PENGUMUMAN PERPANJANGAN MASA DAFTAR ULANG
PROGRAM PASCASARJANA
SEMESTER I TAHUN 2021/2022
(GELOMBANG 3, GELOMBANG 4 DAN PENGALIHAN PADA SEMESTER SEBELUMNYA)
HARAP DIBACA DENGAN CERMAT
A. PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU
- Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru akan dilaksanakan pada tanggal diperpanjang hingga 28 Juni 2021, mulai pukul 17.00 WIB, melalui laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana.
- Calon mahasiswa lulusan Gelombang 3, Gelombang 4 dan alih studi pada semester sebelumnya DIWAJIBKAN untuk melaksanakan proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara ONLINE (DARING) pada tanggal tersebut.
B. ISIAN DATA DAN DOKUMEN
- Calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg yang dapat dibaca secara jelas.
- File dokumen yang harus dipersiapkan :
- Ijazah Asli
- Ijazah Asli S1 untuk calon mahasiswa program Magister.
- Ijazah Asli S1 dan Ijazah asli S2 untuk calon mahasiswa program Doktor
- Bagi calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan SKL, Ijazah asli wajib diunggah paling lambat tanggal 28 Juni 2021
- Transkrip Akademik Asli
- Transkrip Akademik Asli S1 untuk calon mahasiswa program Magister
- Transkrip Akademik Asli S1 dan Transkrip asli S2 untuk calon mahasiswa program Doktor
- Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB Asli
- Bagi calon mahasiswa yang telah memiliki Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB yang masih berlaku hingga tanggal 1 Agustus 2021, dapat mengunggah dokumen tersebut pada tanggal 15 - 28 Juni 2021.
- Khusus calon mahasiswa Program Doktor yang merupakan lulusan Program Magister ITB tahun 2019 dan 2020, tidak perlu menyerahkan Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB.
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki/belum mengungah Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB, diwajibkan untuk mengunggah Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB, dengan format yang telah disediakan ITB di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, paling lambat tanggal 28 Juni 2021.
- Sertifikat TPA Bappenas Asli
- Bagi calon mahasiswa yang telah memiliki Sertifikat TPA Bappenas yang masih berlaku hingga tanggal 1 Agustus 2021, dapat mengunggah dokumen tersebut pada tanggal 15 - 28 Juni 2021.
- Khusus calon mahasiswa Program Doktor yang merupakan lulusan Program Magister ITB tahun 2019 dan 2020, tidak perlu menyerahkan Sertifikat TPA Bappenas.
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki/belum mengungah Sertifikat TPA Bappenas, diwajibkan untuk mengunggah Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan TPA Bappenas, dengan format yang telah disediakan ITB di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, paling lambat tanggal 28 Juni 2021.
- Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
-
- ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
- Yang dimaksud dengan Asuransi Kesehatan adalah asuransi (swasta atau BPJS) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.
- Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa, baik yang ditanggung oleh instansi tempat bekerja atau BPJS Mandiri. ITB menerima semua kelas BPJS.
- Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan screenshot dari aplikasi JKN Online.
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan, wajib diunggah paling lambat tanggal 3 Juli 2021.
C. BIAYA PENDIDIKAN atau BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (BPP)
- Calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan (BPP), tanggal 28 Juni - 3 Juli 2021 untuk dapat diproses administrasi akademik sebagai mahasiswa baru ITB sehingga diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
- Tata cara pembayaran BPP melalui nomor rekening virtual masing-masing calon mahasiswa dapat diperoleh di laman https://akademik.itb.ac.id pada bagian Keuangan dan Beasiswa.
- Calon mahasiswa yang mengajukan beasiswa dari suatu Lembaga namun belum memperoleh keputusan penerimaan beasiswa, tetap diwajibkan melakukan pembayaran BPP pada tanggal 28 Juni - 3 Juli 2021. Mahasiswa bisa mengajukan refund jika menerima beasiswa dari suatu lembaga dan dibayarkan langsung kepada ITB
- ITB tidak menyediakan fasilitas penundaan pembayaran BPP.
D. PENGAJUAN CICILAN BIAYA PENDIDIKAN
- ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru mengajukan pembayaran biaya pendidikan (BPP) melalui skema cicilan.
- Calon mahasiswa yang akan melakukan pelunasan BPP dengan cara cicilan, dapat mengajukan permohonan dengan cara memilih dan menyetujui pelaksanaan pelunasan BPP secara cicilan di laman https://akademik.itb.ac.id pada bagian Keuangan dan Beasiswa, tanggal 15 – 28 Juni 2021.
- Calon mahasiswa dapat memilih pembayaran BPP melalui skema cicilan 2 (dua) kali atau 3 (tiga) kali.
- Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
- Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dilaksanakan pada tanggal 28 Juni - 3 Juli 2021.
- Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
- Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
- Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dilaksanakan pada tanggal 28 Juni - 3 Juli 2021.
- Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
- Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
E. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA
- Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.
- Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data. Dengan mempertimbangkan kondisi darurat wabah COVID-19, tahap verifikasi data akan diselenggarakan setelah kondisi ditetapkan kondusif, dengan jadwal dan tata caranya akan disampaikan kemudian.
- Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.
F. RINGKASAN JADWAL PENTING
G. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2021, dapat diperoleh di alamat:
Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Whatsapp : +62-8112101920
E-mail : usmitb@pusat.itb.ac.id
Website : https://tiket.akademik.itb.ac.id/
Website : https://admission.itb.ac.id/
Instagram : https://www.instagram.com/admission.itb/
ITB Terima 1793 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBT 2023
Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1793 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 20 Juni 2023, pukul 15.00 WIB.
Read more..
Beasiswa Pendidikan Indonesia
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI kembali menawarkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), yang masa pendaftarannya akan berakhir di tanggal 30 Juni 2023. Sehubungan dengan hal tersebut, ITB melakukan penambahan jadwal pendaftaran dan seleksi Program Pascasarjana ITB Gelombang 5 untuk semester I tahun 2023/2024, khusus bagi para pelamar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).
Read more..
Pelaksanaan UTBK Gelombang II Tahun 2023 di ITB
Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Institut Teknologi Bandung (ITB) hari ini mulai menyelenggarakan UTBK gelombang II dari tanggal 22-28 Mei 2023. Pelaksanaan gelombang I telah berlangsung baik dan lancar pada 8-14 Mei lalu.
Read more..