pekerjaannya. Program MBR ini bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan yang diperoleh melalui pengalaman meneliti secara mandiri dan menghasilkan publikasi jurnal international, yang dapat diselenggarakan melalui pola kerja sama antara ITB dan institusi mitra, yang dapat berupa instansi, perusahaan, industri, atau perguruan tinggi baik swasta maupun pemerintah (negeri) yang menjalin kerjasama dengan ITB.

 

PERTANYAAN : Apa persyaratan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) ITB ?

JAWABAN : Persyaratan calon mahasiswa program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) ITB adalah sebagai berikut :

 

PERTANYAAN : Apa saja dokumen yang diperlukan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) di ITB ?

JAWABAN : Persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html. Calon mahasiswa yang berminat mendaftarkan diri harus mengunggah dokumen-dokumen persyaratan berikut :

 

PERTANYAAN : Apakah saya wajib telah memiliki calon pembimbing saat mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) di ITB ?

JAWABAN : Calon mahasiswa diwajibkan telah memiliki calon pembimbing saat mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) di ITB. Sebelum melakukan pendaftaran sebagai peserta seleksi program MBR, calon mahasiswa harus mendapatkan persetujuan dari calon pembimbing yang akan mendampingi selama dua tahun menempuh masa studi dan tidak diperkenankan mengganti dosen pembimbing di tengah jalan.

 

PERTANYAAN : Apa persyaratan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Doktor di ITB ?

JAWABAN : Persyaratan calon mahasiswa program Doktor (S3) di ITB adalah sebagai berikut :

 

PERTANYAAN : Apa saja dokumen yang diperlukan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa program Doktor di ITB ?

JAWABAN : Persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Doktor (S3) ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html. Calon mahasiswa yang berminat mendaftarkan diri harus mengunggah dokumen-dokumen persyaratan berikut :

 

PERTANYAAN : Bidang studi saya saat S2 tidak sepenuhnya serumpun dengan bidang studi yang ingin saya tempuh di program Doktor di ITB. Apakah saya masih bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa program Doktor di program studi tujuan saya tersebut ?

JAWABAN : Persyaratan bidang studi Magister (S2) asal calon mahasiswa program Doktor (S3) di ITB dapat berbeda untuk setiap program studi Doktor yang dituju calon mahasiswa. Silakan calon mahasiswa menghubungi program studi Doktor tujuannya secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Apakah saya wajib telah memiliki calon pembimbing/promotor saat mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Doktor di ITB ?

JAWABAN : Sebaiknya calon mahasiswa telah menghubungi/berdiskusi dengan calon pembimbing/promotor sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Doktor di ITB, untuk memperoleh informasi terkait kesesuaian topik riset yang akan dilaksanakan oleh calon mahasiswa dengan ketersediaan pembimbing/promotor di ITB. Silakan calon mahasiswa menghubungi program studi Doktor tujuannya secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Saya baru dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya, namun belum memperoleh Ijazah asli. Dapatkan saya mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus ?

JAWABAN : Calon mahasiswa diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus resmi dari Perguruan Tinggi asalnya yang telah menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah lulus Yudisium dari tingkat pendidikan sebelumnya, ditandatangani oleh Dekan di Perguruan Tinggi asalnya. Namun demikian, bila yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi program Pascasarjana di ITB, calon mahasiswa tersebut harus dapat mengunggah Ijazah dan transkrip akademik asli paling lambat pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB. Calon mahasiswa yang tidak dapat mengunggah Ijazah dan transkrip akademik asli pada saat tersebut akan dibatalkan kelulusannya dari program Pascasarjana ITB. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html.

 

PERTANYAAN : Saya belum dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya, sehingga belum memperoleh Ijazah asli atau Surat Keterangan Lulus. Dapatkan saya mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan Surat Keterangan Akan Lulus ?

JAWABAN : Tidak bisa, persyaratan calon mahasiswa program Pascasarjana ITB adalah merupakan lulusan strata pendidikan sebelumnya dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai, dibuktikan dengan Ijazah asli atau Surat Keterangan Lulus yang telah menyatakan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah lulus Yudisium dari tingkat pendidikan tersebut. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html.

