PROGRAM SARJANA-INTERNASIONAL ITB  

(KELAS INTERNASIONAL & JALUR INTERNASIONAL) 

 

Program Sarjana-Internasional ITB merupakan program pendidikan yang mewajibkan mahasiswanya untuk aktif dalam berbagai kegiatan akademik global. Para mahasiswa yang mengikuti program pendidikan ini akan memperoleh pengalaman atmosfer pendidikan internasional. Selain itu, program Sarjana-Internasional ITB merupakan bagian dari usaha ITB untuk melayani siswa-siswa warga negara Indonesia yang tidak menggunakan kurikulum nasional dalam pendidikan tingkat atas (SMA). Diharapkan layanan yang lebih luas ini mampu memberikan kesempatan yang baik bagi putra-putri warga negara Indonesia di luar negeri untuk menempuh pendidikan di ITB. 

Program Sarjana-Internasional ITB dapat diikuti oleh mahasiswa berstatus sebagai warga negara Indonesia maupun warga negara asing. Pada tahun 2022, Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima mahasiswa baru program Sarjana-Internasional ITB melalui dua mekanisme, yaitu Kelas Internasional ITB dan Jalur Internasional ITB. 

 

SEKILAS MENGENAI SISTEM PEMBELAJARAN

 

Program Sarjana-Internasional ITB merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman akademik berkualitas internasional kepada setiap mahasiswanya. Kurikulum yang diajarkan program program ini dirancang agar para mahasiswa mampu bersaing secara global dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, program Sarjana-Internasional ITB mewajibkan para mahasiswanya untuk melakukan minimal outbound exchange selama 1 semester atas biaya sendiri ke berbagai universitas mitra ITB di luar negeri. Mahasiswa tidak hanya akan memperoleh pembelajaran terbaik di berbagai universitas kelas dunia, tetapi juga membangun jaringan global yang akan memberikan manfaat besar ketika mereka lulus kelak. Pengajaran yang dilakukan di program Sarjana-Internasional ITB Jalur Internasional akan diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris, sedangkan bahasa pengantar di dalam Kelas Internasional adalah bahasa Inggris. 

 

PROSES SELEKSI PROGRAM SARJANA-INTERNASIONAL

 

Proses seleksi program Sarjana-Internasional ITB, untuk Kelas Internasional dan Jalur Internasional dilakukan dengan mekanisme yang sama. Mengingat mahasiswa program Sarjana-Internasional ITB wajib mengikuti program internasionalisasi, kemampuan berbahasa Inggris yang baik menjadi syarat utama untuk mengikuti program ini. 

 

PROGRAM STUDI YANG DITAWARKAN

 

Kelas Internasional

Terdapat 8 (delapan) program studi yang membuka Kelas Internasional, yaitu: 

  1. Sains dan Teknologi Farmasi (Sekolah Farmasi) 
  2. Farmasi Klinik dan Komunitas (Sekolah Farmasi) 
  3. Teknik Kimia (Fakultas Teknologi Industri) 
  4. Teknik Lingkungan (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) 
  5. Teknik Mesin (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) 
  6. Teknik Dirgantara (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara)  
  7. Manajemen (Sekolah Bisnis & Manajemen) 
  8. Kewirausahaan (Sekolah Bisnis & Manajemen)    

Jalur Internasional

Terdapat 13 (tiga belas) program studi yang membuka Jalur Internasional, yaitu: 

  1. Teknik Geologi (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)  
  2. Teknik Geodesi dan Geomatika (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)  
  3. Teknik Fisika (Fakultas Teknologi Industri)  
  4. Arsitektur (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan)  
  5. Perencanaan Wilayah dan Kota (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan)  
  6. Teknik Tenaga Listrik (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)  
  7. Teknik Telekomunikasi (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)  
  8. Teknik Material (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) 
  9. Seni Rupa (Fakultas Seni Rupa dan Desain) 
  10. Kriya (Fakultas Seni Rupa dan Desain) 
  11. Desain Interior (Fakultas Seni Rupa dan Desain) 
  12. Desain Komunikasi Visual – Narasi Visual Digital (Fakultas Seni Rupa dan Desain, akan bertempat di ITB Kampus Jatinangor) 
  13. Desain Produk (Fakultas Seni Rupa dan Desain) 

