Seleksi Mandiri ITB, Berikan 5 Opsi Biaya Kuliah

Mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menggunakan jalur ujian Seleksi Mandiri ITB 2021 dapat memilih empat opsi uang kuliah tunggal, mulai dari pembebasan biaya hingga pembayaran uang kuliah tunggal secara penuh. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Pendidikan ITB, Dr.techn. Ir. Arief Hariyanto di Bandung, Kamis (3/6/2021).

Dr. Arief menegaskan bahwa Seleksi Mandiri ITB 2021 juga menerima pendaftar pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) yang jika lolos seleksi akan dibebaskan dari biaya kuliah atau UKT1. “Kondisi pandemi telah mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia secara umum, termasuk kepada ITB. Namun demikian ITB tetap berusaha memberikan kesempatan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa ITB,” kata Dr. Arief.

Selain opsi UKT1 sebesar Rp 0 atau bebas biaya untuk pemegang KIP-K, Dr. Arief memaparkan opsi pembayaran UKT lain, yaitu UKT2, UKT3, UKT4 dan UKT5 dengan besaran tiap UKT bervariasi. Pada UKT2, biaya per semester adalah adalah Rp 1 juta, UKT3 sebesar Rp 12,5 juta rupiah per semester dan UKT4 sebesar 20 juta per semester. Sementara pada UKT penuh, yaitu UKT5 sebesar Rp 25 juta per semester.

Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2021 masih dibuka hingga 20 Juni 2021 mendatang dan para peserta dapat langsung memilih program studi yang diinginkan. “Seleksi Mandiri ITB tahun ini akan menerima kurang lebih 1.327 mahasiswa baru,” kata Dr. Arief.

Mahasiswa baru Seleksi Mandiri ITB 2021 yang telah dinyatakan diterima, dapat mengajukan UKT lebih rendah dari UKT5 melalui formulir pendaftaran yang akan disampaikan melalui website https://admission.itb.ac.id. Dalam pengajuan tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung, yaitu data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

“Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang,” katanya.

Dr. Arief menegaskan bahwa penerapan UKT yang fleksibel ini juga telah dilakukan pada Seleksi Mandiri ITB 2020 lalu. “Jumlah mahasiswa yang menerima UKT di bawah UKT5 ini tentu akan bervariasi tergantung dari kondisi keuangan keluarga calon mahasiswa dan kemampuan finansial ITB,” kata Dr. Arief menjelaskan.*

Pengumuman Hasil Seleksi NRNG semester II tahun 2021/2022

 

Pengumuman Hasil Seleksi NRNG semester II tahun 2021/2022

Pengumuman hasil seleksi bagi calon peserta program Non Reguler dan Non Gelar (NRNG) ITB dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Januari 2022, pukul 17:00 WIB, di laman Registrasi. Silakan melakukanlogin dengan menggunakan nomor seleksi dan password yang telah dimiliki. 

Read more..

TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB

 

PENGUMUMAN

 

Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki/belum mengungah Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB , batas akhir kelengkapan TOEFL/TOEIC/IELTS/ELPT ITB,  paling lambat tanggal 7 Januari 2022.

 

 

 

Read more..

Perkenalan Program Non Reguler dan Non Gelar ITB

Program Non Reguler dan Non Gelar ITB

Tertarik untuk kuliah di ITB,tetapi tidak ingin jadi mahasiswa ?
Ingin mendalami beberapa mata kuliah saja di ITB ?
Perlu jadwal kuliah yang sesuai dengan jam kerja ?
Tertarik untuk menabung mata kuliah, sebelum lanjut S2 di ITB ?
ITB kembali menyelenggarakan program Non Reguler dan Non Gelar (NRNG), bagi peserta yang ingin berkuliah di beberapa mata kuliah jenjang S2, tanpa harus menjadi mahasiswa reguler ITB. 

 

 

 

 

Read more..