 

PERTANYAAN : Ijazah/Transkrip Akademik saya hilang, namun saya memiliki fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal saya. Dapatkan saya mendaftarkan diri di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan dokumen tersebut ?

JAWABAN : Calon mahasiswa diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa yang bersangkutan. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html.

 

PERTANYAAN : Ijazah/Transkrip Akademik saya hilang dan saya hanya memiliki fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang tidak dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal saya. Dapatkan saya mendaftarkan diri di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan dokumen tersebut ?

JAWABAN : Tidak bisa. Selain dari Ijazah/Transkrip akademik asli, calon mahasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di program Pascasarjana ITB dengan menggunakan fotokopi Ijazah/Transkrip Akademik yang telah dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa yang bersangkutan. Silakan calon mahasiswa yang bersangkutan mempersiapkan dokumen resmi pengganti Ijazah/Transkrip Akademik asli tersebut di Perguruan Tinggi asal calon mahasiswa, sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa program Pascasarjana ITB. Informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html.

 

PERTANYAAN : Saya sulit memperoleh dokumen hasil TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/TOEIC/ELPT ITB, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. Apakah saya tetap bisa mendaftar sebagai calon mahasiswa program Pascasarjana ITB ?

JAWABAN : Sesuai dengan informasi di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html, pada bagian Petunjuk Pendaftaran, sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program Pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2021, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2021. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :

 

PERTANYAAN : Saya sudah memiliki sertifikat TKDA, apakah dokumen tersebut dapat digunakan sebagai pengganti dokumen TPA Bappenas ?

JAWABAN : ITB hanya menerima dokumen TPA Bappenas saja, dengan usia maksimum 2 tahun, pada saat pelaksanaan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB. Dokumen lain selain TPA Bappenas tidak dapat digunakan untuk mendaftar program Pascasarjana ITB.

 

PERTANYAAN : Saya sudah memiliki sertifikat ELPT dari Perguruan Tinggi selain ITB, apakah dokumen tersebut dapat digunakan sebagai pengganti dokumen bukti kemampuan bahasa Inggris ?

JAWABAN : ITB hanya menerima dokumen iBT TOEFL/TOEFL ITP/IELTS/ELPT ITB saja, dengan usia maksimum 2 tahun, pada saat pelaksanaan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB. Dokumen bukti kemampuan bahasa Inggris lain selain dari dokumen-dokumen tersebut di atas tidak dapat digunakan untuk mendaftar program Pascasarjana ITB.

 

PERTANYAAN : Saya merupakan WNI lulusan dari Perguruan Tinggi luar negeri, di negara berbahasa Inggris, apakah saya tetap harus mengunggah dokumen bukti kemampuan bahasa Inggris ?

JAWABAN : Sesuai dengan informasi di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html, seluruh calon mahasiswa program Pascasarjana ITB diharuskan menyerahkan dokumen iBT TOEFL/TOEFL ITP/IELTS/ELPT ITB sebagai dokumen bukti kemampuan bahasa Inggris. Ketentuan ini berlaku bagi seluruh calon mahasiswa program Pascasarjana ITB.

 

PERTANYAAN : Di laman http://admission.itb.ac.id dinyatakan bahwa sehubungan pandemi Covid-19, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB. Namun program studi yang saya tuju mensyaratkan dokumen tersebut. Mohon penjelasannya.

JAWABAN : Perlu kami sampaikan bahwa pelaksanaan seleksi di setiap program studi Pascasarjana sepenuhnya merupakan wewenang dari program studi tersebut. Dengan demikian, setiap program studi dapat menambahkan persyaratan untuk melakukan seleksi di program studi tersebut, selain dari persyaratan umum yang telah ditetapkan ITB, termasuk mensyaratkan calon mahasiswa yang melamar ke program studi tersebut harus telah memiliki dokumen TOEFL dan TPA yang memenuhi persyaratan ITB, sebelum dapat diseleksi sebagai calon mahasiswa di program studi yang bersangkutan.