Calon mahasiswa yang mengikuti seleksi program Sarjana-Internasional ITB dapat memilih dua prodi sebagai pilihan, baik program studi yang menyelenggarakan Kelas Internasional atau Jalur Internasional termasuk pilih silang.  

Sebagai ilustrasi, mahasiswa yang mengikuti seleksi program Sarjana-Internasional ITB dapat memilih prodi Sains dan Teknologi Farmasi (Sekolah Farmasi) yang dibuka untuk program Kelas Internasional dan Teknik Geologi (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) yang dibuka untuk program Jalur Internasional. Jika nanti pada akhir seleksi, calon mahasiswa tersebut ditetapkan lulus masuk ke Prodi Teknik Geologi, dirinya akan terdaftar sebagai mahasiswa Jalur Internasional. Namun, apabila pada akhir seleksi calon mahasiswa tersebut lulus pada prodi Sains dan Teknologi Farmasi, ia akan ditetapkan sebagai mahasiswa Kelas Internasional sebagaimana pertama kali calon mahasiswa tersebut melakukan pendaftaran. 

Khusus calon mahasiswa yang memilih program studi Arsitektur, Seni Rupa, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Produk, calon mahasiswa diharuskan untuk mengikuti ujian menggambar yang akan dilaksanakan secara daring. 

 

PENGALAMAN INTERNASIONISASI

 

Mahasiswa program Sarjana-Internasional ITB akan diwajibkan untuk mengikuti kegiatan internasionalisasi, minimal dalam bentuk outbound exchange, selama 1 (satu) semester, di universitas mitra ITB di luar wilayah Republik Indonesia dengan biaya mandiri mahasiswa. Negara dan universitas tujuan mahasiswa saat melakukan kegiatan outbound exchange tersebut akan ditentukan oleh program studi yang bersangkutan, setelah mahasiswa melaksanakan perkuliahan di ITB. 

Biaya pelaksanaan kegiatan program internasionalisasi tidak termasuk biaya pendidikan per semester, dan akan ditanggung sepenuhnya oleh mahasiswa yang bersangkutan. Biaya pelaksanaan program internasionalisasi yang harus dipenuhi akan bergantung pada biaya pendidikan dan biaya hidup di universitas mitra ITB yang dituju di luar negeri. 

 

INFORMASI LEBIH LANJUT DAN PENDAFTARAN

 

Detail informasi lebih lanjut mengenai Program Sarjana-Intenasional ITB 2022 dapat diakses mulai 21 Februari 2022 melalui laman https://admission.itb.ac.id/home/international/undergraduate

 

 

 

   EVENT & BERITA

 

Perubahan Mekanisme Tes Keterampilan Seni Rupa

Sehubungan dengan kembali terjadinya kenaikan angka positif COVID-19 yang cukup siginifikan di Indonesia, serta dalam rangka membantu pemerintah untuk tetap mampu mengendalikan kondisi pandemi COVID-19, ITB mengubah mekanisme pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 menjadi tes secara Daring.

Read more..

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa Program Doktor ITB yang ingin memperoleh Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), ITB melakukan penambahan jadwal pendaftaran dan seleksi calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB Gelombang 5, untuk semester I tahun 2022/2023 sebagai berikut :

Read more..

Program Dukungan Daerah 3T

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu misi yang ingin dicapai ITB untuk  memajukan  bangsa Indonesia. Oleh karena itu, ITB percaya bahwa peningkatan akses pendidikan tinggi bagi putra putri terbaik bangsa yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) merupakan salah satu kunci utama meraih hal tersebut.

 

Read more..