Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 2093 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 28 Maret 2023, pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id.

 

Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBP 2023 tersebut sudah mewakili calon mahasiswa yang berasal dari 24 provinsi di Indonesia. Di antara 2093 orang calon mahasiswa yang diterima di ITB tersebut, terdapat 222 orang calon mahasiswa yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).


ITB kampus Cirebon menerima 49 asal Cirebon dan sekitarnya dari 202 total mahasiswa baru ITB kampus Cirebon yang diterima melalui SNBP 2023, atau sekitar 24,3%. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sekitarnya.

 

Dari 2093 orang calon mahasiswa yang diterima melalui melalui SNBP 2023, perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima ITB adalah sebesar 40:60. Sedangkan distribusi penerimaan berdasarkan pilihan fakultas/sekolah adalah sebagai berikut:

 

Fakultas/Sekolah

Terima

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Matematika

93

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Ilmu Pengetahuan Alam

167

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Sains

74

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Rekayasa

172

Sekolah Farmasi (SF)

67

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) - Kampus Ganesa

166

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) - Kampus Cirebon

30

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) - Kampus Ganesa

126

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) - Kampus Cirebon

95

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Komputasi

133

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Rekayasa

102

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Ganesa

140

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Jatinangor

60

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Ganesa

132

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Jatinangor

60

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Cirebon

31

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

123

Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) - Kampus Ganesa

81

Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) - Kampus Cirebon

31

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Kampus Ganesa

111

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Kampus Cirebon

15

Sekolah Bisnis dan Manajemen

84

Jumlah

2093

 

Beberapa Fakultas/Sekolah yang diminati oleh para siswa antara lain adalah STEI-Komputasi, FTTM, SBM, FTI, FSRD dan SF. Total pendaftar SNBP ke ITB tahun 2023 adalah 15.451 siswa.

 

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNBP 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 14 April 2023 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi. Calon mahasiswa ITB lulusan SNBP 2023 diharapkan untuk memperhatikan secara seksama, informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut.

 

Informasi penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah mulai tahun ajaran 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Pertama Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor. Seluruh kegiatan akademik akan dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor. Bagi para siswa yang telah melakukan pendaftaran ulang dan akan mempersiapkan tempat tinggal maka diminta selalu mengikuti berita melalui laman https://admission.itb.ac.id atau https://www.itb.ac.id dan Instagram @akademikitb atau @itb1920.

 

ITB menyampaikan selamat kepada para Siswa dan Keluarga yang diterima di ITB melalui program SNBP dan para siswa yang dinyatakan tidak lulus SNBP 2023, masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SNBT 2023, Seleksi Mandiri ITB dan juga seleksi International Undergraduate Program 2023.



 

 

.rTable { display: table; width: 100%;} .rTableRow { display: table-row; } .rTableHeading { background-color: #ddd; display: table-header-group; } .rTableCell, .rTableHead { display: table-cell; padding: 3px 10px; border: 1px solid #999999; } .rTableHeading { display: table-header-group; background-color: #ddd; font-weight: bold; } .rTableFoot { display: table-footer-group; font-weight: bold; background-color: #ddd; } .rTableBody { display: table-row-group; }

Open House ITB

Pada tahun 2023, Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan kegiatan Open House ITB 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Ganesa (SABUGA) ITB, Jalan Tamansari no. 73 Bandung, pada hari Jumat s.d. Minggu, tanggal 1 – 3 Desember 2023.

Read more..

ITB Terima 1793 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBT 2023

Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1793 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 20 Juni 2023, pukul 15.00 WIB.

Read more..

Beasiswa Pendidikan Indonesia

 

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI kembali menawarkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), yang masa pendaftarannya akan berakhir di tanggal 30 Juni 2023. Sehubungan dengan hal tersebut, ITB melakukan penambahan jadwal pendaftaran dan seleksi Program Pascasarjana ITB Gelombang 5 untuk semester I tahun 2023/2024, khusus bagi para pelamar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

 

Read more..