 

PERTANYAAN : Saya belum mengikuti tes TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, bagaimana cara saya mengisikan nilai dan tanggal tes TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana ?

JAWABAN : Silakan isi nilai TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB dengan angka “0”, sedangkan tanggal tes diisi dengan tanggal saat saudara melakukan pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana.

 

PERTANYAAN : Apakah saya bisa menggunakan BPJS sebagai dokumen persyaratan bukti kepemilikan asuransi kesehatan ?

JAWABAN : Sesuai dengan informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html, BPJS merupakan salah satu jenis asuransi yang dapat digunakan untuk memenuhi syarat bukti kepemilikan asuransi kesehatan. ITB menerima semua kelas BPJS.

 

PERTANYAAN : Apakah saya bisa menggunakan asuransi swasta sebagai dokumen persyaratan bukti kepemilikan asuransi kesehatan ?

JAWABAN : Sesuai dengan informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html, selain dari BPJS, calon mahasiswa dapat menggunakan salah satu jenis asuransi kesehatan lainnya, selama dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, untuk memenuhi syarat bukti kepemilikan asuransi kesehatan.

 

PERTANYAAN : BPJS saya belum aktif, apakah saya bisa mengunggah dokumen BPJS yang belum aktif tersebut sebagai dokumen persyaratan bukti kepemilikan asuransi kesehatan ?

JAWABAN : Sesuai dengan informasi mengenai persyaratan dokumen pendaftaran bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html, calon mahasiswa harus mengunggah dokumen bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang masih berlaku dan aktif. Namun demikian, dokumen bukti kepemilikan asuransi kesehatan masih dapat diunggah secara menyusul, hingga paling lambat pada pelaksanaan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Mahasiswa Baru ITB, bila calon mahasiswa yang bersangkutan lulus seleksi program Pascasarjana ITB.

 

PERTANYAAN : Saya belum memiliki asuransi kesehatan dan berniat mengunggah secara menyusul pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB. Bagaimana cara mengisi kolom nomor peserta dan tanggal masa berlaku asuransi kesehatan pada laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana ?

JAWABAN : Silakan isi nomor peserta asuransi dengan “Belum Ada” atau “0”, sedangkan tanggal masa berlaku diisi tanggal 2 tahun dari saat saudara melakukan pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana.

 

PERTANYAAN : Saya pelamar program Doktor. Apakah saya bisa mengganti Proposal Penelitian dengan Surat Pernyataan Tujuan ?

JAWABAN : Pelamar program Doktor diharuskan mengunggah Proposal Penelitian, tidak dapat digantikan oleh Surat Pernyataan Tujuan. Surat Pernyataan Tujuan adalah dokumen yang digunakan untuk seleksi di program Magister, bukan di program Doktor.

 

PERTANYAAN : Saya sedang melamar beasiswa, namun belum menerima keputusan mengenai perolehan beasiswa tersebut. Bagaimana cara saya mengisi Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Magister/Doktor ?

JAWABAN : Sehubungan beasiswa belum diperoleh, calon mahasiswa dapat mengisi Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Magister/Doktor secara pribadi, dengan mencantumkan diri sendiri sebagai Penanggung Jawab Biaya Pendidikan Program Magister/Doktor. Perubahan status penerima beasiswa dapat dilakukan setelah beasiswa diterima, pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

 

PERTANYAAN : Berapa nilai meterai yang harus saya gunakan pada Surat Mengikuti Program Magister/Doktor dan Surat Pernyataan Keaslian Dokumen ?

JAWABAN : Silakan gunakan meterai Rp. 10.000.-. Namun selama masa transisi yang ditetapkan pemerintah sepanjang tahun 2021, meterai Rp. 6000,- masih dapat digunakan.

 

PERTANYAAN : Saya sudah menyelesaikan pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dan telah menyelesaikan pembayaran biaya seleksi. Proses apa lagi yang harus saya lakukan ?

