slot deposit pulsahttps://simlppm.untan.ac.id/vendor/terbaik-2024/https://bappeda.pareparekota.go.id/xgacor/https://e-learning.unitomo.ac.id/woro2/slot.htmlhttps://bappeda.nganjukkab.go.id/ini.htmlhttps://formppid.kemenpora.go.id/myadmin/hari-ini/https://pkkmb-online.umj.ac.id/cache/deposit-pulsa/https://silayar.ut.ac.id/course/terbaik-terpercaya/https://lentera.uin-alauddin.ac.id/question/gratis-terlengkap/https://lmspelkes.bengkuluprov.go.id/course/gampang-menang/https://ditkapel.dephub.go.id/maxwin/https://jdih.kalselprov.go.id/-/daftar-terbaru/https://jmlci.unesa.ac.id/pages/article/
Admission ITB - PROGRAM SNBP-PEMINATAN ITB 2023

 

PROGRAM SNBP-PEMINATAN ITB 2023 

Pada tahun 2023, ITB menerima mahasiswa baru program Sarjana Reguler melalui beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa, yaitu : 

Pada ketiga sistem seleksi tersebut di atas, ITB menerima mahasiswa di Fakultas/Sekolah, sebelum kemudian dijuruskan ke program studi yang diminati mahasiswa, setelah satu tahun perkuliahan.  

Namun demikian, pada pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), ITB kembali menyelenggarakan program SNBP-Peminatan, dimana calon mahasiswa peserta SNBP dapat memilih program studi yang diminatinya secara langsung. 

 

Apakah Program SNBP-Peminatan ITB terpisah dari SNBP? 

Tidak. Program SNBP-Peminatan ITB merupakan bagian dari pelaksanaan seleksi SNBP di ITB.  Dengan demikian, baik program peminatan maupun non peminatan merupakan bagian dari seleksi SNBP.

  

TUJUAN PROGRAM

 

Tujuan program SNBP-Peminatan ITB ada 2 hal, yaitu: 

  1. Mendukung pengembangan ilmu-ilmu yang oleh ITB dikategorikan sebagai bidang ilmu strategis dalam pembangunan Indonesia dan membutuhkan dukungan khusus.
  2. Memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang memiliki keinginan kuat/sudah menentukan pilihan terhadap program studi tertentu.

 

 

PROGRAM STUDI SNBP-PEMINATAN 2023

 

Berikut program studi yang dapat dipilih pada SNBP-Peminatan 2023 yang dibagi menjadi 3 lokasi kampus:

 

ITB Kampus Ganesha

  1. Fisika (FMIPA-IPA) 
  2. Astronomi (FMIPA-IPA) 
  3. Kimia (FMIPA-IPA)
  4. Meteorologi (FITB-G) 
  5. Oseanografi (FITB-G) 
  6. Teknik Geofisika (FTTM-G) 
  7. Teknik Kimia (FTI-G) 
  8. Teknik Fisika (FTI-G) 
  9. Manajemen Rekayasa (FTI-G) 
  10. Teknik Material (FTMD) 
  11. Perencanaan Wilayah dan Kota (SAPPK-G) 
  12. Kewirausahaan (SBM) 

 

ITB Kampus Jatinangor

  1.      Rekayasa Pertanian (SITH-R) 
  2. Rekayasa Kehutanan (SITH-R) 
  3. Teknologi Pascapanen (SITH-R)
  4. Teknik Pangan (FTI-J) 
  5. Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-J) 
  6. Desain Komunikasi Visual Peminatan NVD - Kelas Jatinangor (FSRD-G)
  7. STEI-K Kelas Jatinangor dengan pilihan prioritas program studi:

 

ITB Kampus Cirebon

1.    Teknik Geofisika (FTTM-C)

 

CARA PENDAFTARAN

 

Untuk dapat mengikuti program SNBP-Peminatan, calon mahasiswa dapat menempuh langkah-langkah berikut: 

  1. Melakukan pendaftaran SNBP di laman pendaftaran peserta SNBP (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/), memilih Fakultas/Sekolah yang menaungi program studi yang ingin dipilih dalam Program SNBP-Peminatan, melakukan finalisasi pendaftaran SNBP, dan mengunduh Kartu Peserta SNBP. 
  2. Mendaftar sebagai peserta Program SNBP-Peminatan ITB melalui laman https://admission.itb.ac.id/peminatan, mulai tanggal 14 Februari – 4 Maret 2023 dengan cara:
    1. Mendaftarkan diri untuk memperoleh kata kunci (password) untuk dapat login, dengan menggunakan Nomor Peserta SNBP 2023 (bukan dengan NISN) dan alamat email yang aktif. Satu nomor peserta SNBP hanya dapat digunakan untuk satu kali pendaftaran Program SNBP-Peminatan. Sistem akan mengirimkan kata kunci (password) ke alamat e-mail peserta.
    2. Melakukan login di laman https://admission.itb.ac.id/peminatan menggunakan nomor peserta SNBP dan password yang telah diberikan sistem. 
    3. Melakukan pengisian data diri peserta. 
    4. Memilih Fakultas/Sekolah sesuai dengan pilihan yang tercantum di laman pendaftaran SNBP. Pilihan Fakultas/Sekolah yang tidak sesuai dengan pilihan di laman pendaftaran SNBP akan menyebabkan pendaftaran anda di Program SNBP-Peminatan ITB dibatalkan. 
    5. Memilih Program Studi. Peserta tidak diperkenankan untuk memilih lebih dari 1 (satu) Program Studi dalam Fakultas/Sekolah yang sama, kecuali bila Fakultas/Sekolah tersebut berada di lokasi kampus yang berbeda. 
    6. Mengunggah Kartu Peserta SNBP 2023. 
    7. Menyetujui Pernyataan Keikutsertaan Program SNBP-Peminatan ITB. 
    8. Melakukan Finalisasi Pendaftaran Program SNBP-Peminatan ITB.

