PROGRAM MAGISTER BERBASIS RISET

(MASTER BY RESEARCH/MBR)

 

 

INFORMASI UMUM

 

Mulai tahun akademik 2021/2022, ITB menawarkan program Magister Berbasis Riset (Master By Research/MBR). Program MBR ini bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan yang diperoleh melalui pengalaman meneliti secara mandiri dan menghasilkan publikasi jurnal international, yang dapat diselenggarakan melalui pola kerja sama antara ITB dan institusi mitra serta dimungkinkan dengan program fast track, program regular dengan kemitraan dan program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Institusi mitra adalah instansi, perusahaan, industri, atau perguruan tinggi baik swasta maupun pemerintah (negeri) yang menjalin kerjasama dengan ITB.

Kurikulum program MBR terdiri dari matakuliah yang pembelajarannya secara terstruktur dengan persentase 25% - 48% dan matakuliah dengan pembelajaran bersifat mandiri 52% - 75%, yaitu matakuliah yang didominasi kerja mandiri di bawah bimbingan dan arahan dosen pengampu matakuliah tersebut. Persentase pembelajaran secara mandiri dan perubahan minor kurikulum yang dilakukan tidak mengubah Program Learning Outcome (PLO) dari program studi yang ada. Gelar yang diperoleh sama dengan gelar dari Program Magister Reguler. Selain telah lulus semua mata kuliah dengan jumlah SKS minimum 36 SKS dan menyerahkan Tesis, syarat kelulusan seorang mahasiswa Program MBR adalah memiliki publikasi di jurnal internasional, sekurangnya sudah dinyatakan diterima (accepted).

 

 

PROGRAM STUDI YANG DITAWARKAN

 

Saat ini ITB menawarkan lima program studi melalui skema program Magister Berbasis Riset (Master By Research/MBR), yaitu :

 

 

PERSYARATAN PESERTA

 

Ketentuan dan persyaratan yang berlaku bagi peserta program MBR sama dengan persyaratan dan ketentuan bagi peserta program Magister ITB lainnya, dengan tambahan dokumen persyaratan sebagai berikut :

 

1.    Portofolio Pelamar dan Bukti Capaian Riset

2.    Surat Kesediaan Calon dosen Pembimbing

3.    Surat Rekomendasi Calon Dosen Pembimbing

4.    Proposal Rencana Riset

 

Format dokumen-dokumen tersebut dapat diperoleh calon mahasiswa setelah melakukan registrasi di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. Informasi lengkap mengenai persyaratan pendaftaran program Magister di ITB dapat diperoleh di alamat https://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html.

 

 

PENDAFTARAN PESERTA

 

Calon mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program Magister Berbasis Riset (Master By Research/MBR) dapat mendaftarkan diri dengan menggunakan alamat email yang aktif  di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana.

 

Peminat program studi Magister Magister Matematika, Magister Sains Komputasi, dan Magister Teknologi Nano sudah dapat melakukan pendaftaran pada gelombang 3, tanggal 30 Maret – 24 April 2021. Sedangkan peminat Magister Fisika dan Magister Informatika dapat mulai mendaftar pada gelombang 4, tanggal 27 April - 22 Mei 2021. Informasi terkait tata cara dan jadwal pendaftaran program Magister ITB untuk semester I tahun akademik 2021/2022 dapat diperoleh di alamat https://admission.itb.ac.id/home/prog-pasca-sarjana-magister.html.

 

 

 

PROGRAM MAGISTER BERBASIS RISET (MASTER BY RESEARCH/MBR)

Read more..

ITB Terima 1630 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN 2021

    

Read more..

Dorong Inovasi dan Kolaborasi Riset ITB Buka Program Magister Berbasis Riset (MBR)

Untitled Document

Dalam meningkatkan kualitas riset Indonesia, pada tahun ini ITB membuka program magister berbasis riset (MBR / Magister by Research).
Program ini merupakan program kolaborasi ITB dengan lembaga penelitian / perusahaan yang memiliki lembaga riset.
Seluruh mahasiswa dalam program ini dapat mengikuti program pendidikan tanpa harus meninggalkan pekerjaan.
Salah satunya LIPI, institusi yang menyediakan pembiayaan Program MBR, selengkapnya mengenai Program MBR dengan LIPI;
http://byresearch.lipi.go.id/

Read more..