JAWABAN : ITB akan melakukan verifikasi terhadap data pendaftaran calon mahasiswa. Bila seluruh data dan dokumen telah diverifikasi dan dinyatakan valid, calon mahasiswa dapat mengikuti ujian seleksi di program studi. Silakan melakukan login kembali ke laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana untuk memeriksa status hasil verifikasi pendaftaran program Pascasarjana ITB.

 

PERTANYAAN :  Saya gagal menyelesaikan proses pendaftaran program Pascasarjana ITB di gelombang 1. Apakah saya bisa melanjutkan pendaftaran di gelombang 2 atau gelombang berikutnya ?

JAWABAN : Bila calon mahasiswa tidak berhasil menyelesaikan seluruh proses pendaftaran program Pascasarjana ITB di gelombang 1, termasuk tidak bila data pendaftarannya dinyatakan tidak valid pada saat verifikasi, calon mahasiswa yang bersangkutan akan dinyatakan tidak lulus seleksi di gelombang tersebut. Bila calon mahasiswa masih berminat mengikuti gelombang 2 atau gelombang berikutnya, calon mahasiswa harus mengulang seluruh proses pendaftarannya dari awal lagi.

 

PERTANYAAN : Saya sudah menyelesaikan pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dan telah dinyatakan dapat mengikuti seleksi program Magister di program studi. Kapan dan bagaimana saya dapat mengikuti proses seleksi tersebut ?

JAWABAN : Jadwal Pelaksanaan Tes di Program Studi dapat dilihat di alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html. Calon mahasiswa juga dapat menghubungi program studi tujuannya secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Saya sudah menyelesaikan pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB dan telah dinyatakan dapat mengikuti seleksi program Doktor di program studi. Kapan dan bagaimana saya dapat mengikuti proses seleksi tersebut ?

JAWABAN : Jadwal Pelaksanaan Tes di Program Studi dapat dilihat di alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html. Calon mahasiswa juga dapat menghubungi program studi tujuannya secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Apa saja yang harus saya persiapkan untuk mengikuti seleksi di program studi ?

JAWABAN : Perlu kami sampaikan bahwa pelaksanaan seleksi di setiap program studi Pascasarjana sepenuhnya merupakan wewenang dari program studi tersebut. Calon mahasiswa dipersilakan untuk menghubungi program studi tujuannya secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

 

PERTANYAAN : Apakah ujian seleksi di program studi dilaksanakan secara daring (online) ?

JAWABAN : Sebagian besar kegiatan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB dilaksanakan secara daring (online). Calon mahasiswa dipersilakan untuk menghubungi program studi tujuannya secara langsung untuk memperoleh informasi mengenai tata cara dan pelaksanaan ujian seleksi tersebut.

 

PERTANYAAN : Berapakah biaya pendidikan program Magister di ITB ?

JAWABAN : Besaran Biaya Pendidikan yang dibebankan kepada mahasiswa program Magister ITB dapat diperoleh di alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html.

 

PERTANYAAN : Berapakah biaya pendidikan program Doktor di ITB ?

JAWABAN : Besaran Biaya Pendidikan yang dibebankan kepada mahasiswa program Doktor ITB dapat diperoleh di alamat http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-doktor.html.

 

PERTANYAAN : Apakah ada uang pangkal bagi mahasiswa baru program pascasarjana ITB ?

JAWABAN : ITB tidak menetapkan biaya sejenis uang pangkal pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa program Pascasarjana. Informasi lebih lanjut mengenai Biaya Pendidikan di program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di alamat https://admission.itb.ac.id/.

 

PERTANYAAN : Bisakah warga negara selain Indonesia menjadi mahasiswa program Pascasarjana ITB ?

JAWABAN : ITB menawarkan jalur ITB International Graduate Program, yang dapat menerima calon mahasiswa berkewarganegaraan asing. Informasi rinci mengenai ITB International Graduate Program dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/international-graduate-program.html.

 

PERTANYAAN : Bisakah calon mahasiswa warga negara Indonesia mendaftar di ITB International Graduate Program ?