 

SIMULASI CONTOH PEMILIHAN MENGIKUTI SNBP-PEMINATAN

 

Contoh 1: Mengikuti SNBP-Peminatan pada salah satu pilihan

Berencana pada pilihan pertama FSRD Kampus Ganesha dan pilihan kedua Peminatan STEI-K Teknik Informatika Kelas Jatinangor.

Pilihan Pada Laman SNBP

Pilihan Pada Laman Admission ITB

 FSRD-G

 (dikosongkan)

 STEI-K

  Teknik Informatika Kelas Jatinangor

 

Contoh 2: Mengikuti SNBP-Peminatan pada kedua pilihan

Berencana pada pilihan pertama Peminatan FTI-G program studi Teknik Kimia dan pilihan kedua Peminatan FMIPA-IPA program studi Kimia

Pilihan Pada Laman SNBP

Pilihan Pada Laman Admission ITB

 FTI-G

  Teknik Kimia

 FMIPA-IPA

  Kimia

 

Contoh 3: Tidak mengikuti SNBP-Peminatan

Berencana pada pilihan pertama STEI-R dan pilihan kedua STEI-K

Pilihan Pada Laman SNBP

Pilihan Pada Laman Admission ITB

 STEI-R

  Tidak perlu mendaftar peminatan

 STEI-K

 

Contoh 4: Mengikuti SNBP-Peminatan pada fakultas yang sama

Berencana memilih Peminatan FMIPA-IPA program studi Kimia & program studi Fisika

Program peminatan hanya dapat memilih 1 dari fakultas/sekolah yang sama.

 

JADWAL PENDAFTARAN SNBP-PEMINATAN ITB

Jadwal pelaksanaan program SNBP-Peminatan ITB tahun 2023 adalah sebagai berikut: 

Kegiatan 

Waktu 

Pendaftaran SNBP 2023 

14 - 28 Februari 2023 

Pendaftaran Program SNBP-Peminatan ITB 2023 

14 Februari - 4 Maret 2023 

Pengumuman Hasil SNBP dan Program SNBP-Peminatan ITB 

28 Maret 2023 

Program SNBP-Peminatan ITB merupakan bagian dari pelaksanaan seleksi SNBP di ITB.  Dengan demikian, baik program peminatan maupun non peminatan MERUPAKAN BAGIAN dari seleksi SNBP. Program SNBP-Peminatan ITB bukan merupakan jalur seleksi yang terpisah dari pelaksanaan SNBP. 

Informasi lengkap mengenai pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan program SNBP-Peminatan ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/snmptn.  

  

KEUNGGULAN SNBP-PEMINATAN ITB

 

Sebagaimana sudah disebutkan, penerimaan jalur program peminatan bertujuan mendukung pengembangan bidang ilmu strategis bagi pembangunan Indonesia. Mahasiswa yang masuk ke dalam program peminatan akan memiliki kemampuan akademik khusus yang disesuaikan dengan ciri khas fakultas-kampus atau keserumpunan ilmu bagi pembangunan Indonesia kelak.

 

 

PERBEDAAN SNBP-PEMINATAN ITB DAN NON PEMINATAN

 

  1. Mahasiswa yang diterima melalui Program SNBP-Peminatan tidak mengikuti proses seleksi pemilihan program studi yang diadakan pada akhir Tahun Pertama (akhir masa Tahap Pertama Bersama) perkuliahan, seperti halnya yang harus diikuti oleh mahasiswa dari Program Non Peminatan. 
  2. Mahasiswa yang diterima melalui Program SNBP-Peminatan tidak bisa pindah program studi dengan alasan apa pun. 

 

 

TANTANGAN MENGIKUTI SNBP-PEMINATAN ITB

 

Calon mahasiswa yang masuk melalui program ini tidak diperbolehkan untuk pindah prodi dengan alasan apapun. Oleh karena itu, sejak dini calon mahasiswa harus dapat menyesuaikan minat dan kemampuan akademik yang dimiliki.

 

 

 

 

 

 

  

 

BERITA/NEWS 

Open House ITB

Pada tahun 2023, Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan kegiatan Open House ITB 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Ganesa (SABUGA) ITB, Jalan Tamansari no. 73 Bandung, pada hari Jumat s.d. Minggu, tanggal 1 – 3 Desember 2023.

Read more..

ITB Terima 1793 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBT 2023

Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1793 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 20 Juni 2023, pukul 15.00 WIB.

Read more..

Beasiswa Pendidikan Indonesia

 

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI kembali menawarkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), yang masa pendaftarannya akan berakhir di tanggal 30 Juni 2023. Sehubungan dengan hal tersebut, ITB melakukan penambahan jadwal pendaftaran dan seleksi Program Pascasarjana ITB Gelombang 5 untuk semester I tahun 2023/2024, khusus bagi para pelamar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

 

Read more..