JAWABAN : ITB menawarkan jalur ITB International Graduate Program hanya bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing. Calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia tidak dapat mengikuti program tersebut. Informasi rinci mengenai ITB International Graduate Program dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/international-graduate-program.html.

 

PERTANYAAN : Bagaimana dengan biaya perkuliahan bagi mahasiswa asing di ITB ?

JAWABAN : Informasi mengenai biaya pendidikan bagi mahasiswa baru program Pascasarjana ITB yang berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/international-graduate-program.html.

 

PERTANYAAN : Adakah beasiswa bagi mahasiswa asing di ITB ?

JAWABAN : ITB tidak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berkewarganegaraan asing. Informasi mengenai biaya pendidikan bagi mahasiswa baru program Pascasarjana ITB yang berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/international-graduate-program.html. 

 

PERTANYAAN : Apakah saya dapat mencicil pembayaran biaya pendidikan di ITB ?

JAWABAN : Mulai tahun 2021, ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan biaya pendidikan. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran biaya pendidikan secara mencicil. Informasi tersebut dapat diperoleh di alamat http://admission.itb.ac.id/.

 

PERTANYAAN : Kapankah saya menerima Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dari ITB ?

JAWABAN : Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi program Pascasarjana ITB dapat mengunduh Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dengan cara melakukan login kembali di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, menggunakan nomor seleksi dan password yang telah dimiliki sebelumnya, pada masa Pengumuman Hasil Seleksi Program Pascasarjana ITB. Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi untuk masing-masing gelombang penerimaan dapat diperoleh di laman http://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html pada bagian Jadwal Pendaftaran.

 

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan perkuliahan jarak jauh atau perkuliahan secara online ?

JAWABAN : ITB tidak memiliki program-program pendidikan jarak jauh sejenis seperti yang dimaksud di luar program S1, S2, dan S3 reguler. Informasi selengkapnya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB dapat diperoleh di alamat https://admission.itb.ac.id/.

 

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan kelas karyawan atau kelas kuliah malam ?

JAWABAN : ITB tidak memiliki program-program sejenis seperti yang dimaksud di luar program S1, S2, dan S3 reguler. Seluruh perkuliahan program S1, S2, dan S3 ITB dilaksanakan para hari dan jam kerja. Informasi selengkapnya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB dapat diperoleh di alamat https://admission.itb.ac.id/.

 

PERTANYAAN : Apakah ITB memiliki program studi Pascasarjana yang berlokasi di Kota Jakarta ?

JAWABAN : ITB memiliki program studi Magister Administrasi Bisnis Kelas Jakarta, yang berada di bawah Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Silakan menghubungi Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai program studi tersebut di alamat https://www.sbm.itb.ac.id.

 

PERTANYAAN : Apakah ITB memiliki program studi Pascasarjana yang melaksanakan perkuliahan di akhir pekan ?

JAWABAN : ITB memiliki program studi Magister Administrasi Bisnis Kelas Jakarta, yang berada di bawah Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Program studi tersebut menawarkan kelas yang melaksanakan kegiatan perkuliahan di akhir pekan. Silakan menghubungi Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai program studi tersebut. Sebagai informasi tambahan, selain dari program studi Magister Administrasi Bisnis Kelas Jakarta tersebut, program studi pascasarjana ITB lainnya tidak menawarkan kelas yang diselenggarakan pada akhir pekan. Silakan menghubungi Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai program studi Magister Administrasi Bisnis Kelas Jakarta di alamat https://www.sbm.itb.ac.id.

 

PERTANYAAN : Saya masih memiliki banyak pertanyaan tentang ITB. Bagaimana cara saya menghubungi Direktorat Pendidikan ITB ?

JAWABAN : Silakan menghubungi salah satu alamat kontak Direktorat Pendidikan ITB berikut :

 

Direktorat Pendidikan ITB,
Gd. CCAR ITB lt. 4, Jl. Tamansari no. 64 Bandung
Whatsapp       : +62-8112101920
Instagram       : @admission.itb ; @akademikitb
Email              : usmitb@pusat.itb.ac.id
Website          : https://admission.itb.ac.id ; https://tiket.akademik.itb.ac.id